Tech Info

7 Tips Memilih Monitor yang Berkualitas

JagoTips – Hallo sobat, lagi bingung cari monitor untuk komputer? Tenang saja, saat ini siJago akan memberikan tips dalam memilih monitor yang berkualitas.

Sejatinya monitor merupakan salah satu perangkat komputer yang tentunya sangat dibutuhkan oleh para penggunanya. Sebab tanpa adanya monitor, kamu tidak dapat mengoperasikan komputer.

Nah, tapi banyak dari pengguna kompute yang belum memahami hal dalam mencari monitor yang mampu menunjang aktifitasnya serta memiliki kualitas yang baik. Dikesempatan kali ini siJago akan menjabarkan secara detail tips dalam memilih monitor yang berkualitas dan mampu menunjang aktifitas kegiatanmu. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : Tips Dalam Membeli Komputer Agar Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips Memilih Monitor yang Berkualitas

1. Pilih Resolusi Layar

memilih monitor yang berkualitas

Langkah pertama dalam memilih monitor yang berkualitas adalah menentukan resolusi layar. Hal ini tentunya sangat penting dan patut untuk kamu pertimbangkan. Saat ini telah banyak sekali monitor yang memiliki resolusi full HD (1920 x 1080 piksel). Maka dari itu disarankan untuk mencari monitor yang beresolusi full HD, sebab kamu akan mendapatkan gambar yang lebih tajam serta ukuran teks yang mampu dibaca dengan jelas.

2. Tentukan Ukuran Monitor

Selanjutnya adalah menentukan ukuran atau besaran monitor. Seyogyanya menentukan ukuran monitor dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budjet sipengguna. Apabila kamu memiliki budget yang minim, maka disarankan untuk memiliki ukuran layar dari 22 inch atau 24 inch. Dengan besaran tersebut diyakini sudah mampu menunjang dan mendukung segala aktifitas pekerjaanmu.

Tetapi apabila kamu memiliki budget yang lebih, tentunya kamu dapat menggunakan layar dengan ukuran 27 inch. Sebab layar 27 inch ini telah hadir dengan resolusi WQHD (Wide Quad High Definition), yang nantinya dapat memberikan citra yang jauh lebih tajam dan jernih jika dibandingkan dengan full HD.

Namun perlu kamu ingat, apabila kamu menggunakan layar dengan ukuran 27 inch keatas, pastikan terlebih dahulu bahwa kartu grafismu memiliki performa yang cukup baik.

3. Pilih Panel Teknologi

tips memilih monitor yang berkualitas

Perlu kamu ketahui, saat ini panel yang banyak digunakan untuk teknologi monitor terbagi menjadi dua. Pertama adalah IPS atau In-Plane Switching, serta TN atau Twisted Nematic. Dari kedua panel ini pastinya kamu akan bertanya – tanya mengenai perbedaan dan fungsi dari kedua teknologi tersebut. Sejatinya kedua teknologi ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Apabila kamu lebih sering menggunakan monitor untuk aktifitas pekerjaan atau hiburan, maka panel IPS (In-Plane Switching) akan lebih cocok kamu gunakan. Karena panel ini akan memberikan kualitas warna terbaik dengan view angle yang lebar.

Namun apabila kamu lebih sering menggunakan monitor untuk kegiatan gaming, maka panel TN (Twisted Nematic) akan lebih cocok kamu gunakan karena memiliki refresh rate dan menawarkan respon piksel cepat.

4. Cek Akurasi Warna

Sebelum menentukan pilihan monitor, cobalah untuk pertimbangkan beberapa aspek terlebih dahulu. Salah satu aspek yang wajib kamu perhatikan adalah akurasi warna. Kontrol warna yang akurat tentunya dapat mendukung segala aktifitas pekerjaan, mulai dari web desainer, special effect artist, fotografer, hingga pro-gamer. Maka dari itu disarankan untuk memilih monitor yang memiliki kualitas gambar dengan sRGB.

5. Tentukan Refresh Rate

Apabila kamu hanya menggunakan monitor untuk kebutuhan pekerjaan (kantoran), tentunya monitor yang memiliki refresh rate 60 Hz sudah sangat cocok sekali untuk kamu gunakan.

Namun apabila kamu menggunakan monitor untuk kebutuhan gaming, animator, ataupun youtuber, maka disarankan untuk memilih monitor dengan refresh rate 144 Hz agar mampu memberikan pengalaman bermain yang lebih baik dan kerja yang lebih smooth.

6. Freesync dan G-Sync

tips dalam memilih monitor yang berkualitas

Hal ini tentunya sangat patut untuk kamu perhatikan sebelum membeli sebuah monitor baru.

Bagi kamu yang menggunakan kartu grafis dari NVIDIA, pastikan untuk memilih monitor dengan mode G-Sync.

Namun apabila kamu menggunakan kartu grafis dari AMD atau Radeon, kamu bisa menggunakan monitor dengan mode Freesync.

7. Cek Response Time

Poin ini sebenarnya tidak dibutuhkan oleh pengguna pada umumnya, namun apabila kamu gamer profesional, hal ini tentunya akan sangat kamu butuhkan. Sebab para gamer akan membutuhkan response time dibawah 8 ms guna memastikan bahwa animasi atau video dapat terbebas dari efek ghosting saat mengaplikasikan game berat.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Orang Mulai Beralih Menggunakan PC All in One

Akhir Kata

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih monitor berkualitas. Semoga dengan adanya informasi diatas kamu bisa dengan mudah mendapatkan monitor yang kamu dambakan.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top