Tech Tips

7 Tips Merawat headset Agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama

JagoTipsHallo Sobat JagoTips, pada kesempatan kali ini SiJago akan memberikan tips – tips menarik seputar merawat headset.

Bagi gamers dan pecinta musik, headset tentunya barang yang wajib di miliki. Tetapi pernah ga sih kedapatan headset kesayanganmu rusak secara tiba – tiba? Misalnya kabelnya putus, suara jadi kurang jernih, atau hal lainnya.

Nah, untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan tersebut, SiJago akan memberikan beberapa tips agar headset kamu tidak mudah rusak dan tahan lama.

Sudah gak sabar mau tahu tipsnya? Eits, tunggu dulu, sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

7 Cara Merawat headset Agar Tidak Mudah Rusak

1.Menggulung Kabel dengan Benar

Tips Merawat headset

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar headset-mu tidak cepat rusak ialah dengan menggulung kabel dengan benar jika telah selesai menggunakannya. Tidak sedikit dari pengguna headset yang membiarkan kabel – kabelnya terbelit – belit atau dengan kata lain berantakan. Tetapi perlu kamu ketahui, jika kabel headset kamu biarkan berantakan atau terbelit setelah digunakan, lama -lama akan menyebabkan headset (kabel) cepat rusak. Jadi usahakan untuk merapihkan kabel headset-mu setelah selesai menggunakannya.

2.Tingkat Volume

Tips Merawat headset

Mendengarkan sebuah musik dengan volume keras memang mengasyikan, apalagi yang didengarkannya adalah lagu favoritmu. Tapi, dengan seringnya menggunakan headset dengan tingkat volume maksimal, akan membuat headset rentan mengalami kerusakan.

Selain itu, mendengarkan musik dengan headset yang bervolume maksimal tidak hanya akan merusak headsetmu, tetapi juga tidak baik untuk indera pendengaranmu nantinya.

Maka dari itu, mulai sekarang hindarilah penggunaan headset dengan volume tinggi agar headset mu tidak mudah rusak dan tahan lama.

3.Membersihkan Bantalan Headset

Tips Merawat headset

Apakah kerusakan headset ada hubungannya dengan bantalannya? Memang tidak berpengaruh secara signifikan, tetapi membersihkan bantalan headset secara rutin akan membuat headsetmu tidak mudah rusak dan tahan lama. Karena semakin lama umur headset, maka akan semakin banyak juga debu – debu yang menempel di bantalan.

4.Hindari Penggunaan Headset Ketika Telinga Basah

Tips Merawat headset

Air merupakan salah satu penyebab dari rusaknya headset. Maka dari itu, sebaiknya sebelum menggunakan headset, keringkan terlebih dahulu telingamu dari air. Sebab, jika telingamu masih ada sisa air (Misalnya sehabis mandi atau berkeringat) akan dapat merusak headset nantinya. Mengapa demikian? Karena air dapat masuk melalui earbud tanpa kita ketahui.

5.Bersihkan Headset Secara Rutin

Tips Merawat headset

Agar headsetmu tidak mudah rusak dan tahan lama, sebaiknya kamu merawatnya secara baik – baik, dengan cara membersihkan headset secara rutin.

Membersihkan headset bisa kamu lakukan dengan menggunakan alkohol dan sikat yang halus. Lakukanlah pembersihan kabel – kabel dan earbud secara berkala agar tidak ada debu yang mengendap di headset kesayangan kamu.

Dengan begitu headset mu akan awet digunakan tanpa khawatir adanya kerusakan yang disebabkan oleh debu dan kotoran.

6.Simpanlah Headset di Tempat Khusus

Tips Merawat headset

Bagi kamu yang sembarangan menaruh headset, sebaiknya hal ini jangan diulangi. Simpanlah headset di tempat khusus agar terhindar dari kerusakan, terutama pada bagian kabel.

Dengan menaruhnya di tempat khusus, misalnya di kotak headset, akan mengurangi resiko kerusakkan, karena kabel akan tertata dengan rapih (tidak berbelit antara kabel satu dengan yang lainnnya).

7.Hindari Meminjamkan Headset Sembarangan

Tips Merawat headset

Hal ini tentunya perlu kamu lakukan, apalagi jika headsetmu memiliki harga yang lumayan mahal. Bukannya mengajarkan pelit, tetapi perlu kamu ketahui, orang lain yang kamu pinjamkan belum tentu merawat headset mu dengan baik.

Jika kamu mau meminjamkan headsetmu, sebaiknya pilihlah orang yang memang benar – benar kamu kenal, dan tidak jorok jika menggunakan sebuah barang. Hal ini perlu kamu lakukan agar headsetmu terjaga , dan tidak asal digunakan.

Selain itu, alasan kesehatan pun menjadi salah satu faktor untuk tidak meminjamkan headset kepada orang lain.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips agar headsetmu terhindar dari kerusakan dan tahan lama. Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Selamat mencoba dan selamat berakhir pekan!

Facebook Comments

To Top