Tech Tips

3 Cara Mudah Mengetahui Ponsel Ilegal Atau Resmi

JagoTips – Saat ini telah berhembus kabar tentang pemblokiran ponsel ilegal atau black market yang beredar di pasaran. Regulasi atau larangan ini bertujuan untuk mengurangi edaran ponsel black market atau ilegal di masyarakat. Aturan ini disinyalir akan segera ditetapkan oleh pemerintah pada bulan Agustus mendatang.

Maka dari itu, bagi kamu yang hendak membeli ponsel baru diharapkan untuk lebih hati – hati dan juga teliti melakukan pengecekan guna mengetehui resmi atau ilegalnya ponsel yang hendak kamu beli nanti.

Pada kesempatan kali ini, JagoTips akan memberikan beberapa cara untuk mengetahui resmi atau tidaknya sebuah ponsel. Mau tahu bagaimana caranya? Mari kita bahas lebih dalam. Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Cara Mengetahui Ponsel Ilegal Atau Resmi

IMEI Code

1.Cek Kardus

Cara pertama untuk memastikan ponsel resmi atau tidaknya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap kardus ponsel, lalu setelah itu temukan stiker IMEI yang tertera pada kardus.

jika pada Kardus perangkat ditemukan keterangan ‘Diproduksi di Indonesia’ atau ‘Dirakit di Indonesia’, maka dapat kamu pastikan bahwa ponsel tersebut merupakan ponsel resmi.

2.Cek Nomor IMEI

Cara kedua untuk mengetahui resmi atau tidaknya sebuah ponsel adalah dengan mengecek nomor IMEI yang ada tertera pada perangkat ponsel.

Cara mengecek nomor IMEI ini dapat kamu lakukan dengan beberapa cara. Cara pertama kamu dapat mengecek nomor IMEI yang tertera pada dus perangkat ponsel, cara kedua dengan melakukan panggilan *#060#, atau yang terakhir melalui panel setting yang ada pada perangkat, lalu cari About Phone (tentang ponsel).

Setelah kamu mengetahui nomor IMEI yang terdapat pada perangkat ponsel, kamu bisa mengunjungi situs KEMENPERIN. Lalu, kamu tinggal masukan nomor IMEI perangakat ke dalam situs dan tunggu beberapa saat hingga muncul informasi tentang legalitas perangkat ponsel.

3.Cek Distributor

Selanjutnya guna mengetahui ponsel resmi atau tidaknya dengan mengecek distributor. Pada kasus ini, kita bisa mengambil contoh Huawei atau Oppo. Kedua perangakat tersebut merupakan ponsel hasil rakitan China yang diimpor penuh ke Indonesia. Kedua merk tersebut menggunakan distributor yakni PT Sat Nusapersada untuk Huawei, dan PT Indonesia Oppo Electronics untuk Merk Oppo.

Setelah itu guna mengetahui resmi atau tidaknya ponsel, kamu hanya perlu mengecek apakan pada dus perangkat tertera stiker distributor atau tidak. Jika tertera, maka dapat dipastikan ponsel itu resmi, dan juga sebaliknya.

Cara Aman Membeli Ponsel

gerai resmi

Langkah yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari perangkat ponsel ilegal atau black market pada saat pembelian ponsel adalah dengan menghindari pembelian perangkat ponsel melalui online shop pada saat ini, dan melakukan pembelian ponsel pada gerai resmi (toko offline) seperti Oke Shop, Telesindoshop, atau Erafone. Hal ini tentunya akan memberikan keamanan bagi kamu yang hendak membeli sebuah perangkat ponsel baru.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk mengetahui resmi atau tidaknya sebuah ponsel. Bagi kamu yang hendak membeli perangkat seluler baru sebaiknya gunakan langkah – langkah diatas guna terhindar dari perangkat ilegal atau black market. Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top