Antivirus

10 Recommend Antivirus Terbaik Untuk PC dan Laptop

10 Recommend Antivirus Terbaik Untuk PC dan Laptop

Jagotips –Virus dikenal sebagai ancaman bagi suatu komputer. Virus komputer sendiri merupakan suatu program yang dapat menggandakan atau menyalin serta menyebar dengan menyisipkan Salinan dirinya ke dalam sebuah program atau dokumen lainnya. Selain membuat pengguna atau user komputer merasa terganggu, ternyata virus pun dapat merusak data pada sebuah dokumen atau bahkan menghapusnya.

Bagaimana cara kerja virus komputer ?

Virus komputer pada umumnya bekerja hanya untuk merusak perangkat lunak atau software sebuah komputer saja, dan tidak dapat secara langsung merusak hardware atau perangkat keras komputer. Tetapi lambat lahun virus pun dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.

Apa saja jenis – jenis virus dalam dunia komputer ?

  • Worm
    Menduplikatkan dirinya sendiri pada hardisk, yang menyebabkan storage hardisk menjadi cepat penuh karena duplikasi worm.
  • Trojan
    Virus ini dapat mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat virus Trojan itu sendiri.
  • Backdoor
    Virus ini hampir sama dengan virus Trojan. Namun, virus backdoor hanya bekerja pada file – file tertentu saja. Misalkan game.
  • Spyware
    Virus ini bekerja untuk memantau komputer yang terinfeksi
  • Rogue
    Virus ini bekerja dengan meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus, serta memberikan peringatan – peringatan palsu tentang adanya virus pada sebuah komputer. Tujuan dari virus ini pun untuk medatangkan keuntungan bagi si pembuat virus, dengan cara mengajak pengguna untuk membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu ini.
  • Rootkit
    Virus ini bekerja menyerupai kerja dari sustem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphonic virus
    Virus yang satu ini cukup unik, karena virus ini gemar berubah – ubah agar tidak dapat terdeteksi oleh pengguna komputer.
  • Metamorphic virus
    Virus ini pun salah satu virus yang cukup unik selain polymorphonic, karena dapat mengubah pengkodeannya sendiri agar sulit untuk di diteksi oleh pengguna komputer

Bagaimana cara mengatasi jika sebuah komputer terjangkit sebuah virus?

Serangan virus sebenarnya dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan software antivirus. Program ini dapat mendeteksi dan menghapus virus pada sebuah komputer yang terjangkit. Jika komputer atau laptop kalian terjangkit virus, kami ada beberapa recommended antivirus yang baik digunakan, berikut daftarnya :

1. Avast

Antivirus Avast
Antivirus Avast – JagoTips

Avast merupakan sebuah program atau software antivirus dengan kelengkapan fitur yang dapat mendeteksi serta menghapus sebuah virus dari komputer. Avast menyediakan 2 layanan bagi pengguna komputer, pertama ada versi gratis, dan yang kedua versi berbayar. Walaupun versi berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap, namun saya rasa dengan menggunakan versi gratisnya pun sudah cukup untuk mengamankan komputer kalian dari serangan virus. Jika kalian ingin menggunakan avast kalian dapat mengunduhnya secara gratis di lama resminya.

2. Avira

Antivirus Avira
Antivirus Avira – JagoTips

Avira adalah salah satu antivirus buatan jerman yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sama halnya dengan Avast, Avira pun memiliki dua versi, yakni Avira Free, dan Avira Premium. Antivirus yang khas dengan logo paying ini sangat cocok kalian gunakan untuk memerangi virus di komputer atau laptop kalian, sebab Avira memiliki standart yang cukup tinggi dalam memerikas sebuah file.

