Games

5 Manfaat Positif Bermain Game Bagi Dunia Kesehatan

Jagotips – Game merupakan salah satu hobi yang banyak di gandrungi oleh khalayak banyak, walaupun masih banyak yang menganggap game sebagai pemborosan waktu dan uang.

Stigma – stigma negatif mulai bermunculan akibat bermain game, dari mulai kematian akibat bermain game, hingga kasus yang sering sekali dijumpai yakni bolos sekolah. Hal ini memang tak bisa dipungkiri, bahwa stigma negatif ini menjadi momok menakutkan bagi segelintir orang, khususnya para orang tua.

Tetapi seiring berjalannya waktu, stigma tersebut mulai berguguran. Sebab, banyak segelintir orang yang meraih kesuksesan dan mendapatkan penghasilan yang besar akibat bermain game, sebut saja pro player dari negara kita tercinta Benny Mozarella. Dengan bermain game ia mampu memiliki penghasilan yang besar serta membuat harum negara Indonesia di kancah internasional.

Selain itu, ternyata bermain game memiliki dampak positif lainnya apalagi terhadap dunia kesehatan.

Mau tahu dampak positif apa saja yang ada dari manfaat bermain game? Mari kita ulas lebih dalam lagi. Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

5 Manfaat Positif Bermain Game

1.Menyembuhkan Penyakit Asma, Obesitas, dan saraf Motorik

manfaat positif bermain game

Dampak positif pertama yang mampu diberikan akibat bermain game ialah mampu membantu penyembuhan penyakit asma, obesitas, dan juga saraf motorik.

sebuah studi menunjukan bahwa bermain game mampu membantu penyembuhan penyakit seperti asma, obesitas, dan juga kelainan saraf motorik. Pasien yang mengalami kondisi seperti itu perlahan mampu membaik setelah diberikan terapi yang melibatkan game.

Selain itu, sebuah peneliti dari Universitas of Utah menyebutkan bahwa game motorik memiliki sifat intervensional non-farmasi yang mampu membuat pasien perlahan merubah kebiasan buruknya agar lebih sehat.

2.Meningkatkan Semangat Hidup Bagi Penderita Kanker

manfaat positif bermain game

Selain menyembuhkan penyakit asma, obesitas, dan juga kelainan saraf motorik. Ternyata game mampu meningkatkan semangat hidup bagi para penderita kanker.

Sebuah peneliti dari Universitas of Utah melakukan sebuah penelitian terhadap beberapa pasien kanker anak. Dalam penelitian tersebut, para pasien diberikan kesempatan untuk bermain game yang telah di desain khusus untuk para pasien.

Game yang diberikan membutuhkan gerakan fisik ringan, seperti halnya Nintendo Wii.

Baca Juga : Top 3! Headset gaming Terbaik 2019

Dan hasilnya, para anak penderita kanker tersebut terlihat memiliki motivasi lebih untuk terus berjuang dan peningkatan semangat hidup.

3.Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

manfaat positif bermain game

Dalam dunia game, kita sering menemukan sebuah kasus atau masalah yang harus kita selesaikan. Ternyata hal tersebut mampu terbawa hingga kekehidupan sehari – hari.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2013, banyak remaja yang bermain game strategi memiliki cara pemecahan masalah yang cerdas, selain itu nilai akademik sekolahnya dapat membaik di tahun berikutnya.

4.Mampu meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

manfaat positif bermain game

Dampak positif lainnya yang diberikan akibat bermain game ialah mampu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Dalam dunia game, berkonsentrasi dan pemusatan fokus menjadi hal nomor satu yang harus kita lakukan. Dengan melakukannya secara terus menerus, ternyata dapat membantu kita menjadi mudah berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan atau tugas sehari – hari yang kita miliki.

5.Mampu Mengobati Depresi

manfaat positif bermain game

Selain meningkatkan konsentrasi dan fokus, ternyata game mampu juga mengobati depresi. Seorang profesor dari Universitas of Utah menyebutkan bahwa game mampu melepaskan hormon dopamin yang ada didalam otak.

Saat dilepaskan dengan jumlah yang tepat, ternyata hormon ini dapat meningkatkan suasana hati seseorang, sehingga merasa lebih bahagia dan senang.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh bulaj & team menyebutkan, bahwa game merupakan sebagian dari pengobatan yang dapat memberikan kesenangan.

Dengan bermain game, maka akan mengaktivasi saraf prismatik yang mampu menurunkan ketegangan yang disebabkan stress yang dialami oleh penderita depresi.

Akhir Kata

Itulah beberapa manfaat positif dari bermain game dalam dunia kesehata. Gimana, apakah kamu menjadi lebih bersemangat bermain game mendengar hal diatas? Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Facebook Comments

To Top