Handphone

Pasti Berhasil! 6 Cara Mudah Menghemat Kuota Internet

JagoTips – Hallo sobat JagoTips, pada kesempatan kali ini siJago ingin memberikan tips – tips menarik seputar cara menghemat kuota internet paling mudah yang tentunya bisa kamu lakukan mulai detik ini.

Kuota internet saat ini sudah seperti kebutuhan primer bagi setiap pengguna smartphone. Sebab, setiap pengguna akan mati kutu apabila kuota yang dimilikinya habis.

Nah banyak yang beranggapan bahwa menghemat kuota itu sangatlah sulit dilakukan. Bagi yang tidak mengetahui trik atau caranya hal ini sulit untuk dilakukan. Tetapi jika kamu mengetahui caranya hal ini tentu sangat mudah untuk dilakukan.

Sesuai janji siJago yang akan memberikan tips dan trik menghemat kuota internet. Mau tahu bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai habis ya guys!

Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : 8 Tips Menghemat Paket Internet Saat Travelling Ke Luar Negeri

Cara Menghemat Kuota Internet

1.Matikan Mode Sinkronisasi

cara

Langkah pertama untuk menghemat penggunaan kuota internet ialah dengan mematikan fitur atau mode sinkronisasi. Banyak yang tidak menyadarinya bahwa mode atau fitur ini bisa membuat kuota internet cepat terkuras. Tetapi apabila kamu membutuhkan fitur ini, sebaiknya aktifkan akun atau aplikasi tertentu saja (tidak semuanya disinkronisasi).

2.Update Aplikasi Hanya Dengan Wi-Fi

cara menghemat kuota

Langkah kedua guna menghemat penggunaan data internet ialah dengan melakukan update aplikasi dengan jaringan Wi-Fi. Disarankan bagi semuanya untuk merubah pengaturan yang ada di smartphone tentang update aplikasi kedalam opsi ‘update melalui jaringan Wi-Fi saja’. Dengan begitu kuota kamu akan sedikit aman dan tidak terlalu cepat terkuras atau habis.

3.Selektif Memilih Browser

cara menghemat kuota internet

Selanjutnya cara untuk menghemat kuota internet adalah dengan memilih browser yang memakan data kecil. Salah satu browser yang dipercaya akan hal ini ialah Opera Mini. Sebab, aplikasi browser yang satu ini dapat mengompres data situs yang hendak kamu kunjungi. Dengan demikian kuota kamu akan terjaga dan tidak cepat terkuras saat kamu aktif berselancar di dunia maya.

Baca Juga : Jika Kamu Tidak Mengganti Nomor Ponsel Selama Lebih Dari 10 Tahun, Ini Tandanya!

4.Menggunakan Aplikasi Penghemat Kuota

6 cara menghemat kuota

Cara selanjutnya untuk menghemat kuota ialah dengan bantuan aplikasi tambahan. Saat ini telah banyak dikembangkan aplikasi yang digadang – gadang mampu menghemat kuota. Salah satu aplikasi yang mampu menghemat data internet ialah My Data manager.

Dengan adanya bantuan dari aplikasi ini diyakini akan membantu dalam menghemat kuota internet, sebab aplikasi tersebut akan mengelola kuota data yang kamu miliki menjadi lebih hemat.

5.Gunakan Fitur Maps Offline

6 cara menghemat kuota internet

Salah satu cara untuk menghemat kuota internet ialah dengan cara mengubah fitur maps kedalam mode offline. Mengapa demikian? Sebab fitur maps ini salah satu hal yang dapat menyebabkan kuota kamu cepat terkuras.

Selain itu, cobalah untuk membatasi penggunaan data di background. Karena hal ini merupakan salah satu cara paling efektif dalam menghemat kuota internet.

6.Gunakan Jaringan Wi-Fi

cara hemat kuota

Cara terakhir untuk menghemat kuota internet ialah selalu gunakan jaringan Wi-Fi apabila tersedia. Bila kamu sedang berada di suatu tempat, dan tempat tersebut menyediakan jaringan Wi-Fi, maka janganlah ragu untuk menggunakannya. Sebab dengan begitu hal ini akan meringankan (walaupun tidak signifikan) pengeluaran kuota internet kamu.

Apabila kamu merupakan pengguna yang enggan beralih saat sedang asyik berselancar di dunia maya, padahal dilokasi tersebut telah disediakan jaringan Wi-Fi. Mulai saat ini cobalah untuk tinggalkan kebiasaan ini.

Baca Juga : Koneksi Makin Canggih! Inilah 7 Fakta Tentang Layanan 5G yang Segera Hadir di Indonesia

Akhir Kata

Nah itulah beberapa tips dan trik mudah guna menghemat kuota internet. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu yang merasa kuota selalu cepat terkuras atau habis.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top