Gadget

8 Tips Menghemat Paket Internet Saat Travelling Ke Luar Negeri

Jagotips – Hallo sobat jagotips, sudah memasuki musim liburan nih! Jagotips mau tahu dong, siapa saja dari kalian yang berencana untuk menghabiskan musim libur dengan travelling ke luar negeri? Pastinya akan seru banget yah.

Namun sebelum kamu memutuskan berlibur ke luar negeri, salah satu masalah yang akan kamu pikirkan selain tiket atau akomodasi ialah biaya paket data internet yang cukup mahal.

Tapi tak perlu khawatir sobat, sebab Jagotips memiliki beberapa trik & tips yang akan dibagikan untuk menghemat pengeluaran biaya paket internet bagi kalian yang akan melancong ke luar negeri.

Sudah gak sabar mau tahu apa saja tips & trik yang di berikan Jagotips? tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Berikut tips & trik menghemat paket data saat travelling ke luar negeri :

1.Membeli Kartu Lokal di Negara Tujuan

Hal pertama yang dapat kamu lakukan guna menghemat paket data saat berpergian ke luar negeri ialah dengan membeli kartu lokal di negara tujuan.

Membeli kartu lokal ini sangat direkomendasikan saat pergi ke luar negeri dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Para traveler disarankan untuk membeli kartu SIM pre-paid agar dapat memperkirakan dana yang akan dipakai saat menggunakannya.

Untuk mendapatkannya kartu SIM lokal ini tidaklah sulit, sebab kamu dapat membelinya di toko serta ada atau outlet – outlet yang ada di bandara.

2.Sewa Wi-Fi Portable

Sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri, alangkah baiknya untuk menyewa Wi-Fi portable. Wi-Fi portable merupakan modem berukuran mini yang memungkinkan sejumlah perangkat terhubung secara nirkable ke suatu jaringan internet dengan berbagai pilihan sinyal seperti 3G, 4G atau LTE dari penyedia atau operator jaringan.

Dengan menggunakan Wi-Fi portabel ini, pastinya kamu dapat menghemat biaya pembelian paket khususnya bagi yang pergi bersama keluarga, teman, ataupun rombongan.

3.Gunakan Wi-Fi

Saat sedang berlibur ke luar negei, sebaiknya traveler mencari tempat yang menyediakan akses layanan Wi-Fi seperti misalnya restoran, café, atau bar.

Meski begitu, kamu harus tetap berhati – hati dalam penggunaan Wi-Fi publik tersebut. Sebab disinyalir menggunakan fasilitas internet melalui akses Wi-Fi publik dapat memberikan ancaman bagi sang pengguna.

Maka dari itu, kamu harus memastikan keamanan saat mengakses berbagai situs dengan menjaga kerahasiaan password dan berbagai akun media sosial ataupun perbankan traveler.

4.Cari Penawaran Roaming

Sebelum melakukan perjalanan, disarankan untuk memeriksa operator seluler yang kamu gunakan. Hal ini bertujuan untuk memastikan penyedia layanan tersebut memiliki penawaran paket roaming internasional, sehingga kamu dapat menghemat pemakaian data.

Biasanya ada beberapa layanan operator yang mengeluarkan promo paket roaming, sehingga biaya roaming bisa lebih murah.

Ketika kamu tiba di negara tujuan, diwajibkan untuk meluangkan waktu membaca SMS (Short Message Service) dari operator seluler lokal yang bekerja sama dengan operator Indonesia.

SMS tersebut biasanya berisi tentang perincian biaya untuk melakukan panggilan, SMS, dan pemakaian paket data selama di negara tersebut.

5.Gunakan Browser Dengan Pemakaian Data Kecil

Dengan penggunaan data yang lebih kecil tentunya dapat menghemat biaya, dan tentunya dapat menelusuri internet lebih cepat ketika berada di lokasi dengan sinyal lemah.

Sekarang ini cukup banyak aplikasi browser yang memiliki fitur ini, sebut saja Opera Mini. Aplikasi ini diyakini mampu menekan penggunaan data pada suatu halaman situs, yang diklam mampu mengurangi 10 persen dari ukuran aslinya.

Selain itu aplikasi ini pun memiliki fitur penghitung data yang dapat menunjukan banyaknya besaran megabit yang tersimpan.

Fitur seperti ini jelas akan mempermudah berselancar di kecepatan internet yang rendah.

6.kompres Data di Ponsel

Saat ini telah hadir beberapa aplikasi yang dapat menghemat penggunaan data, misalnya Opera Max. Aplikasi ini dapat memperkecil penggunaan data, gambar, serta video di seluruh aplikasi ponsel.

Selain itu, aplikasi ini pun dapat memberitahu aplikasi yang mengkonsumsi data latar belakang atau background paling banyak.

Dengan demikian, hal ini memungkinkan kalian untuk memblokir aplikasi tertentu yang menggunakan data selular dan membatasinya, dimana aplikasi tersebut hanya akan berjalan pada saat menggunakan jaringan Wi-Fi saja.

7.Matikan Sinkronisasi Otomatis

Apabila kamu telah mengatur aplikasi seperti Google Drive, Dropbox, atau Facebook untuk mengunggah media secara otomatis, disarankan untuk mematikan fitur sinkronisasi ini pada pengaturan ponsel. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mengurangi penggunaan data.

Selain itu kamu pun dapat menyesuaikan pengaturan di aplikasi tersebut untuk hanya menggunggah foto atau video yang di ambil pada saat kamu berlibur secara otomatis jika perangkat kalian terhubung dengan Wi-Fi.

8.Siapkan Hiburan di Ponsel Sebelum Pergi

Sebelum anda bergegas pergi berlibur alangkah baiknya untuk mengunduh atau mendownload beberapa musik serta video guna menjadi teman selama berada dalam perjalanan.

Memang tak bisa dipungkiri, aplikasi pengaliran seperti Sportify atau youtube dapat kalian akses selama memiliki koneksi internet. Namun alangkah baiknya demi menghemat penggunaan data saat berada di luar negeri, kamu dapat memanfaatkan fitur penyimpanan luring yang umumnya disediakan oleh aplikasi – aplikasi tersebut.

Dengan begitu, kamu dapat menikmatinya selama perjalanan tanpa harus mengaktifkan paket roaming atau harus mencari Wi-Fi gratis.

Akhir kata

Itulah beberapa tips & trik yang bisa kalian coba saat akan berlibur ke luar negeri. semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian dalam meminimalisir penggunaan data internet ya guys. selamat mencoba!

Facebook Comments

Banyak Dibaca

To Top