3. AVG

Antivirus AVG - JagoTips
Antivirus AVG – JagoTips

AVG merupakan salah satu pionir keamanan terbaik yang pernah ada, dan menjadi bagian dari jajaran produk keamanan digital tedepan. Walaupun sejak 2016 AVG telah diakuisisi oleh perusahaan yang memproduksi avast, namun AVG masih dikenal sebagai salah satu software antivirus yang handal serta mampu mengatasi virus dengan sangat baik. AVG merupakan salah satu pionir keamanan terbaik yang pernah ada, dan menjadi bagian dari jajaran produk keamanan digital tedepan. Walaupun sejak 2016 AVG telah diakuisisi oleh perusahaan yang memproduksi avast, namun AVG masih dikenal sebagai salah satu software antivirus yang handal serta mampu mengatasi virus dengan sangat baik. AVG merupakan salah satu pionir keamanan terbaik yang pernah ada, dan menjadi bagian dari jajaran produk keamanan digital tedepan. Walaupun sejak 2016 AVG telah diakuisisi oleh perusahaan yang memproduksi avast, namun AVG masih dikenal sebagai salah satu software antivirus yang handal serta mampu mengatasi virus dengan sangat baik.

4. Kaspersky

Antivirus Kaspersky
Antivirus Kaspersky – JagoTips

Antivirus yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab. Merupakan program yang dirancang untuk melindungi pengguna komputer atau laptop dari malware dan dikhususkan bagi pengguna Microsoft Windows dan Mac OS X, serta Versi Linux untuk konsumen bisnis.

5. Adaware antivirus

Adaware antivirus
Adaware antivirus – JagoTips

Adaware merupakan pemiliki fitur yang mumpuni sebagai antivirus. Selain perlindungan untuk PC dan Laptop, antivurus ini dapat juga memberikan perlindungan saat anda melakukan pengunduhan, serta berbagai kegiatan lainnya. anda dapat mendapatkan antivirus ini secara gratis di laman resminya.

6. Panda

Antivirus Panda
Antivirus Panda – JagoTips

Panda merupakan antivirus yang dapat kalian andalkan. Dengan spesifikasi yang lumayan ringan, namun performa antivirus ini terbilang gahar untuk melindungi PC dan Laptop anda dari serangan virus atau malware.

7. Sophos Home

Antivirus Sophos Home
Antivirus Sophos Home – JagoTips

Sophoshome merupakan salah satu antivur terbaik, dengan perlindungan yang sangat baik termasuk saat anda berselancar di dunia maya. Fitur andvance computer security dari Sophos Home ini terbukti sangat ampuh dalam membersihkan virus yang menyerang komputer atau laptop anda.

8. 360 total security

360 total security
360 total security – JagoTips

360 total security merupakan software antivirus yang memiliki banyak fitur dan dijamin mampu membuat komputer atau laptop anda aman dari berbagai  virus atau malware yang menyerang. Dengan fitur perlindungan terhadap web yang insecure, auto – scaning files, serta berbagai fitur lainnya diyakini membuat anda puas dengan kinerja antivirus ini.

9. Zonealarm

Antivirus Zonealarm
Antivirus Zonealarm – JagoTips

Zonealarm merupakan antivirus yang dapat menjadi pengaman komputer anda. Dengan berbagai fitur andalan seperty antispyware diyakini mampu memberantas virus dengan berbagai jenis. Selain itu antivirus ini pun dapat melindungi komputer anda dengan personal firewall saat anda melakukan aktivitas seperti main game dan berbagai aktivitas lainnya, sehingga kalian dapat melakukan aktivitas tanpa gangguan sedikitpun.

10. Bitdefender

Antivirus Bitdefender
Antivirus Bitdefender – JagoTips

Antivirus yang tersedia secara gratis ini termasuk salah satu antivirus terbaik guna mengatasi masalah virus yang menyerang komputer anda. Selain memberantas virus, softwarei ini diyakini mampu mendeteksi web yang aman dan yang tidak aman guna mencegah virus yang datang secara online.

Itulah beberapa antivirus terbaik guna mengatasi masalah virus di komputer atau laptop anda, semoga bermanfaat ya sobat..

Comments
To Top