PC

2 Cara Reset BIOS Mudah dan Praktis Pada Perangkat Komputer

JagoTips – Hallo sobat JagoTips, pada kesempatan kali ini SiJago akan memberitahukan cara mudah dan praktis untuk melakukan reset BIOS.

Pada umumnya reset BIOS memang jarang sekali dilakukan, dan biasanya seseorang melakukan reset pada BIOS apabila memiliki beberapa permasalahan yang terjadi pada perangkat komputer.

Sebelum kita bahas lebih jauh, SiJago akan menerangkan dulu apa sih yang dimaksud dengan BIOS, Karena tidak sedikit yang masih awam dengan nama yang satu ini.

BIOS merupakan suatu program atau perangkat lunak komputer dasar berbahasa assembly yang terpasang di dalam ROM atau flash memory. BIOS sendiri memiliki tugas penting, yakni untuk menginisialisasi dan mengatur perangkat keras komputer sebelum sistem operasi (OS) berjalan atau aktif. Selain itu BIOS memiliki peranan memuat sistem operasi (OS) serta menginstruksikan microprocessor guna melakukan self test terhadap hardware komputer.

Proses ini biasanya disebut dengan istilah Booting. Maka dari itu, apabila BIOS mengalami gangguan atau masalah, salah satu imbasnya ialah komputer gagal melakukan proses booting. Guna mengatasi hal ini, pengguna perlu melakukan reset BIOS.

Mau tahu bagaimana sih caranya melakukan reset bios? Mari kita ulas lebih dalam lagi!

Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : Mengenal 8 Macam Bunyi Beep Pada Komputer dan Laptop

Cara Praktis dan mudah Reset Bios Komputer

1.Melakukan Reset BIOS Melalui Baterai CMOS

reset bios melalui baterai cmos

Cara pertama untuk melakukan reset bios ialah melalui Baterai CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Cara ini dikatakan sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Sebab, pengaturan ulang melalui metode ini hanyalah dengan mencopot baterai selama beberapa detik.

Biar kamu tidak bingung, JagoTips akan menjabarkan langkah – langkahnya :

  1. Matikan terlebih dahulu perangkat komputer. Kemudian lepaskan kabel power yang melekat pada CPU, lalu tunggu beberapa saat hingga aliran listik benar – benar hilang secara keseluruhan.
  2. Lepaskan tutup casing CPU kamu, dan cobalah cari posisi baterai CMOS pada perangkat Motherboard. Pada umumnya baterai CMOS berukuran bulat dan berwarna silver seperti uang logam.
  3. Setelah baterai ditemukan, cobalah untuk mencabutnya (tapi hati – hati ya dalam mencabutnya).
  4. Jika baterai telah tercabut, tekanlah tombol power dan tahan selama kurang lebih 10 hingga 15 detik. Hal ini bertujuan untuk mengosongkan sisa daya pada kapasitor.
  5. Lalu, pasangkan kembali baterai cmos pada tempatnya.
  6. Setelah terpasang, cobalah untuk pastikan kembali apakah baterai telah terpasang dengan benar.
  7. Jika semua langkah diatas telah dilakukan, pasang kembali penutup casing dan kabel power, lalu nyalakan perangkat komputer.

2.Cara Reset BIOS Dengan Clear CMOS

reset bios

Apabila enggan melakukan dengan cara pertama, kamu bisa melakukannya dengan metode clear CMOS. Namun perlu kamu ketahui, jumper yang terdapat setiap Motherboard berbeda – beda. Ada yang terdiri dari dua pin, tiga pin, bahkan ada pula yang berupa tombol.

JagoTips akan memberitahukan langkah – langkah clear Cmos keseluruhannya. Berikut langkah – langkahnya :

cara mudah reset bios
  1. Pertama matikan perangkat komputer anda, lalu cabut kabel power yang terdapat pada CPU dan tunggu beberapa saat hingga arus listrik benar – benar hilang.
  2. Selanjutnya, buka penutup casing dan temukan jumper clear CMOS, biasanya letaknya tidak jauh dari baterai CMOS.
  3. Untuk Motherboard yang memiliki dua pin. Kamu hanya perlu menghubungkan kedua pin tersebut dengan bantuan obeng selama beberapa detik.
  4. Untuk Motherboard yang memiliki tiga pin. Untuk yang tiga pin ini biasanya sudah dilengkapi dengan jumper. Jadi kamu hanya perlu memindahkan posisi jumper ke posisis sebelahnya (apabila jumper terpasang di socket 1 dan 2, maka pindahkanlah ke socket 2 dan 3). Lalu tunggu beberapa saat dan setelah itu kembalikan lagi ke posisi semula.
  5. Bagi Motherboard yang sudah dilengkapi dengan tombol reset, kamu hanya perlu menekan tombol selama beberapa detik saja.
  6. Apabila semua langkah telah dilakukan, maka pasangkan kembali penutup casing dan kabel power, lalu nyalakan perangkat komputer.
cara mudah dan praktis reset bios

Apabila kamu melakukan reset BIOS, ada beberapa dampak yang akan kamu terima. Misalnya pengaturan BIOS kembali ke default mode, serta tanggal dan waktu kemungkinan harus dirubah kembali.

Baca Juga : Tips dan Trik Untuk Meningkatkan Performa Windows 10

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan reset BIOS. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top