Gadget

8 Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Anak – Anak | Nomor 6 Parah

JagoTipsHallo Sobat JagoTips, pada kesempatan kali ini SiJago akan membahas tentang bahaya penggunaan gadget bagi anak – anak, khususnya anak usia dibawah 12 tahun.

Di era yang sudah maju akan teknologi ini, gadget merupakan sebuah alat atau perangkat yang di gunakan dalam segala aspek kehidupan, tak terkecuali hiburan bagi sang buah hati. Dalam praktik sehari – hari, tak sedikit para orang tua yang memberikan akses lebih terhadap buah hatinya untuk menggunakan gadget sebagai hiburan tanpa mencari tahu bahaya atau dampak yang terjadi kepada sang anak.

Penggunaan gadget yang berlebihan bagi anak – anak sesungguhnya dapat memberikan beberapa dampak negatif, baik dari segi mental, pertumbuhan otak, hingga fisik.

Bagi anak – anak, khususnya anak usia dibawah 12 tahun yang menggunakan teknologi (gadged) dengan waktu yang lama, memiliki resiko akan kesehatan diri yang dapat mematikan.

Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Anak

Berikut ini akan kami rangkum beberapa bahaya penggunaan gadget pada anak – anak, khususnya anak usia dibawah 12 tahun. Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

8 Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Anak

1.Mengganggu Pertumbuhan Otak Anak

Bahaya atau dampak pertama akan penggunaan gadget bagi anak – anak adalah perkembangan otak sang anak menjadi lambat. Sejatinya otak anak akan tumbuh cepat hingga ia menginjak usia 21 tahun, dan perkembangan otak sang anak ini dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan.

Stimulasi berlebih akan penggunaan gadget pada otak anak yang sedang berkembang, dapat mengakibatkan keterlambatan kognitif, menumbuhkan sifat implusif, tantrum, hingga gangguan dalam proses belajar.

2.Kecanduan

Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Anak

Dampak kedua dari penggunaan gadget bagi anak – anak ialah kecanduan akan teknologi. Hal ini biasanya terjadi karena orang tua yang terlalu bergantung kepada teknologi, yang membuat mereka agak sedikit jauh dari sang anak.

Oleh sebab itu, guna mengisi kekosongan tersebut, sang anak mulai mencari pelarian atau hiburan dari gadget. Hingga akhirnya hal ini yang membuat mereka tidak bisa lepas dari gadget atau dengan kata lain kecanduan teknologi.

3.Proses Belajar yang Tidak Berkelanjutan

Pada prinsipnya, penggunaan teknologi khususnya gadget bagi anak dapat mengakibatkan proses belajarnya tidak berkelanjutan. Hal ini terjadi karena, teknologi akan membuat segalanya lebih mudah, sehingga otak anak tidak terasah dengan baik.

4.Tumbuh Kembang Menjadi Lambat

Bahaya atau dampak dari penggunaan gadget pada anak adalah tumbuh kembang fisik menjadi terlambat. hal ini diyakini karena penggunaan gadget akan membatasi gerak fisiknya.

Selain itu, penggunaan teknologi sejak dini pun akan mempengaruhi leteralis serta prestasi akademik secara negatif.

5.Sifat Agresif

Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Anak

Anak – anak sejatinya belum dapat membedakan secara utuh mana hal yang baik dan mana hal yang buruk. Oleh sebab itu, beberapa konten di dunia digital yang dapat diakses oleh anak, seperti halnya kekerasan fisik dan seksual dapat menimbulkan sifat agresif pada sang anak.

6.Radiasi Emisi

Perlu diketahui, bahwa anak – anak akan lebih sensitif terhadap radiasi dibandingkan orang dewasa. Dalam suatu penelitian mengatakan, radiasi emisi yang dikeluarkan oleh gadget dapat menjadi penyebab kemungkinan kanker.

Baca Juga : 6 Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Tertinggi Tahun 2019

Bagi para orang tua yang memberikan gadget kepada buah hatinya, siap akan hal ini?

7.Pikun Digital

Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Anak

Selanjutnya yang bisa terjadi kepada sang anak ialah pikun digital. Hal ini dikarenakan, kecepatan konten yang ada di dunia digital, mengakibatkan anak memiliki attention span yang pendek. Tentunya ini akan menyebabkan anak tidak bisa fokus terhadap satu hal, dan juga mengakibatkan kemampuan konsentrasi dan memori ingatannya menurun.

8.Kelainan Mental

Hal terakhir yang bisa terjadi dari penggunaan gadget pada anak adalah kelainan mental. Sebuah penelitian dari Bristol University mengatakan, penggunaan gadget pada anak – anak akan meningkatkan resiko depresi, kurang atensi, kecemasan, autisme, kelainan bipolar, psikosis, serta prilaku bermasalah lainnya.

Akhir Kata

Itulah beberapa dampak yang bisa terjadi dari penggunaan gadget pada anak – anak, khusnya anak usia dibawah 12 tahun. Bagi para orang tua yang memiliki anak dibawah usia 12 tahun, diharapkan untuk selalu memperhatikan akan hal tersebut. Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Facebook Comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top