Tech Info

5 Cara Merawat Kabel Data Agar Lebih Awet

JagoTips – Hallo sobat JagoTips, saat ini siJago akan memberikan informasi mengenai cara merawat kabel data agar lebih awet dan tahan lama.

Apakah kamu salah satu orang yang sering mengalami kabel data cepat rusak atau sobek? Tenang saja, hal ini mungkin tidak hanya terjadi pada dirimu saja, melainkan banyak para pengguna yang mengalaminya.

Tapi tenang saja guys, sebab kali ini siJago akan memberikan sedikit bocoran tentang bagaimana cara merawat kabel data agar lebih awet dan tidak rentan rusak. Jadi kamu gak perlu lagi deh sering – sering membeli kabel data lagi untuk keperluan sehari – harimu.

Sudah gak sabar mau tahu tata caranya? Simak artikel ini sampai habis ya guys!

Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : 6 Hal yang Bisa Membuat Ponsel Cepat Rusak | Nomor 4 Sering Kamu Lakukan

Merawat Kabel Data Agar Lebih Awet

1. Gulunglah Dengan Benar

merawat kabel data

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam merawat kabel data agar lebih awet digunakan ialah lakukan penggulungan kabel dengan baik dan benar. Tidak bisa dielakan, saat ini banyak sekali pengguna yang menggulung kabel data dengan asal. Padahal hal inilah yang dapat menjadikan kabel data menjadi cepat rusak.

Maka dari itu, mulai saat ini siJago menyarankan untuk mencoba menggulung kabel data dengan benar (lakukan gulungan seperti pada awal pertama kali kamu membelinya). Selain itu, jangan sekali – kali membiarkan kabel terlipat dan tertekuk, karena dapat mengakibatkan kabel – kabel halus yang ada di dalam kabel menjadi rusak atau bahkan putus.

2. Gunakan Dengan Hati – Hati

cara merawat kabel data

Perlu kamu ketahui, bahwa bagian ujung dari kabel data merupakan bagian paling sensitif dan rentan rusak. Maka dari itu usahakan untuk selalu berhati – hati pada saat melepaskan kabel dari perangkat yang terhubung (ponsel atau laptop).

Bagaimana sih cara yang benar dalam melepaskan kabel data yang terhubung dengan perangkat? Mudah saja, kamu hanya perlu melepaskan dengan menarik bagian kotak usb, bukan menarik kabelnya.

Baca Juga : 7 Cara Charging Ponsel Agar Lebih Cepat Penuh

3. Taruh Ditempat yang Aman

merawat kabel data agar lebih awet

Selanjutnya kamu harus menyimpan kabel data di tempat yang aman, dengan begitu kabel data akan memiliki umur yang lebih panjang (tidak rentan rusak). Simpanlah kabel pada tempat yang sejuk, bukan tempat yang terlalu dingin atau panas. Sebab, suhu yang terlalu dingin atau panas dapat menyebabkan ikatan serat yang ada dipelapis kabel menjadi rusak.

4. Jangan Digunakan Pada Saat Charging

cara merawat kabel data agar lebih awet

Apakah kamu tahu mengapa saat ini banyak kabel data yang dibuat dengan ukuran pendek? Hal ini sebenarnya bertujuan agar perangkat tidak digunakan saat kabel data terhubung dengan charger atau perangkat lain. Sebab apabila perangkat masih digunakan pada saat charger bukan hanya dapat merusak komponen baterai saja, melainkan dapat menyebabkan kabel renggang dan akhirnya mudah rusak hingga putus.

5. Gunakan Pelindung Tambahan

bagaimana cara merawat kabel data?

Cara terakhir dalam merawat kabel data agar lebih awet digunakan adalah menggunakan pelindung tambahan. Saat ini telah banyak tersedia cable protector yang mampu melindungi kabel datamu sehingga tidak rentan rusak.

Dengan memasang cable protector ini pastinya akan mencegah kabel tertekuk pada saat kamu gulung, sehingga mampu membuat kabel lebih panjang umur.

Selain mampu membuat kabel kamu menjadi tahan lama, cable protector ini pun mampu membuat tampilan kabel data kamu menjadi lebih cantik dan menarik, lho.

Baca Juga : Tips Cerdas! Mengatasi Sesaknya Kapasitas Memori di Smartphone Berkapasitas 16 Gb

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara dalam merawat kabel data agar lebih awet digunakan. Semoga dengan adanya informasi dari JagoTips ini, kabel data kamu tidak mudah rusak lagi ya, guys!

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Banyak Dibaca

To Top