Gadget

6 Alasan Mengapa Smartphone Panas Saat Bermain Game

JagoTips – Hallo sobat JagoTips, pada kesempatan kali ini siJago akan membahas tentang alasan smartphone panas saat bermain game.

Mobile game saat ini sudah mulai berkembang ke arah yang lebih baik. Banyak dari pengguna yang membeli sebuah smartphone hanya untuk memenuhi hasrat bermain game. Tapi bagaimana jika smartphone yang kamu miliki kedapatan memiliki suhu panas ketika bermain game? Tentunya hal ini memiliki alasan – alasan khusus yang menyebabkan demikian.

Mau tahu apa saja hal – hal yang dapat menyebabkan smartphone panas ketika bermain game? Tak usah panjang lebar lagi mari kita bahas lebih lengkap.

Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : Tips Cerdas! Mengatasi Sesaknya Kapasitas Memori di Smartphone Berkapasitas 16 Gb

Alasan Smartphone Panas Saat Bermain Game

1.Belum Menutup Aplikasi Lain yang Sedang Berjalan

smartphone panas

Alasan pertama yang menyebabkan smartphone panas saat bermain game ialah terlalu banyak jumlah aplikasi yang masih berjalan pada latar atau background. Sistem yang memungkinkan setiap pengguna menjalankan banyak aplikasi saat ini, tanpa disadari dapat menimbulkan kecerobohan baru, yakni tidak menutup sebuah aplikasi yang telah selesai digunakan atau tidak lagi digunakan.

Masalah inilah yang mengakibatkan atau menjadi pemicu suhu smartphone menjadi tinggi.

2.Grafis Game yang Melewati Batas Kemampuan Smartphone

smartphone panas ketika bermain game

Alasan selanjutnya yang menyebabkan smartphone panas saat bermain game ialah minimnya spesifikasi ponsel untuk menjalankan sebuah aplikasi atau game. Apabila game yang kamu mainkan memiliki system requirement yang tinggi tetapi ponsel kamu tidak sesuai, maka akan menyebabkan smartphone bekerja keras dan tentunya menyebabkan panas yang berlebih.

Untuk menghindari masalah ini sebaiknya kamu membaca atau memahami dulu minimum spesifikasi yang diwajibkan oleh pengembang suatu aplikasi sebelum menginstall-nya kedalam ponselmu.

3.Bermain Sambil Mengisi Ulang Daya Baterai

Alasan Mengapa Smartphone Panas Saat Bermain Game

Hal yang mungkin paling sering terjadi ialah bermain game sambil mengisi ulang daya baterai. Perlu kamu ketahui, hal ini pada dasarnya merupakan satu kebiasaan buruk yang perlu kamu tinggalkan secepatnya. Sebab, apabila kamu bermain game atau menjalankan suatu aktifitas yang berat sambil mengisi daya baterai akan menyebabkan suhu yang tinggi dalam smartphone. Hal ini disebabkan karena aliran listrik memasuki ruang yang ada didalam baterai.

Selain menyebabkan panas, kebiasaan ini pun dapat menimbulkan kerusakan pada perangkat smartphone, terutama pada komponen baterai.

Baca Juga : 5 Ciri Baterai Ponsel Harus di Segera Ganti | Nomor 5 Bikin Jengkel

4.Smartphone Dibalut Dengan Case Pelindung yang Berlebihan

Case pelindung yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan smartphone cepat panas. Sebab, ketebalan dari case pelindung biasanya menyebabkan jalur udara pada ponsel tidak keluar dengan baik. Dengan begitu ponsel akan lebih cepat panas, karena pada dasarnya ponsel pun memerlukan aliran udara yang yang lebih dingin.

5.Waktu Bermain Game yang Berlebihan

bermain game berlebihan dapat menyebabkan smartphone panas
clock with red seconds hand area overtime

Hal selanjutnya yang menyebabkan smarphone panas ialah waktu bermain yang berlebihan. Setiap perangkat tentunya memiliki batas waktu tertentu untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi. Tetapi biasanya para gamers jarang yang membatasi waktu bermain mereka, terutama gamers garis keras.

Pada dasarnya, smartphone memerlukan waktu untuk beristirahat. Hal tersebut berguna untuk mendinginkan suhu yang ada di dalam perangkat. Sebab, apabila suhu dalam perangkat mengalami overheat tentunya akan menyebabkan kerusakan komponen di kemudian hari.

6.Bermain Dalam Kondisi Ruangan yang Panas

Alasan terakhir yang dapat menyebabkan smartphone panas saat bermain game ialah ruangan yang memiliki suhu panas.

Perlu kamu ketahui, suhu tempat kamu berada pun mampu mengakibatkan atau menyebabkan smartphone lebih cepat panas.

Untuk menghindari hal ini sebaiknya kamu bermain atau mengaplikasikan sesuatu program yang berat pada perangkat smartphone di tempat yang memiliki suhu ruangan yang sejuk.

Baca Juga : 6 Hal yang Bisa Membuat Ponsel Cepat Rusak | Nomor 4 Sering Kamu Lakukan

Akhir Kata

Nah itulah beberapa alasan mengapa smartphone cepat panas ketika bermain game atau menjalankan aplikasi yang berat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian semuanya.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Facebook Comments

To Top