Handphone

7 Penyebab Baterai Ponsel Cepat Terkuras | Nomor 3 Sering Terjadi

JagoTipsHallo Sobat JagoTips, pada kesempatan kali ini SiJago akan memberikan informasi tentang penyebab baterai ponsel yang cepat terkuras. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan daya baterai ponsel cepat terkuras, dan hal ini kadang kurang disadari oleh sebagian orang.

Sudah gak sabar ingin tahu apa saja yang menjadi penyebab baterai ponsel cepat habis? Mari kita ulas lebih dalam! Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

7 Penyebab Baterai Ponsel Cepat Terkuras

1.Masalah Pada Hardware

Baterai Ponsel Cepat Terkuras

Alasan pertama yang dapat menjadi penyebab baterai ponsel kamu cepat habis ialah adanya kerusakan pada Hardware. Biasanya daya baterai ponsel cepat habis itu terjadi karena baterai yang telah buruk kondisinya atau charger yang telah rusak.

Untuk mengatasi masalah tersebut cukup mudah, karena kamu hanya tinggal mengganti hardware yang rusak dengan hardware yang baru. Namun tentunya jika baterai ponselmu bukan tipe tanam.

Jika ternyata kamu kedapatan memiliki ponsel dengan tipe baterai tanam, alangkah baiknya untuk mengganti di gerai resmi atau toko ponsel.

2.Wi-Fi yang Terus Aktif

Baterai Ponsel Cepat Terkuras

Fitur Wi-Fi memang sangat dibutuhkan sekali pada saat ini, hal tersebut dikarenakan agar smartphone dapat terhubung kedalam suatu jaringan nirkabel guna menghemat paket data yang kita miliki.

Namun, bagaimana jika pemindai Wi-Fi terus diaktifkan setiap waktu walaupun tidak sedang mencari jaringan? Hal tersebut tentunya akan menguras daya baterai, karena pemindai akan terus bekerja mencari jaringan yang tersedia.

Cara mengatasinya cukup mudah, yakni segerakan matikan pemindai Wi-Fi jika kamu tidak sedang mencari jaringan Wi-Fi yang tersedia.

3.GPS Aktif Setiap Saat

Baterai Ponsel Cepat Terkuras

Salah satu penyebab yang dapat menguras daya ponsel kamu ialah fitur GPS yang aktif secara terus menerus. Jika fitur tersebut tidak dimatikan, maka jangan heran jika sistem akan terus bekerja dan menyebabkan daya baterai terkuras.

Cara mengatasinya ialah, segerakan matikan fitur GPS jika sudah tidak digunakan. Selain itu pastikan fitur GPS terhenti saat kamu menutup aplikasi yang menggunakan fitur GPS. Misalnya aplikasi ojek online, atau Maps.

4.Sinyal Lemah

Baterai Ponsel Cepat Terkuras

Pada saat sinyal smartphone melemah, tentunya perangkat akan menggunakan lebih banyak daya untuk mencoba terhubung dengan suatu jaringan yang tersedia.

Cara mengatasinya ialah, dengan mengaktifkan mode Airplane dan lakukan restart koneksi ketika kamu sudah berada di lokasi dengan jangkauan sinyal yang lebih baik.

5.Menggunakan Aplikasi yang Menguras Baterai

Dalam hal ini beberapa aplikasi akan menguras baterai mu lebih cepat, misalnya aplikasi game ataupun musik dan video streaming. Maka dari itu yang perlu kamu lakukan adalah hindari menjalankan aplikasi berat dengan waktu yang lama. Karena dengan menjalankan aplikasi berat dengan waktu yang lama selain daya ponselmu cepat terkuras, hal ini juga akan berdampak kepada masa pakai baterai ponselmu.

Baca Juga : 5 Game Simulasi Kendaraan dan Mengemudi Terbaik

6.Aplikasi yang Terus Aktif Pada Background

Baterai Ponsel Cepat Terkuras

Penyebab lain yang dapat menguras baterai ponselmu adalah adanya aplikasi yang terus aktif pada background menu tanpa sepengetahuan kita. Karena tidak selalu aplikasi yang kita tutup akan berhenti sepenuhnya, beberapa diantaranya masih akan terus aktif di background menu.

Cara mengatasinya adalah kamu harus menonaktifkan aplikasi yang menurutmu tidak terlalu penting yang bekerja pada background menu. Lalu, jika ponselmu memiliki fitur optimisasi, kamu dapat menggunakannya untuk memaksimalkan daya baterai.

7.Tingkat Kecerahan Layar yang Tinggi

Baterai Ponsel Cepat Terkuras

Hal terakhir yang dapat menyebabkan baterai ponselmu cepat habis adalah tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi. Untuk mengatasi hal ini, kamu cukup mengecilkan tingkat kecerahan ponselmu, atau yang lebih simple gunakan fitur kecerahan layar otomatis.

Akhir Kata

Itulah beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan baterai ponselmu cepat terkuras. Semoga artikel ini membantu bagi kalian yang memiliki masalah pada daya baterai yang cepat terkuras ya, guys! Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Facebook Comments

To Top