Laptop

5 Komponen Pada Laptop yang Wajib Kamu Jaga

JagoTips – Laptop merupakan salah satu produk gadget yang banyak digunakan saat ini. Mungkin banyak diantara kalian yang mengandalkan perangkat ini guna membantu aktifitas sehari – harinya. Maka tak heran, perangkat ini wajib kamu jaga dan kamu rawat dengan baik, agar tidak mudah rusak tentunya.

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa laptop mahal dengan spesifikasi canggih ataupun dengan merk terkenal akan memiliki ketahanan yang lebih. Namun, hal ini tentunya merupakan argumen yang salah. karena secanggih apapun spesifikasi laptop, semahal apapun laptop, ataupun se-terkenalnya brand yang kamu pilih, jika tidak dijaga dan dirawat pasti akan cepat rusak.

Mau Tahu apa saja komponen yang wajib kamu jaga dan kamu rawat? berikut akan Jagotips paparkan dengan jelas. Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

5 Komponen Laptop yang Wajib Dijaga dan Dirawat

1.Layar Laptop

laptop

Komponen pertama yang wajib kamu jaga dan kamu rawat adalah Layar. Layar merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada struktur laptop. Selain itu, mengapa kamu harus menjaga dan merawat layar? sebab, layar akan sangat rentan rusak bila tidak dijaga pemakaiannya.

Bagaimana cara merawat dan menjaga layar pada laptop? Hal ini tentunya sangat mudah, untuk menghindari goresan pada layar, kamu cukup menambahkan anti gores. Dengan begitu, layar tidak akan menerima gesekan atau sentuhan secara langsung.

Baca Juga : Tips Agar Laptop Kalian Awet Dipakai dan Tahan Lama

Hal kedua yang perlu kamu lakukan adalah, jangan pernah menaruh atau meletakan benda dengan bobot yang besar di atas laptop. Hal ini tentunya akan membuat layar rusak apabila kamu meletakan barang dengan bobot yang besar diatas perangkat.

Cara ketiga untuk menjaga layar laptop ialah dengan tidak menutup laptop dengan keras atau kencang. Dan satu hal yang perlu kamu hindari, jangan pernah menutup layar laptop ketika ada benda di atas keyboard.

2.Touchpad Laptop

Laptop

Perangkat lainnya yang rentan akan kerusakan adalah touchpad. Untuk menjaga touchpad agar tidak mudah rusak sangat lah mudah, kamu hanya perlu menjaga kebersihannya ketika laptop telah selesai digunakan.

Cara memberihkan touchpad laptop bisa menggunakan kain bersih, tissue, atau semacamnya guna menghilangkan keringat yang tertinggal setelah laptop selesai digunakan.

Selain itu, agar touchpad tidak rentan rusak, kamu dapat menggantinya dengan menggunakan mouse pada saat mengoperasikan laptop.

3.Keyboard Laptop

Laptop

Selain touchpad dan layar, komponen laptop yang rentan akan kerusakan ialah keyboard. Maka dari itu, untuk menghindari kerusakan pada bagian keyboard, kamu diwajibkan untuk menjaga dan merawatnya.

Untuk menjaga keyboard, hindari penggunaan yang kasar, dan sebisa mungkin lakukan pembersihan setelah laptop selesai digunakan. Hal ini tentunya untuk menghilangkan debu yang mengendap pada sela – sela keyboard.

Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan tissue, kain halus, sikat yang halus, ataupun penyedot debu khusus yang biasa dijual di toko – toko komputer.

4.Port Koneksi Laptop

Laptop

Setiap laptop tentunya dilengkapi oleh beberapa port, misalnya port USB, LAN, ataupun port HDMI. Untuk bagian port yang ada pada perangkat laptopmu, pastikan untuk selalu dijaga kebersihannya dengan baik. selain itu, sebisa mungkin menjaga port tersebut agar selalu kering, agar tidak berkarat pada kemudian hari.

Baca Juga : 5 Laptop 2 in 1 Murah Dengan Kualitas Terbaik 2019

5.Port Charging Laptop

Laptop

salah satu komponen yang jarang kamu sadari rentan terhadap kerusakan ialah port charging. Agar menjaga port tersebut, disarankan untuk selalu menggunakan charger original (bawaan pabrikan laptop). Sebab, jika sering menggunakan charger yang bukan original, tentunya akan menyebabkan kerusakan pada laptop kamu di kemudian hari.

Mengapa bisa begitu? Karena, adanya ketidakcocokan antara charger dengan laptop kamu, sebagai contoh, perbedaan tegangan.

Akhir Kata

Itulah beberapa komponen yang perlu kamu jaga agar laptop kamu tidak rentan akan kerusakan. Kerusakan tentunya tidak diinginkan oleh semua orang. maka dari itu untuk selalu menjaga dan merawat komponen diatas, agar laptop kamu awet atau tahan lama.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Selamat mencoba dan Have a Nice Day!

Facebook Comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top