Laptop

Mengenal 8 Macam Bunyi Beep Pada Komputer dan Laptop

JagoTips – Apakah kamu pernah mendengar bunyi beep pada komputer atau laptop? Bunyi beep yang kerap muncul pada saat kita menggunakan komputer atau laptop merupakan sebuah tanda tentang kondisi perangkat. Setiap bunyi yang dihasilkan memiliki arti tersendiri. Bunyi beep ini kadang muncul untuk menandakan adanya kerusakan atau masalah pada komputer atau laptop yang kamu gunakan.

Bagi yang awam dalam pengoperasian komputer atau laptop, banyak yang tidak memahami atau kurang memperhatikan tentang bunyi beep yang dihasilkan oleh laptop atau komputer tesebut.

Apabila kamu mendengar bunyi beep pada saat menggunakan komputer atau laptop, sebaiknya segera lakukan identifikasi pada hardware. Tetapi jika kamu tidak memahami perangkat komputer atau laptop secara mendetail sebaiknya segerakan untuk melakukan konsultasi ketempat service terdekat.

Baca Juga : Tips Agar Laptop Kalian Awet Dipakai dan Tahan Lama

Pada kesempatan kali ini JagoTips akan memberikan informasi tentang bunyi beep yang kerap hadir pada komputer atau laptop dan pastinya berikut cara – cara mengatasinya. Mau tau selengkapnya? Mari kita bahas lebih lanjut. Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

8 Macam Bunyi Beep Pada Komputer dan Laptop

Bunyi Beep

1.Bunyi Beep Sekali dan Pendek

Apabila komputer kamu mengeluarkan bunyi beep sekali dan pendek jangan khawatir, berarti komputer atau laptop kamu sukses menyala. Tetapi apabila terdengar bunyi beep sekali dan pendek dan komputer atau laptop kamu tidak mau menyala, berarti ada masalah pada layar monitor mu.

2.Bunyi Beep pendek dua kali

Apabila komputer atau laptop kamu mengeluarkan suara beep pendek dua kali, berarti menandakan adanya masalah pada settingan CMOS pada komputer atau laptop kamu.

3.Bunyi Beep Panjang Satu Kali Kemudian Pendek Sekali

Apabila komputer atau laptop kamu mengeluarkan suara beep panjang satu kali kemudian dilanjutkan dengan suara beep pendek satu kali, berarti komputer atau laptop kamu mengalami masalah pada motherboard dan RAM (short RAM).

4.Bunyi Beep Panjang Satu Kali Diakhiri Pendek Dua Kali

Apabila terdengan suara beep satu kali panjang dan diakhiri dengan bunyi beep pendek dua kali, menandakan komputer atau laptop kamu mengalami masalah pada VGA card. Jika kamu menemukan masalah seperti ini lebih baik untuk segera konsultasi ketempat service terdekat.

Note :Hal ini biasanya terjadi apabila menggunakan VGA card onboard.

5.Bunyi Beep panjang Satu Kali Kemudian Pendek Tiga Kali

Jika komputer atau laptop kamu mengeluarkan suara beep panjang satu kali kemudian diikuti dengan bunyi beep pendek sebanyak tiga kali. Hal ini menandakan adanya masalah pada keyboard. Ini bisa terjadi karena kotoran yang ada pada socket, atau bisa juga adanya pin kabel yang tidak terhubung dengan baik.

6.Bunyi Beep Panjang Satu Kali dan Pendek Sembilan Kali

Misalkan komputer atau laptop kamu mengeluarkan bunyi beep panjang sebanyak satu kali dan di lanjutkan dengan bunyi beep pendek sebanyak sembilan kali, Menandakan adanya kerusakan pada ROM BIOS laptop atau komputer kamu.

7.Bunyi Beep Panjang Terus Menerus

Apabila kamu menemukan komputer atau laptop mengeluarkan suara beep panjang secara terus menerus, berarti dapat dipastikan komputer atau laptop kamu memiliki masalah pada bagian RAM.

8.Bunyi Beep Pendek Terus Menerus

Yang terakhir bunyi beep pendek secara terus menerus. Jika komputer atau laptop kamu mengeluarkan suara seperti ini, bisa dipastikan kamu memiliki masalah pada bagian power suply.

Akhir Kata

Nah, Itulah beberapa jenis dari bunyi beep yang ditimbulkan oleh komputer atau laptop. Apabila kamu mendapati bunyi demikian, disarankan untuk segera memperbaikinya. Bagi kamu yang mengerti cara memperbaikinya, silahkan lakukan perbaikan sendiri. Namun apabila kamu tidak paham untuk memperbaikinya, sebaiknya segera konsultasi ketempat service terdekat agar laptop atau komputer kamu dapat berjalan dengan normal kembali. Semoga artikel ini bermanfaat ya, guys!

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top