Gadget

5 Fitur Terbaru iOS 13 yang Telah Ada di Android Sejak Lama

JagoTips – Apple telah memperkenalkan sistem operasi terbaru seperti iOS 13 dan iPadOS pada acara WWDC19 yang diselenggarakan di San Jose, California, Amerika Serikat.

Dalam acara tersebut apple resmi memperkenalkan fitur – fitur terbarunya yang ada di dalam iOS 13, misalnya alat editing foto dan video, aplikasi reminders, foto profile iMessage, dan masih banyak fitur lainnya.

Namun siapa sangka bahwa fitur teranyar yang diperkenalkan oleh Apple kepada publik ternyata telah ada beberapa yang telah hadir dalam fitur Android sejak lama.

Mau tahu lebih lanjut tentang fitur apa saja yang telah ada sejak lama di Android? Sabar dulu sob, sebelum kami bahas lebih lanjut jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi.

5 Fitur iOS 13 yang Telah Ada di Android

5.Look Around memiliki kemiripan dengan Street View

Fitur Terbaru iOS

Pada iOS 13, Apple meluncurkan aplikasi maps-nya sendiri, walaupun masih dianggap kalah dari pesaing terberatnya Google Maps.

Dalam iOS 13 Apple memiliki sebuah fitur yang diperkenalkan dengan nama Look Around. Dengan menggunakan aplikasi ini, para pengguna dapat melihat kondisi lokasi atau tempat tertentu secara 360 derajat dengan detail yang sangat menakjubkan.

Namun ternyata raksasa search engine di dunia ini telah meluncurkan fitur dengan nama Street View sejak 12 tahun yang lalu, atau tepatnya pada tahun 2007. Lebih keren mana?

4.Dark Mode

Fitur Terbaru iOS

Apple kembali meluncurkan fitur terbarunya pada iOS 13 yaitu Dark Mode. Namun pada kenyataanya ternyata pesaing terberatnya telah lebih dulu meluncurkan fitur ini, tepatnya pada Android Pie.

Meskipun begitu, fitur Dark Mode yang telah diluncurkan oleh Android masih dalam tahap penyempurnaan. Fitur Dark Mode ini baru akan disempurnakan pada Android Q nantinya.

Oleh sebab itu, untuk fitur yang satu ini kita tidak dapat menuduh Apple meniru Android secara mentah – mentah. Karena, mungkin saja mereka memiliki ide yang muncul secara bersamaan, guys!

Baca Juga : 11 Fitur Baru Yang Dapat Dinikmati Pada iOS 13

3.Sign in with apple memiliki kemiripan dengan Sign in with Google

Fitur Terbaru iOS

Pada intinya, fitur yang satu ini (Sign in with Apple) memiliki kemiripan dengan Sign in with Google atau Sign in with Facebook.

Dengan fitur ini tentunya kamu bisa masuk ke dalam aplikasi third party dengan cepat dan mudah, seperti halnya yang sudah sering kita lakukan dengan Google dan Facebook.

Tetapi, fitur ini sebenarnya memiliki satu perbedaan yang signifikan terhadap pesaingnya. Kelebihan tersebut ialah Apple menyediakan fitur Hide My Email yang dapat membuat kamu merasa aman dari peretasan. Lebih canggih mana sob?

2.Mendukung Perangkat USB

Fitur Terbaru iOS

Dalam iOS 13 ini, iPhone kamu dapat membaca penyimpanan USB seperti flash disk serta SD Card secara langsung lho.

Data – data yang ada di dalam perangkat tersebut dapat diakses menggunakan aplikasi Files yang dimiliki oleh iPhone ataupun iPad.

Namun masalahnya, Android ternyata sudah bisa melakukan hal ini sejak lama. Bahkan disinyalir telah banyak flash disk yang dapat dihubungkan secara langsung ke dalam handphone Android tanpa menggunakan kabel tambahan.

1.Quick Flow memiliki kemiripan dengan Swipe Gesture

Fitur Terbaru iOS

Dari 4 fitur diatas yang memiliki kemiripian dengan fitur yang ada di Android, mungkin fitur inilah yang paling mengundang tawa para pengguna Android.

Quick Flow adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengetik hanya dengan menggerakan jari – jari dari huruf ke huruf lainnya.

Namun ternyata Android tepatnya pada smartphone Samsung telah melakukannya bertahun – tahun yang lalu seiring diluncurkannya fitur Swipe Gesture.

Bahkan menurut para pengguna Andoid, fitur ini termasuk salah satu fitur yang tidak terlalu berguna.

Akhir Kata

Itulah guys beberapa fitur baru yang ada pada iOS 13, tetapi ternyata telah digunakan oleh Android sejak lama. Bagaimana menurut sobat, apakah aplikasi ini merupakan hasil jiplak atau tidak?

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top