Uncategorized

5 Pelatih Terbaik Dunia Sepanjang Sejarah

Kata pelatih sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang  yang gemar dalam bidang olahraga. Pelatih adalah seseorang yang bertugas untuk melatih atau mempersiapkan fisik dan mental olahragawan ataupun tim olahragawan. pelatih juga berperan untuk  mengatur strategi, mengatur taktik permainan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan olahragawan, memimpin dalam pertandingan perlombaan,  memberikan dukungan moral kepada atlet tersebut, pelatih juga bertugas mendidik atau mematangkan bakat anak asuhnya sehingga ia bisa sukses dan mengembangkan potensi yang dimiliki anak asuhnya, sehingga anak asuhnya atau olahragawan tersebut dapat mandiri sebagai peran utama yang mengakulturasikan hasil latihan ke dalam sebuah pertandingan. 

Dan berikut ini adalah 5 pelatih terbaik Dunia sepanjang sejarah menurut sbobet asia euro:  

1. Alex Ferguson

E:\alex.jpeg

Sir Alex Ferguson menjadi nama yang berada di urutan teratas jajaran pelatih jempolan sepanjang masa. Pria asal Skotlandia ini merupakan salah satu Legenda Setan Merah dengan berbagai macam banyak prestasi . Sir Alex Ferguson sudah membawakan 38 trofi dalam 49 tahun karir kepelatihannya. Hasil yang dia dapatkan ini menunjukan betapa mantap racikannya untuk Old Trafford.

Namun tidak hanya handal dalam membaca sebuah jalannya pertandingan, Sir Alex Ferguson juga sukses  mengorbitkan sejumlah nama. Misalnya saat ia berhasil membimbing Wayne Rooney atau  Cristiano Ronaldo. Namun salah satu momen yang bersejarah dalam dunia sepak bola yang tak akan bisa dilupakan adalah ketika Sir Alex melakukan pergantian pemain dalam final liga champions pada edisi tahun 1999. Saat itu pula, Manchester United atau sering disebut MU mampu mampu membalikan keadaan di detik-detik akhir pertandingan  menghadapi Bayern Munchen.

2. Rinus Michels

E:\rinus.jpeg

Sebuah kehormatan terbaik sepanjang sejarah yang diberikan kepada Rinus Michels. Rinus Michels merupakan Legenda Belanda yang kariernya berlangsung selama 32 tahun.

Rinus Michels telah menjadi pelatih berbagai macam tim sepakbola di seluruh dunia seperti, Barcelona, FC Koln, Ajax Amsterdam, sampai Los Angeles Aztecs. Selain di level club, Riuns Michels juga sempat melatih di timnas Belanda. Salah satu prestasi  sepanjang karirnya antara lain, Liga Champions bersama Club Ajax pada tahun 1970/1971 dan Liga Spanyol bersama Club Barcelona 1973/1974. 

Ruins Michels berkata, menurut ia sepak bola profesional layaknya sebuah perang. “Siapapun yang berperilaku terlalu baik akan hilang”.

3. Vicente Del Bosque

E:\vicente.jpeg

Vicente Del Bosque adalah salah satu pelatih paling sukses sepanjang masanya dan memenangkan gelar di level club dan Negara. Vicente Del Bosque juga bermain untuk club raksasa Spanyol, real Madrid kemudian ia memulai karier kepelatihannya pada tahun 1999. Vicente Del Bosque pun menjalankan tugasnya sebagai sebagai pelatih bersama club real Madrid pada tahun 1999 dan kemudian menjadikan club Real Madrid menjadi club terhebat di dunia pada awal tahun 2000 an.

Vicente Del Bosque juga memenangkan kejuaraan Eropa dan Timnas Spanyol pada tahun 2012 yang mengalahkan Italia dengan dengan skor 4-0 di final. Setelah piala 2014 akan dimulai, Vicente Del Bosque memundurkan diri sebagai pelatih. Namun keterampilannya sebagai pelatih bisa dibilang sangat luar biasa.

4. Ottmar Hitzfeld 

E:\ottmar.jpeg

Ottmar Hitzfeld atau sering disebut dengan ‘Gottmar’ di tanah kelahirannya  Jerman, ia adalah pemain yang cukup sukses di club Liga Jerman, VFB Stuttgart. Ottmar Hitzfeld  memulai karier kepelatihannya pada tahun 1983. Namun selain itu juga  ia memulai menjalani pelatihan professional bersama Borussia Dortmund pada tahun 1991. Namun kehadirannya pun mampu membawa club Dortmurd mencapai dua final Liga champions berturut-turut dan memenangkan gelar pada tahun 1996-1997. Ottmar Hitzfield kemudian beralih melatih club Bayern Munich. Lalu ia mampu membawa club nya tersebut ke beberapa final Liga Champions dalam tiga musim  sejak 1998 hingga 2001. Lalu Ottmar Hitzfeld menjalani karirnya dengan club Swiss pada tahun 2008 dan ia berhasil membawa club nya tersebut lolos ke ajang Piala Dunia berturut-turut pada tahun 2010 dan 2014. Namun setelah itu Ottmar Hitzfeld tidak lagi melatih, namun iya tetap menjadi pelatih terhebat sepanjang masa.

5. Arrigo  Sacchi

E:\arrigo.jpeg

Arrigo Sacchi merupakan pelatih  top sepanjang masa. Pria yang berkebangsaan Italia ini sebenarnya tidak pernah mengenyam bangku sepak bola profesional. Awalnya sebelum menjadi pelatih, ia hanya seorang penjual sepatu. Namun arrgio Sacchi bernasib beruntung di dunia nyata. Ketika itu Silvio Berlusconi menunjuk Arrigo Sacchi untuk merevolusi club Ac Milan yang sedang terpuruk secara financial pada tahun 1986. Pada awalnya semua heran dan ragu pada Arrigo Sacchi karena ia tidak memiliki banyak pengalaman. Namun, semua keraguan itu dibuktikan oleh Arrgio Sacchi, ia sukses meraih gelar Seri A, Super Copa, 2 trofi Liga Champion, 2 UEFA Super Cup, hingga 2 Piala Dunia antar club.

Comments

Banyak Dibaca

To Top