Gadget

5 Ciri Baterai Ponsel Harus di Segera Ganti | Nomor 5 Bikin Jengkel

JagoTips Baterai ponsel merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah smartphone. Namun bagaimana jadinya apabila baterai mengalami kerusakan atau performanya menurun, yang menyebabkan daya baterai cepat habis atau menyebabkan ponselmu turn off dengan sendirinya. Hal tersebut pasti membuatmu sangat jengkel dan kesal tentunya.

Namun sebelum itu, kalian wajib mengetahui ciri – ciri baterai yang sudah rusak atau sudah tidak dalam performa terbaiknya, sebelum memutuskan untuk menggantinya dengan baterai yang baru.

Baterai yang perlu kamu ganti pastinya memiliki ciri – ciri yang dapat kalian rasakan pada saat pengoperasian ponsel pintarmu. Mau tahu apa saja ciri – ciri baterai ponsel yang harus diganti? JagoTips akan memberikan informasinya secara jelas. Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Ciri – Ciri Baterai Ponsel harus di Ganti :

1.Daya Baterai Cepat Habis

baterai ponsel

Ciri – ciri pertama jika baterai ponselmu perlu diganti ialah daya baterai cepat sekali habis. Jika kamu mendapati daya baterai pada ponsel pintarmu cepat sekali habis merupakan satu pertanda yang mengharuskan kamu segera mengganti baterai.

Guna mengetahui baterai ponselmu memiliki penurunan daya atau kerusakan sangatlah mudah. Jika pada sebelumnya kamu dapat mengoperasikan ponselmu selama 8 atau 12 jam sehari, dan beberapa waktu terakhir hanya bisa mengoperasikan selama 2 atau 3 jam berarti baterai mengalami kebocoran atau kerusakan.

Namun pengoperasian yang dimaksud ialah pengoperasian normal, bukan saat ponsel digunakan bermain game atau aktifitas berat lainnya.

Cara kedua guna mengetahui daya baterai ponsel kamu cepat habis dengan melihat indikator persentase baterai. Apabila persentase baterai berkurang sangat cepat dalam hitungan menit, sudah dipastikan baterai kamu harus cepat – cepat diganti.

2.Lama Dalam Pengisian Daya

baterai ponsel

Hal kedua yang menjadi ciri – ciri baterai ponsel kamu perlu diganti adalah butuh waktu yang lama dalam pengisian daya. Pada dasarnya baterai ponsel hanya membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam untuk mencapai daya baterai penuh. Bila akhir – akhir ini kamu merasakan adanya yang kurang normal saat pengisian daya berarti baterai kamu perlu diganti secepatnya.

Kurang normal disini diartikan apabila baterai ponsel telah diisi selama berjam – jam, namun tak kunjung penuh (Full Battery).

Note : Dengan catatan kamu menggunakan charge dan kabel original ya, guys!

3.Persentase Baterai Tidak Stabil

baterai ponsel

Ciri ini mungkin hampir sama dengan yang ada di ciri bagian pertama. Jika kamu mengalami baterai ponsel mengalami error, seperti dari 90% menjadi tiba – tiba 45%, berarti baterai ponsel kamu harus segera diganti. Sebab. hal ini tentunya akan membuat ponsel kamu cepat lowbatt.

Baca Juga : 7 Penyebab Baterai Ponsel Cepat Terkuras | Nomor 3 Sering Terjadi

4.Ponsel Terkadang Mati Sendiri (Turn Off)

baterai ponsel

Ciri selanjutnya baterai ponsel kamu perlu diganti adalah ponsel kadang mengalami turn off sendiri saat sedang digunakan. Hal ini bisa terjadi walaupun sebenarnya masih memiliki persentase daya yang masih banyak.

Dari kebanyakan kasus ponsel yang kedapatan mati sendiri (turn off), rata – rata disebabkan karena baterai yang sudah kurang baik. Hal ini karena baterai tidak memiliki akurasi persentase yang benar. Misalnya baterai kamu dalam kondisi 75%, namun kenyataannya baterai kamu hanya memiliki daya sebesar 6% atau 7%. Maka dari itu ponsel kamu terkadang mati sendiri.

5.Ponsel Hanya Menyala Dalam Kondisi Charging

baterai ponsel

Ciri terakhir baterai kamu perlu diganti ialah ketika ponsel kamu hanya dapat dinyalakan ketika dalam posisi charging (pengisian daya). Hal ini disebabkan oleh baterai ponsel sudah benar – benar rusak.

Maka dari itu, jika ponsel kamu hanya dapat dinyalakan pada saat proses charging atau pengisian daya, berarti kamu wajib untuk mengganti baterai ponsel kamu secepatnya.

Baca Juga : 7 Cara Charging Ponsel Agar Lebih Cepat Penuh

Akhir Kata

Itulah beberapa ciri – ciri baterai mengalami kerusakan dan perlu secepatnya diganti. Jika kamu mendapati hal diatas, maka sebaiknya kamu segera untuk mengganti baterai ponsel. Semoga artikel ini dapat membantu, guys!

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Selamat mencoba dan Have a Nice Day!

Facebook Comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top