Tech Tips

5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengetik Dengan 11 Jari

JagoTips – Mengetik memang sudah menjadi suatu kebiasaan atau aktifitas sehari – hari. Namun masih banyak dari kita yang masih menggunakan metode mengetik dengan 11 jari (hanya menggunakan dua telunjuk).

untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dan beralih ke metode pengetikan yang benar, yakni dengan menggunakan 10 jari memang sangatlah sulit dan tidak semudah membalikan telapak tangan.

Tetapi dengan terus berlatih pastinya kamu akan mulai terbiasa untuk melakukan pengetikan dengan cara yang benar tersebut.

JagoTips akan memberikan tips dan trik agar kamu cepat mahir untuk melakukan pengetikan dengan menggunakan 10 jari. Mau tahu bagaimana caranya? Baca terus artikel ini sampai habis ya!

Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : Tips Agar Laptop Kalian Awet Dipakai dan Tahan Lama

Cara Agar Cepat mahir Mengetik Dengan Menggunakan 10 Jari

1.Hilangkan Kebiasaan Buruk

cara mengetik yang salah
mature businessman working with his laptop, at the office

Cara pertama yang perlu sobat lakukan adalah hilangkan kebiasaan buruk saat pengetikan. Maksud dari kebiasaan buruk disini ialah metode pengetikan yang hanya dilakukan dengan dua telunjuk.

Menghilangkan kebiasaan ini merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Sebab kebiasan ini biasanya terlahir dari sejak pertama kali kamu melakukan pengetikan di atas keyboard.

Dengan metode pengetikan seperti ini diyakini dapat memperlambat pengetikan. Sebab, mata kita akan terbagi fokus dari mulai pandangan terhadap layar, dan juga pandangan terhadap keyboard.

Walaupun kamu meyakini bahwa pengetikan 2 jari kamu mampu berjalan dengan cepat. Tetapi sebisa mungkin untuk menghilangkan kebiasaan ini, dan beralih ke metode pengetikan yang benar dan tepat.

2.Mulai Gunakan 10 Jari

mengetik 10 jari

Untuk menghilangkan metode pengetikan yang slaah, kamu harus mulai untuk melakukan pengetikan dengan menggunakan 10 jari.

Untuk mempermudah kamu dalam proses ini, kamu dapat meraba pada 2 tombol yang ada pada keyboard, yakni tombol F dan tombol J. Kedua tombol tersebut memiliki sebuah tonjolan kecil yang berfungsi sebagai penanda untuk meletakan jari secara tepat diatas perangkat keyboard tanpa perlu lagi melihatnya.

Tombol yang memiliki tanda tersebut merupakan tempat lokasi dimana jari telunjuk kamu harus diletakan.

3.Jangan Melihat Keyboard

cara mengetik yang benar

Cara selanjutnya untuk menghilangkan kebiasan buruk melakukan pengetikan dengan 2 jari ialah dengan tidak melihat perangkat keyboard.

Mengapa hal ini perlu kamu lakukan? Sebab, dengan sering melihat kepada keyboard akan memperlambat dalam proses pengetikan.

Metode pelatihan ini diyakini akan merubah kebiasaan cara pengetikan yang salah. Walaupun sebenarnya untuk kebiasan ini tidak dapat dirubah hanya dengan waktu sekejap, tetapi kamu perlu melatihnya selama berhari hari hingga berminggu – minggu sampai lancar.

4.Gunakan Tombol Shortcut

gunakan shortcup saat mengetik

Sebuah sistem operasi baik itu Windows atapun Mac pastinya memiliki sebuah kombinasi shortcut yang ada pada keyboard.

Apabila kamu menggunakan pengetikan dengan benar yakni 10 jari, pastinya kamu akan dengan mudah untuk menggunakan tombol shortcut tersebut yang menjadikan pengetikan lebih cepat dan juga efisien.

Mulailah berlatih untuk menggunakan shortcut seperti halnya Ctrl + C untuk Copy, Ctrl + X untuk proses Cut, Ctrl + V untuk paste, dan lain sebagainya.

Cobalah melatih jari kelingking kamu untuk melakukan proses tersebut. Apabila kamu mampu menguasainya, pastinya setiap proses pengetikan kamu akan berjan lebih cepat dari biasanya.

5.Atur Posisi Duduk Saat Mengetik

posisi duduk yang benar saat mengetik

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan ialah posisi duduk. Posisi duduk pada saat sedang melakukan proses pengetikan dipercaya dapat membantu kamu lebih efektif untuk melatih mengetik dengan menggunakan metode 10 jari.

Cobalah untuk duduk dengan bentuk punggung yang tegap dan tidak terlalu membungkuk, serta pastikan bahwa pandangan kamu lurus ke depan dan bukan ke arah keyboard. Selain itu, pose duduk tersebut agar tidak membuat kamu pegal dan juga tidak sakit mata pada saat melakukan pengetikan.

Baca Juga : 5 Komponen Pada Laptop yang Wajib Kamu Jaga

Akhir Kata

Nah, itulah cara agar kamu cepat mampu menguasai metode pengetikan 10 jari. Dengan pengetikan 10 jari diyakini akan membuat kamu semakin cepat dalam proses pengetikan.

Masih mau menggunakan 11 jari, guys?

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top