Android

5 teknologi yang mampu mencegah banjir, Jakarta Wajib Menggunakannya!

5 teknologi yang mampu mencegah banjir, Jakarta Wajib Menggunakannya!

Jagotips – Banjir merupakan bencana alam yang paling sering terjadi di Indonesia, khususnya Ibu Kota DKI Jakarta. Hampir disetiap musim hujan warga Jakarta selalu dibuat kerepotan oleh yang namanya banjir, walau segala upaya telah dilakukan, namun urung menyelesaikan 100% yang namanya banjir.

Sebenarnya beberapa negara telah memiliki teknologi ampuh untuk mengantisipasi banjir,mau tau teknologi apa saja yang digunakan.

Berikut daftar aplikasi mengantisipasi banjir :

1. Delta Works


Delta Works

Memiliki permukaan yang lebih rendah dari permukaan laut, menjadikan negara kincir angin ini rentan dihantam banjir. Maka dari itu guna mengendalikan bajir, Belanda membuat teknologi yang dinamakan Delta Works.

Delta Works dibangun pada tahun 1953 setelah terjadi banjir laut utara, dan terbukti ampuh mengatasi banjir di negara tersebut, maka dari itu tak heran jika Delta Works diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban teknologi dunia modern.

2. Dinding Anti Banjir Grein


Dinding Anti Banjir Grein

Sama halnya dengan Jakarta, Kota Grein, Austria sering sekali mengalami bencana banjir akibat luapan Sungai Danube. Maka dari itu pemerintah kota membuat dinding anti banjir setinggi 3,6 meter yang dibantu oleh perusahaan asal Inggris .

3. Floodblock

Teknologi satu ini merupakan alat yang paling fleksibel namun sangat kuat. Walaupun cara kerja alat ini seperti LEGO (mainan anak-anak), namun terbukti mampu mengantisipasi bajir dengan mengalirkan air banjir kedalam block-block yang telah disusun tadi.

4. Tangki Bawah Tanah


Tangki Bawah Tanah

Pemerintah Jepang membangun proyek ini guna memerangi banjir di Tokyo. Tangki ini terhubung dengan terowongan-terowongan yang akan mengalirkan air dari permukaan dan ditampung didalam tanah. Setelah air tertampung, air tadi dipompa dan dialirkan ke sungai Edo.

5. Barrier Sungai Thames


Barrier Sungai Thames

Barrier yang bekerja dengan semi otomatis ini adalah penghalang banjir yang dibuat oleh pemerintah Inggris guna menghalang banjir yang kerap terjadi di sungai Thames London. Alat ini dibangun pada tahun 1953 paska bajir laut utara.

Comments
To Top