Android

Lemot? 6 Cara Mempercepat Koneksi Internet pada Perangkat Android

JagoTips – Hallo sobat JagoTips, pada kesempatan ini siJago akan membahas tentang tata cara mempercepat koneksi internet pada perangkat android.

Internet merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan pada era teknologi seperti saat ini. Kecepatan internet menjadi suatu hal yang wajib bagi setiap penggunanya.

Namun bagaimana jadinya apabila koneksi internet mengalami penurunan kecepatan atau dengan kata lain ‘Lemot’? Hal ini tentunya akan membuat jengah sang pengguna.

Nah siJago punya beberapa tips dan trik agar koneksi internet pada perangkat android kamu menjadi lebih cepat. Mau tahu bagaimana caranya? Simak selengkapnya ya guys!

Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : Tips dan Trik Membuka Internet Positif di PC dan Smartphone

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

1. Hapus Cache

internet cepat

Salah satu hal yang mampu mengurangi kecepatan koneksi internet pada androit ialah cache. Cache yang menumpuk pada perangkat akan membuat ponsel menjadi lemot, dan juga akan mengindikasikan kepada kecepatan internet. Maka dari itu sebaiknya hapus secara rutin cache yang ada pada perangkat kamu.

2. Gunakan Ad-Blocker

mempercepat koneksi internet

Saat sedang berselancar di dunia internet kemungkinan besar kamu akan menemukan tampilan iklan yang tidak diundang. Iklan – iklan yang kerap muncul ini secara tidak langsung ternyata mampu membuat koneksi internet menjadi lambat.

Mengapa bisa demikian? Sebab iklan yang kerap muncul pada saat kamu mengakses suatu situs akan memakan data internet dan juga menyebabkan loading menjadi lambat. Maka dari itu sebaiknya gunakan ad blocker pada saat kamu berselancar di dunia digital.

3. Matikan Tethering

mempercepat koneksi internet pada perangkat android

Hal selanjutnya yang bisa membuat koneksi internet menjadi lambat ialah fitur tethering yang aktif. Tethering merupakan sebuah fitur yang mampu merubah fungsi ponsel menjadi Wi-Fi.

Apabila fitur ini diaktifkan maka secara langsung akan membuat koneksi yang kamu miliki menjadi koneksi bersama dengan perangkat lain yang tersambung.

Apabila demikian, maka koneksi kamu secara perlahan menjadi sedikit berkurang kecepatannya. Sebab koneksi yang harusnya digunakan sendiri oleh kamu, jadi digunakan oleh dua atau tiga atau bahkan lebih pengguna di waktu bersamaan.

Maka dari itu Jagotips sarankan untuk mematikan fungsi ini agar koneksi yang kamu miliki tidak mengalami penurunan kecepatan.

4. Gunakan Aplikasi VPN

mempercepat koneksi internet pada android

VPN merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk membuka konten yang di blokir oleh pemerintah. Tetapi perlu kamu ketahui, VPN juga dapat berguna untuk mempercepat koneksi internet yang kamu miliki. Tetapi perlu diingat, cobalah cari aplikasi VPN yang memang terpercaya dan aman digunakan. Sebab, banyak aplikasi VPN yang cukup berbahaya saat ini.

Baca Juga : Apa Itu VPN dan Bagaimana Cara Kerjanya?

5. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Tidak menutup program atau aplikasi yang sudah tidak digunakan ternyata mampu membuat performa smartphone menjadi lamban. Bukan hanya itu saja, ternyata kebiasaan ini mampu menyebabkan koneksi internet menjadi lemot. Cobalah untuk selalu menutup aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan, agar ponsel dan koneksi milikmu tidak mengalami penurunan performa.

6. Aktifkan Fitur Data Saver

Hal terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat koneksi internet pada perangkat android ialah dengan menggunakan fitur data saver pada saat browsing.

Fitur ini memiliki beberapa fungsi yang bisa sangat berguna, selain mempercepat koneksi internet, fitur ini mampu menghemat kuota data internetmu juga. Sebab pada saat kamu menjelajahi suatu situs atau web, semua gambar yang ada di web tersebut akan dikompres terlebih dahulu.

Baca Juga : 7 Negara di Dunia Dengan Biaya Internet Yang Mahal Banget

Akhir Kata

Nah itulah guys tata cara untuk mempercepat koneksi internet pada perangkat android. Gunakanlah cara – cara diatas apabila koneksi internet pada perangkatmu mengalami penurunan kecepatan.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Facebook Comments

To Top