Tech Info

9 Bahaya yang Mengancam Ketika Tidur Menggunakan Headset

JagoTips – Hallo sobat JagoTips, pada artikel kali ini SiJago akan membahas bahaya yang mengancam ketika tidur sambil menggunakan headset.

Bagi para pecinta musik, headset merupakan perangkat yang wajib dimiliki. Tetapi apakah kamu tahu , jika menggunakan headset secara berlebihan dapat mengakibatkan beberapa bahaya khususnya pada indra pendengaran.

Mau tahu apa saja bahaya yang diakibatkan menggunakan headset ketika sedang tidur? Mari kita bahas secara lengkap!

Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : 7 Tips Merawat headset Agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama

Bahaya yang Mengancam Apabila Tidur Menggunakan Headset

bahaya menggunakan headset ketika tidur

9.Dapat Melukai Kulit Telinga

Bahaya pertama yang bisa menyerang seseorang yang menggunakan headset pada saat tidur ialah luka pada kulit telinga. Meskipun pada umumnya headset dibuat senyaman mungkin untuk digunakan oleh pemakainya, tetapi hal tersebut tidak menjamin telinga akan benar – benar aman. Apalagi untuk kondisi headset yang memiliki pelindung berupa silikon karet.

Menggunakan headset terlalu lama dapat menyebabkan kulit telinga lecet dan iritasi. Walaupun kondisi tersebut dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi banyak dari penderita yang mengalami infeksi dan juga peradangan.

Masih mau menggunakan headset berlama – lama?

8.Dapat Menurunkan Kemampuan Pendengaran

Penurunan kemampuan pendengaran memang lumrah terjadi apalagi bagi lansia. Namun perlu kamu ketahui, ternyata headset mampu membuat hal demikian lebih cepat dari seharusnya.

Saat sedang tertidur, volume tinggi yang dihasilkan oleh headset dapat mengakibatkan kerusakan pada koklea. Hal ini biasanya tidak tersadar oleh penderita, namun akan terdeteksi ketika diperiksa lebih lanjut oleh dokter.

Note : Agar lebih bijak dalam menggunakan headset, sebab hal ini sering terjadi pada rentan usia 20 hingga 30 tahunan!

7.Dapat Menurunkan Kewaspadaan

Menggunakan headset saat sedang tidur memang dapat membuat tidur lebih nyaman. Namun kamu harus memperhatikan hal ini, semakin keras suara yang didengarakan maka akan membuat tingkat kewaspadaan kamu menurun.

6.Dapat Memunculkan Kotoran Telinga

Apabila kamu menggunakan headset ketika sedang tertidur, berarti kamu mencegah kotoran yang ada di telinga terbilas secara alami.

Tidur menggunakan headset secara tidak langsung akan menyebabkan bantalan yang ada di perangkat menyumbat semua kotoran, dan mengakibatkan kotoran mengumpul hingga menghalangi gendang telinga kelak.

5.Kuman Dapat Masuk dan Berkumpul di Telinga

Headset merupakan salah satu perangkat yang menjadi tempat berkumpulnya kuman karena seringnya diletakan pada udara terbuka, apalagi jarang dibersihkan.

Apabila kamu tidur menggunakan headset, secara tidak langsung kamu membiarkan kuman dengan bebas masuk kedalam area telingamu.

4.Dapat Menimbulkan Kerusakan Permanen Pada Telinga

Hal ini biasanya terjadi ketika telinga sudah tidak sanggup menahan beban suara yang keras. Sebagian besar headset mampu menghasilkan suara antara 95 hingga 108 dB. Sedangkan menurut sebuah riset, telinga hanya mampu mendengarkan suara di bawah 85 dB.

3.Dapat Merusak Otak

Penggunaan headset saat sedang tertidur dapat menyebabkan kerusakan otak. Hal ini terjadi karena headset yang digunakan saat sedang tidur tidak membuat otak benar – benar istirahat. Segala suara yang masuk saat kamu tertidur masih di proses oleh otak, hal inilah yang menyebabkan otak kamu akan kurang beristirahat.

Bukan hanya itu saja, gelombang elektromagnetik yang dialirkan oleh headset dapat merusak sel yang ada di dalam otak. Mengerikan bukan?

2.Dapat Menimbulkan Otitis Eksterna

Sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu otitis eksterna. Otitis eksterna merupakan sebuah peradangan yang sering terjadi pada perenang. Tetapi, hal ini bisa saja terjadi pada orang yang sering menggunakan headset untuk mendengarkan musik.

Mengapa bisa terjadi demikian? Sebab headset mampu memberikan efek seperti tekanan pada telinga, dan ini sama halnya dengan seorang perenang yang telinganya terkena tekanan air.

1.Dapat Membunuh Secara Perlahan

Hal ini bisa dikatakan yang sangat mengerikan, guys! Terutama bagi kamu yang menggunakan alat pacu jantung. Perlu diketahui, magnet yang terkandung di dalam headset dapat mengakibatkan kaca alat pacu jantung. Ketika headset tidak sedang digunakan saja, magnetnya bisa berbahaya, apalagi bila digunakan saat sedang tidur?

Baca Juga : 8 Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Anak – Anak | Nomor 6 Parah

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa bahaya apabila kamu menggunakan headset ketika sedang tidur. Maka dari itu JagoTips menghimbau untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini ya, guys!

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Facebook Comments

To Top