Handphone

6 Hal yang Bisa Membuat Ponsel Cepat Rusak | Nomor 4 Sering Kamu Lakukan

JagoTips – Hallo sobat JagoTips, Kali ini SiJago akan membahas hal – hal yang bisa membuat ponsel cepat rusak.

Ponsel merupakan hal yang bisa dikatakan penting untuk saat ini, baik untuk berkomunikasi, urusan pekerjaan, game, atau media sosial.

Maka dari itu, pastinya setiap pengguna menjaga ponselnya dengan baik, dan tidak ingin mengalami kerusakan.

Tetapi beberapa kebiasaan kecil ternyata dapat merusak kinerja suatu ponsel tanpa kamu sadari. Walaupun hal ini tidak secara langsung mengakibatkan kerusakan pada ponsel, namun lambat lahun pastinya ponsel kamu mengalami penurunan performa.

Maka dari itu sebaiknya kebiasaan kecil ini yang sering kita anggap remeh untuk tidak lagi dilakukan. Tentunya agar ponsel kamu bisa awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Demi menjaga ponsel kita agar tetap awet, SiJago akan menjelaskan beberapa kesalahan yang tanpa kita sadari dapat merusak ponsel. Mau tahu apa saja? Mari kita bahas lebih dalam.

Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : 5 Ciri Baterai Ponsel Harus di Segera Ganti | Nomor 5 Bikin Jengkel

Hal yang Bisa Membuat Ponsel Cepat Rusak

1.Menginstall Aplikasi Sembarangan

ponsel cepat rusak

Kebiasaan pertama yang dapat merusak ponsel adalah menginstall aplikasi dari sumber yang tidak jelas.

Apabila hal ini dilakukan secara terus menerus, maka tak heran jika ponsel kamu lama kelamaan akan mengalami penurunan performa.

Sebab, tak sedikit malware yang masuk dari aplikasi yang kalian install sembarangan.

2.Terlalu lama Terpapar Sinar Matahari

ponsel cepat rusak

Sebenarnya hal ini cukup sepele. Namun perlu kamu ketahui, dengan membiarkan ponsel terpapar sinar matahari terlalu lama akan menyebabkan peningkatan suhu pada ponsel. Hal ini tentunya dapat menyebabkan overheat pada ponsel.

Jadi, jika seandainya ponsel kamu tidak sengaja terpapar sinar matahari, segerakanlah pindahkan ketempat yang lebih teduh agar tidak menyesal di kemudian hari.

3.Tergesa – Gesa Saat Mengisi Daya

ponsel cepat rusak

Selanjutnya hal yang dapat merusak ponsel secara tidak langsung ialah mencolokan pengian daya dengan tergesa – gesa. Hal ini tanpa kamu sadari dapat merusak konektor USB yang ada pada ponsel.

Dengan melakukan hal ini secara sering, maka tak heran apabila nantinya pengisian daya kamu mengalami kelonggaran dan juga sulit untuk mengisi daya.

Baca Juga : Ponsel Rusak, Perbaiki Atau Ganti Baru?

4.Menaruh Ponsel di Saku Belakang

ponsel cepat rusak

Hal ini pasti sering kamu lakukan, guys!

Menaruh ponsel pada saku belakang celana secara tidak langsung akan merusak ponsel.

Sebab saat kamu duduk, secara tidak langsung ponsel akan tertindih oleh berat badan kamu.

Yang sering melakukan kebiasaan ini sebaiknya jangan dilakukan lagi ya, guys!

5.Menggunakan Baterai Non-Original

ponsel cepat rusak

Siapa dari kalian yang mengganti baterai ponsel dengan kualitas kw? Jika hal ini terjadi, sebaiknya kamu ganti lagi dengan yang original.

Walaupun baterai original memiliki harga yang relatif lebih tinggi, tetapi tentunya akan mengurangi resiko kerusakan pada ponsel.

6.Menggunakan Pengisi Daya atau Earphone Non-Original

ponsel cepat rusak

Bukan hanya baterai ponsel yang harus original. Tetapi pengisi daya yang kamu gunakan pun haruslah demikian.

Mengapa begitu? Sebab pengisi daya KW (non-original) memiliki perbedaan dalam hal daya listrik. Hal inilah yang tentunya akan menyebabkan kerusakan pada ponsel.

Selain itu, earphone yang kamu gunakan sebaiknya produk original atau bawaan asli ponsel. Karena earphone non-original dapat merusak slot pada ponsel karena adanya perbedaan pada ukuran jack.

Baca Juga : 7 Cara Charging Ponsel Agar Lebih Cepat Penuh

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa hal atau kebiasaan yang bisa membuat ponsel cepat rusak. Disarankan untuk tidak lagi melakukan kebiasaan – kebiasaan diatas baik disengaja ataupun tidak. Hal ini tentunya agar ponsel kamu lebih awet digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Kebiasaan mana yang sering kamu lakukan, guys? Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top