Android

Apa Itu VPN dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jagotips – semenjak pemerintah membatasi penggunaan media sosial beberapa hari yang lalu, hampir semua pengguna smartphone mengakalinya dengan salah satu aplikasi yakni VPN atau Virtual Private Network.

Tapi apa kalian tahu tentang apa yang dimaksud dengan VPN atau Virtual Private Network? Virtual Private Network atau yang biasa kita sebut VPN adalah layanan koneksi yang memberikan anda akses ke website secara aman dan pribadi dengan cara mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

Atau dengan kata lain, VPN mengkoneksikan smartphone, tablet, PC ke komputer yang lain di suatu tempat yang terhubung dengan internet.

Bagaimana cara kerja VPN atau Virtual Private Network?

Cara kerja dari VPN yakni dengan melakukan enkripsi pertukaran data , dan ketika kita terhubung dengan internet menggunakan koneksi VPN seperti halnya mengakses internet menggunakan jalur khusus (server VPN) atau tidak menggunakan jaringan utama.

Jadi jika kalian mengakses internet ke suatu situs menggunakan jaringan VPN, koneksi yang anda gunakan akan dikenali sebagai koneksi jaringan server VPN, bukan dari jaringan yang anda gunakan pada saat itu.

Berikut ini akan kita ilustrasikan koneksi melalui jaringan VPN dan tanpa menggunakan VPN :

Tanpa Menggunakan VPN
Menggunakan VPN

Apa Manfaat kita jika menggunakan jaringan VPN ?

  • Remote access
    Manfaat pertama dari menggunakan VPN adalah anda dapat melakukan remote access, yang berfungsi agar mengizinkan kita mengakses internet menggunakan jaringan kantor dari mana saja selama terhubung ke internet.
  • ByPass
    Anda dapat mengakses suatu situs atau link yang dianggap membahayakan, atau lain sebagainnya oleh suatu negara. Atau dengan kata lain anda dapat melewati batas geografis terhadap situs atau link.
  • Pengamanan Data di jaringan public
    VPN atau Virtual Private Network dapat melindungi pertukaran data yang anda lakukan dari Wi-Fi atau jaringan yang tidak dapat dipercaya. Hal ini sangat membantu ketika kalian menggunakan jaringan public seperti halnya di kafe, bar, atau lainnya.
  • Mengamankan informasi pribadi secara anonym
    VPN dapat menyembunyikan lokasi kalian secara realtime. Jadi, tidak sembarangan orang dapat mengetahui lokasi anda saat melakukan akses. Karena lokasi anda yang terdeteksi merupakan lokasi server VPN anda gunakan.
  • Data dienkripsi
    Saat memproses pertukaran data antara anda dengan web aplikasi online, data kalian akan dienkripsi. Hal ini menyebabkan saat seseorang melihat apa yang dikirimkan, mereka hanyak melihat informasi yang sudah terenkripsi, atau dengan kata lain bukan data mentah saja.
  • Enkripsi informasi perangkat
    Seseorang tidak dapat dengan mudah mengidentifikasi perangkat yang anda gunakan, atau apa yang sedang anda lakukan.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan VPN

Dalam menggunakan jaringan VPN atau Virtual Private Network akan ada beberapa kekurangan dan kelemahan, berikut kelebihan dan kelemahan dalam penggunaan VPN :

KelebihanKekurangan
Dapat mengakses situs yang terblokirKoneksi menjadi lebih lambat
Identitas IP asli tidak dapat langsung diketahuiKoneksi tidak stabil
Akses jaringan dari lokasi berbedaKonfigurasi manual cukup rumit
Kerahasiaan data lebih amanAda batasan penggunaan

Apakah cukup aman dalam menggunakan jaringan VPN ?

Hal ini sebenarnya masih menjadi perdebatan. VPN atau Virtual Private Network sebenarnya membuat koneksi anda sangat aman, namun hal ini tergantung dengan jaringan atau protokol yang anda gunakan untuk melakukan koneksi.

Kapan waktu yang tepat dalam menggunakan VPN?

  • Ketika anda berada dalam jaringan atau koneksi publik. Misalnya saat anda terhubung dengan jaringan WI-Fi di sebuah kafe, bar, atau lain sebagainya
  • Ketika anda ingin menjelajah di suatu situs, namun mendapati situs tersebut terblokir dengan alasan tertentu.
  • Ketika anda ingin lebih anonym di dalam situs web
  • Ketika anda menginginkan aktivitas anda terenkripsi di sebuah situs web.

Nah itulah sobat cara kerja dan kegunaan dari VPN atau Virtual Private Network. Ada kelebihan dan kekurangan yang terjadi jika anda menggunakannya, namun hal ini tidak dapat dipisahkan dalam sebuah aplikasi.


NOTE : Gunakan Aplikasi VPN yang memang terpercaya, karena beberapa VPN ada yang berbahaya seperti yang saya bahas di artikel sebelumnya “BAHAYA MENGGUNAKAN VPN DEMU MENGAKSES MEDIA SOSIAL”. Saran dari saya kalian menggunakan Hotspot Shield, TunnelBear, atau Hide.me

Semoga bermanfaat..

Source : www.niagahoster.co.id

Facebook Comments

To Top