Gadget

7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

JagoTips – Hallo Sobat Jagotips, pada artikel kali ini SiJago akan memberitahukan cara memperbaiki keyboard yang error atau rusak secara tiba – tiba pada laptop.

Keyboard merupakan salah satu komponen yang sangat penting di dalam perangkat laptop. Komponen ini pun cukup rawan mengalami kerusakan apabila tidak dijaga dan dirawat dengan baik.

Apabila keyboard mengalami kerusakan, secara otomatis kita wajib mengetahui dulu apa yang menjadi penyebabnya, misalnya laptop terjatuh, terkena air, terkena debu, atau penyebab lainnya. Namun dalam beberapa kasus yang terjadi, keyboard bisa mengalami kerusakan atau error secara tiba – tiba tanpa kita mengetahui pengebab pastinya.

Apabila kita tidak mengetahui penyebab error atau rusak pada laptop, sebaiknya kita coba beberapa langkah darurat. Mau tahu apa saja langkah darurat yang bisa kamu lakukan? Simak artikel ini sampai habis ya!

Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : Mengenal 8 Macam Bunyi Beep Pada Komputer dan Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard yang Error atau Rusak Pada Laptop

1.Restart Laptop

keyboard laptop

langkah pertama yang perlu kamu lakukan apabila keyboard laptop mengalami error atau kerusakan secara tiba – tiba ialah merestart laptop.

Dengan merestart kembali laptop diyakini dapat memperbaiki masalah pada sistem operasi (OS) secara langsung.

Apabila laptop mengalami hang dan tidak bisa dilakukan restart, cobalah untuk menekan tombol power yang ada pada perangkat selama beberapa detik.

2.Periksa Num Lock

keyboard laptop error

Hal lain yang dapat menyebabkan error pada keyboard laptop ialah aktifnya Num Lock. Untuk mematikan Num Lock, kamu dapat menekan tombol ‘FN ‘ dan ‘NumLk’ atau ‘Caps Lock’ dan ‘NumLk’ secara bersamaan. Tetapi ada beberapa jenis laptop yang memiliki kombinasi tersendiri untuk mematikan fitur ini.

3.Masalah Pada Driver

keyboard laptop rusak

Selanjutnya yang bisa mengakibatkan keyboard laptop error atau rusak secara tiba – tiba ialah kesalahan pada driver. Hal ini biasanya terjadi apabila kamu melakukan install ulang pada laptop.

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan kamu lohat device manager dan cek pada bagian keyboard.

Apabila dibagian tersebut terdapat ‘tanda seru dengan segitiga berwarna kuning’ maka dapat dipastikan driver keyboard mengalami masalah.

4.Lakukan Restore System

keyboard laptop error tiba tiba

Langkah selanjutnya untuk memperbaiki keyboard error atau rusak secara tiba – tiba adalah dengan melakukan system restore.

Dengan system restore ini memungkinkan kamu untuk kembali pada keadaan dmana kerusakan atau error belum terjadi.

Baca Juga : 5 Komponen Pada Laptop yang Wajib Kamu Jaga

5.Bersihkan Debu yang Melekat Pada Keyboard

keyboard laptop rusak tiba tiba

Salah satu hal yang dapat menyebabkan keyboard error atau rusak ialah debu yang mengendap pada keyboard. Debu ini ternyata dapat menutupi komponen yang ada di dalam laptop.

Maka dari itu, apabila laptop kamu mengalami error atau kerusakan pada keyboard, sebaiknya coba untuk membersihkan debu – debu yang ada di dalam keyboard dengan bantuan alat khusus seperti mini vacum cleaner atau kuas halus yang diperuntukan untuk laptop atau pc.

6.Reset Laptop

mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi

Apabila keyboard mengalami kerusakan atau error secara tiba – tiba cobalah untuk melakukan reset.

Cara untuk melakukan reset pada laptop cukuplah mudah. Pertama kamu matikan laptop atau shut down, lalu lepaskan baterai dan kabel adapter dan diamkan selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu tekan dan tahan tombol power selama 1 menit. Apabila langkah itu seudah dilakukan, kamu bisa memasang kembali baterai dan menghidupkan laptop.

7.Konektor terlepas

keyboard laptop tidak berfungsi

Kemungkinan lain yang dapat menyebabkan keyboard laptop error atau rusak secara tiba – tiba adalah adanya masalah pada konektor. Cobalah untuk memeriksa konektor apakah ada renggang, tertekuk, terlepas, atau konektor mengalami kerusakan.

Tetapi langkah ini hanya boleh kamu lakukan apabila kamu memang mengerti cara membuka atau membongkar laptop. Apabila kamu tidak terlalu mengerti sebaiknya meminta bantuan kepada pihak lain atau toko service.

Baca Juga : Tips Agar Laptop Kalian Awet Dipakai dan Tahan Lama

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi error atau rusak keyboard laptop secara tiba – tiba. Semoga artikel ini dapat membantu kalian, guys!

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Facebook Comments

To Top