Tech Info

Mudik Lebaran? Gunakan 7 Aplikasi Ini Agar Terhindar Dari Macet

7 Aplikasi Terhindar Kemacetan

Libur hari raya atau lebaran memang identik dengan hal yang disebut mudik. Tradisi ini sudah menjadi kebiasaan umat muslim setiap tahunnya  untuk kembali ke kampung halamannya setelah mereka merantau ke suatu daerah.

halamannya setelah mereka merantau ke suatu daerah.

Tradisi ini biasanya terjadi pada saat detik – detik terakhir di penghujung Ramadhan, yang bertujuan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain itu tentunya untuk sowan terhadap orang tua.

Setiap individu yang akan melaksanakan mudik memnggunakan transportasi beragam, mulai dari kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, bus, kereta api, kapal laut, hingga pesawat terbang.

Bagi kalian yang akan berangkat mudik menggunakan kendaraan pribadi misalnya motor atau mobil, pasti memiliki perasaan segan akanmacet. Ya macet sendiri merupakan momok terdepan pada saat libur hari raya idul fitri.

Tetapi jangan khawatir sobat, Jagotips memiliki beberapa aplikasi hebat yang dapat membantumu mengarahkan jalurmu agar terhindar dari kemacetan. Mau tahu apa saja aplikasinya?

Berikut daftar 7 Aplikasi Agar Terhindar Dari Kemacetan :

1. Maps

7 Aplikasi Terhindar Kemacetan
Google Maps – JagoTips

Aplikasi pertama yang Jagotips rekomendasikan merupakan aplikasi default yang secara tidak langsung sudah ada di smartphone kalian. Aplikasi tersebut ialah Maps atau kita sering menyebutnya Google Maps.

 Dengan menggunakan Google Maps kalian mampu menempuh rute tercepat dengan berbagai jalan alternatifnya. Selain itu aplikasi ini mampu menunjukan ruas atau jalur mana saja yang terkena macet secara real – time.

Lalu jika kalian menggunakan aplikasi Maps dari Google ini, kalian dapat mengetahui estimate waktu tiba di suatu daerah atau tempat sehingga bisa memperkirakan butuh waktu berapa lama untuk mencapainya, termasuk ketika kalian terkena kemacetan.

Maps pun sebenarnya dapat digunakan secara offline, namun dengan syarat kalian telah mengunduh filenya. Tetapi dalam mode offline, kalian tidak dapat mendapatkan info terntang jalur atau ruas yang mengalami kemacetan.

2. Waze

7 Aplikasi Terhindar Kemacetan
Waze – JagoTips

Diurutan kedua ada aplikasi Waze. Dengan aplikasi waze ini kalian bisa berbagi atau menerima berbagai info tentang lalu lintas yang terjadi ataupun kecelakaan lalu lintas ke atau dari pengguna Waze lainnya.  dengan adanya info yang kalian terima tersebut kalian dapat membuat estimasi perjalanan.

Dengan mengetahui informasi terbaru tentang lalu lintas dari aplikasi ini, kalian dapat menghindari suatu kemacetan semaksimal mungkin.

Selain itu Waze pun memiliki fitur yang cukup lengkap. Bahkan Waze telah dilengkapi dengan peraturan ganjil – genap yang ada di Ibukota DKI Jakarta.

3. Info Mudik 2019

7 Aplikasi Terhindar Kemacetan
Info Mudk – JagoTips

Untuk urutan ketiga, kami masukan aplikasi Info Mudik 2019. Dengan kalian menggunakan aplikasi Info Mudik 2019 kalian dapat mengetahui inforasi seputar arus mudik dan arus balik.

Informasi yang diberikan oleh aplikasi ini akan selalu di update karena terhubung dengan jaringan informasi NTMC Lantas POLRI, sehingga kalian dapat menentukan jalur terbaik mudik.

Tidak hanya tentang informasi lalu lintas, aplikasi ini pun mampu memberikan informasi tentang harga tiket berbagai transportasi umum hingga tarif dari tol.

4. NTMC Mudik

7 Aplikasi Terhindar Kemacetan
NTMC Mudik – JagoTips

Dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat Indonesia, Korlantas mabes POLRI tidak mau ketinggalan tentunya.

Maka dari itu Korlantas Mabes POLRI merilis aplikasi yang disebut NTMC Mudik. Aplikasi tersebut dapat membantu anda keika melakukan perjalanan mudik dengan berbagai fitur yang dimiliki.

Dan tentunya hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mudik hari raya.

5. JMCARe

7 Aplikasi Terhindar Kemacetan
JMCARe – JagoTips

Tidak mau kalah dengan Korlantas mabes POLRI, Jasa Marga pun turut andil dalam melayani masyarakat dengan merilis JMCARe yang diharapkan dapat menambah kenyamanan pada saat mudik hari raya nanti.

JMCARe memiliki dua fitur utama, yakni fitur nitifikasi dan informasi. Apa kegunaan dua fitur tersebut?

Dengan fitur informasi, kalian dapat mendapatkan berbagai macam informasi seputar jalan tol yang kalian butuhkan.

Sedangkan dengan fitur notifikasi, kalian akan diberikan informasi terkait lalu lintas jalan tol secara real – time.

6. HERE WeGo

7 Aplikasi Terhindar Kemacetan
HERE WeGo – JagoTips

Ingin aplikasi yang sigap dalam memberikan informasi terhadap perubahan kondisi jalan? Kalian harus mencoba aplikasi HERE WeGo.

Dengan aplikasi ini kalian dapat membandingkan tiap rute berdasarkan jarak tempuh, kecepatan, hingga biaya yang harus dikeluarkan.

Selain itu aplikasi ini memiliki kemudahan lainnya, yakni dapat digunakan dalam kondisi offline ketika kalian kehilangan sinyal.

7. LM – Info Traffic Lalu Lintas

7 Aplikasi Terhindar Kemacetan
LewatMana – JagoTips

Aplikasi buatan anak bangsa ini merupakan aplikasi yang dapat membantu kalian mengetahui informasi lalu lintas terkini.

LewatMana dapat membantu kalian menentukan rute perjalanan sehingga dapat menghindari meninimalisir atau menghindari kemacetan jalan.

Selain sebagai penunjuk arah, aplikasi ini pun memiliki fitur untuk meilihat CCTV jalanan, tetapi hanya baru tersedia untuk di daerah Jabodetabek.Itulah beberapa aplikasi yang dapat membantu kalian menemukan rute terbaik agar dapat meminimalisir kemacetan selama perjalanan mudik . Semoga artikel kami bermanfaat dan dapat membantu kalian selama mudik hari raya. Selamat mencoba..

Facebook Comments

To Top