Gadget

Koneksi Makin Canggih! Inilah 7 Fakta Tentang Layanan 5G yang Segera Hadir di Indonesia

Jagotips Hallo sobat Jagotips, apakah kamu merupakan salah satu dari banyaknya pengguna yang menganggap koneksi 4G sebagai koneksi paling cepat? Namun kenyataannya, saat ini koneksi 4G akan segera digantikan dengan munculnya teknologi baru yakni koneksi 5G.

Dalam segi kecepatan, 4G diyakini mampu menembus 100 Mbps hingga 1 Gbps. Apakah munculnya teknologi 5G mampu mengalahkan kecepatan yang dimiliki 4G? mari kita ulas lebih jauh lagi ya sobat!

Berikut 7 fakta tentang layanan 5G :

1.Merupakan Generasi ke-5 Dalam Teknologi Kecepatan Nirkabel

5G merupakan generasi ke-5 dalam pengembangan kecepatan teknologi nirkabel. G sendiri memiliki arti Generation yang mengacu kepada generasi teknologi nirkable tersebut.

Generasi pertama dalam teknologi kecepatan nirkabel di awali dengan 1G yang masih berbasis analog yang diterapkan pada tahun 1980-an dengan kecepatan 2.4 Kbps. Lalu dilanjutkan dengan teknologi 2G yang sudah lebih berkembang dari pendahulunya dengan  berbasis digital dan memiliki kecepatan 64 Kbps, dengan kecepatan maksimal dengan jaringan EDGE bisa mencapat 1 Mbps. Lalu dilanjutkan oleh generasi ke-3 atau 3G yang dipekenalkan pada tahun 2001 yang memiliki kecepatan 144 Kbps hingga 2Mbps, serta 4G yang banyak digunakan pada waktu sekarang ini dengan kecepatan yang mampu menembus 100 Mbps hingga 1 Gbps.

5G diyakini akan menggantikan generasi sebelumnya yakni 4G dalam waktu dekat ini. Kita nantikan saja ya sob!

2.Apa Teknologi Dari Jaringan 5G

5G menggunakan spectrum dalam rentang frekuensi LTE antara 600 MHz – 6 GHz. 5G umumnya diperkenalkan pada tahun 2018 dan telah melakukan tes uji coba di beberapa negara, misalnya di Britania Raya. Dalam proses uji cobanya 5G memiliki kecepatan dalam mengunduh hingga 2.8 Gbps, serta digadang – gadang  memiliki kecepatan 20 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4G.

Pengembangan teknologi 5G dimulai oleh NASA pada tahun 2008, lalu diikuti oleh beberapa lembaga seperti kementrian riset dan teknologi Korea Selatan pada tahun yang sama, New York University dengan temuan barunya yaitu NYU Wireless, University of Surrey dengan investasi dana sebesar 35 juta Euro, dan masih banyak lembaga – lembaga lainnya.

3.Kecanggihan yang Dijanjikan Oleh Teknologi 5G

Generasi ke-5 dalam konektivitas internet ini menjanjikan pengunduhan dan pengunggahan yang jauh lebih cepat, koneksi yang lebih stabil, serta jangkauan yang lebih luas. Hal itu karena 5G memanfaatkan spectrum radio yang lebih baik serta memungkinkan lebih banyak perangkat seluler mengakses internet dalam waktu bersamaan.

Dalam era digital dewasa kini, kecepatan adalah hal terpenting yang dibutuhkan, mengingat adanya bermacam teknologi seperti augmented reality (AR), live streaming, dan teknologi lainnya yang membutuhkan koneksi internet yang lebih cepat dari sebelumnya. Itulah kecanggihan ekstra yang dijanjikan oleh teknologi 5G.

4.Bagaimana Jaringan 5G Bekerja

Sama halnya dengan jaringan seluler lainnya, 5G menggunakan sistem situs sel yang membagi wilayahnya menjadi beberapa sektor dan mengirimkan data yang di sandikan melalui gelombang radio. Setiap sel harus terhubungkan ke dalam situs backbone jaringan, baik itu melalui koneksi kabel maupun melalui koneksi nirkabel.

Jaringan 5G sendiri akan meggunakan jenis pengodean OFDM dan disinyalir mirip dengan pengodean dengan 4G LTE. Sistem ini dirancang guna mengoprasikan saluran yang lebih baik dari 4G. dengan tujuan untuk mempercepat konektivitas internet serta membuat jangkauan yang jauh lebih luas dibandingkan generasi sebelumnya.

5.Negara Mana Saja yang Akan Mengadaptasi Teknologi 5G

Setidaknya akan ada beberapa negara yang berlomba – lomba mengadaptasi dan mengembangkan teknologi dari jaringan 5G ini. Sebut saja dua penyedia layanan seluler di Korea Selatan, KT Corporation dan SK Telecom yang telah berlomba – lomba meluncurkan layanan 5G.

Selain itu, negeri Tirai Bambu pun tidak mau kalah. Diprediksi pada tahun 2025, China akan mewakili 40 persen koneksi 5G global. Namun di China sendiri, 5G akan tersedia secara komersil pada tahun 2020 mendatang.

Begitupun dengan Amerika Serikat dan Jepang  yang sedang mengembangkan teknologi 5G di negaranya masing – masing. sedangkan di Indonesia sendiri, penetapan jaringan 5G akan dilakukan setelah pelaksanaan Konferensi komunikasi Radio Dunia yang akan berlangsung di Mesir pada Oktober 2019 mendatang.

6.Moto Z3 akan menjadi gadget pertama yang mengadopsi jaringan 5G

Moto Z3 disinyalir menjadi handphone pertama yang mampu terkoneksi dengan jaringan 5G dengan fitur Moto Mod yang ada di dalamnya.

Tetapi, jaringan 5G ini masih terbatas di beberapa area, misalnya Minneapolis, Minnesota dan Chicago, Illinois serta akan segera hadir di 20 kota lainnya di Amerika Serikat. Fitur Moto Mod ini sangat ekslusif karena hanya dapat dioperasikan pada smartphone Motorola Moto Z3 saja.

7.Bagaimana proses uji coba jaringan 5G

Jaringan yang diyakini akan memiliki koneksi yang lebih cepat, stabil, serta memiliki jangkauan yang lebih luas. Namun, bagaimana realita yang terjadi di lapangan? Beberapa fakta yang terjadi pada saat melakukan uji coba menemukan bahwa jaringan 5G Verizon di Chicago hanya mencakup jarak 300 kaki.

Sedangkan jaringan 5G milik AT&T di Dallas memiliki kecepatan hingga 1.3 Gbps serta memiliki jangkauan hingga 600 kaki.

Meskipun tergolong sangat cepat, namun teknologi dari jaringan 5G ini masih memerlukan beberapa pengembangan lebih lanjut agar pengopresaiannya lebih optimal. Beberapa pihak memperkirakan bahwa jaringan 5G akan stabil dan digunakan secara luas pada tahun 2021 atau 2022 mendatang.

Itulah 7 fakta tentang teknologi koneksi dari 5G yang siap menggantikan jaringan yang kita anggap sebagai yang tercepat saat ini . Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a nice day !

Comments
To Top