Gadget

5 Cara Membuat Laptop Lama Menjadi Seperti Baru

JagoTips – Ingin membeli laptop baru namun belum memiliki budget yang cukup? Kalo begitu ga usah khawatir guys, sebab pada kesempatan kali ini siJago akan memberikan sebuah informasi menarik tentang cara membuat laptop lama menjadi seperti baru.

Bila kamu belum memiliki tabungan yang cukup untuk mengganti laptop lamamu, maka disarankan untuk mengikuti cara ini hingga kamu benar – benar memiliki uang yang cukup.

Mau tahu bagaimana sih cara membuat laptop lama menjadi seperti baru? Berikut ulasan lengkapnya.

Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : Tips Membersihkan Bagian Luar dan Dalam Laptop | Dijamin Kinclong!

Cara Membuat Laptop Lama Menjadi Seperti Baru

1. Membersihkan Laptop

cara membuat laptop Lama menjadi seperti baru

Cara pertama untuk membuat laptop lama menjadi seperti baru adalah membersihkan bagian luar pada laptop. Tak dapat dipungkiri lagi, apabila laptop sering digunakan maka tak akan luput dari yang namanya debu dan kotoran. Maka dari itu sebaiknya kamu coba membersihkan laptopmu dengan cara mengelapnya. Untuk melakukan hal ini cukuplah mudah, kamu hanya perlu menyiaplan kain yang lembut dan alkohol berkadar rendah, dan kemudian usapkan keseluruh permukaan laptop. Alkohol disini akan membantu kamu mempermudah pembersihan laptop, karena alkohol dapat membersihkan noda atau kotoran yang ada pada laptop dengan mudah.

Note: Tetapi disarankan untuk tidak menggunakan kain berbahan kasar. Sebab kain berbahan kasar nantinya dapat membuat permukaan laptop tergores.

2. Membersihkan Hardware

membuat laptop Lama menjadi seperti baru

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian hardware pada laptop anda. Hal ini sangatlah penting dilakukan terutama pada laptop yang sudah bertahun – tahun digunakan. Sebab dengan usia pemakaian yang cukup lama akan membuat gumpalan debu menempel pada hardware – hardware penting laptop, dan nantinya dapat mengganggu kerja laptop hingga menyebabkan kerusakan.

Cara membersihkannya pun dirasa cukuplah mudah. Kamu bisa menggunakan USB Vacuum Cleaner yang dapat dioperasikan melalui adaptor / charger smartphone. Atau bagi yang paham betul akan hardware laptop, kamu dapat membongkar casing laptop guna membersihkannya lebih mendetail.

Baca Juga : Tips Agar Laptop Kalian Awet Dipakai dan Tahan Lama

3. Menggunakan Casing Laptop

Bagaimana cara membuat laptop Lama menjadi seperti baru

Apabila cover pada laptop sudah usang dan warnanya sudah pudar, maka kamu dapat menggunakan cover atau casing baru guna memberikan tampilan baru serta mempercantik laptop hingga terlihat seperti baru. Untuk hal ini pun kamu tentunya dapat menggunakan casing bermotif atau casing bening sesuai dengan selera masing – masing.

4. Merapikan Storage Pada Laptop

cara mudah untuk membuat laptop Lama menjadi seperti baru

Apabila memori pada laptop sudah terlalu sesak (penuh), maka hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah merapikan file storage yang ada pada laptop tersebut. Kamu dapat menghapus beberapa file yang kamu anggap sudah tidak penting, menghapus file yang sudah tidak terpakai lagi, ataupun merapikan kembali dokumen – dokumen penting dan memidahkannya kepada eksternal storage seperti HDD eksternal atau flashdisk. Namun, apabila kamu tidak memiliki kedua perangkat tersebut, tak perlu khawatir, karena kamu dapat mengkompes file tadi kedalam bentuk winrar.

5. Upgrade RAM

cara mudah membuat laptop Lama menjadi seperti baru

Hal Terakhir untuk membuat laptop lama menjadi seperti baru ialah men-upgrade RAM (Random Access Memory). Hal ini bisa kamu lakukan apabila laptop kamu mulai menunjukan performa yang lambat. Apabila terjadi hal demikian, maka disarankan untuk men-upgrade RAM ke ukuran lebih besar. Misalnya laptop kamu memiliki ram ukuran 2 GB, tentunya kamu bisa menambahkan menjadi 4 GB, dan seterusnya.

Baca Juga : 5 Komponen Pada Laptop yang Wajib Kamu Jaga

Akhir Kata

Nah guys itulah beberapa cara mudah untuk membuat laptop lama menjadi seperti baru. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu, dan yang pastinya kamu dapat mengaplikasikannya dirumah agar laptop lama kamu terasa seperti baru lagi.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Facebook Comments

To Top