Tech Tips

Cara Memperkuat Signal Pada Saat Mudik Lebaran

Memperkuat Sinyal

Jagotips – Memang tak bisa dipungkiri, pada saat lebaran akan menjadi hari dimana smartphone sangat sulit sekali mendapatkan sinyal. Padahal sinyal merupakan aspek paling penting dalam kinerja sebuah perangkat.

Oleh karena itu jika terjadi masalah dengan sinyal apalagi pada saat momen lebaran akan sangat menjengkelkan. Sebab kalian akan sulit untuk memberikan ataupun membalas ucapan kerabat, teman, maupun keluarga yang berada jauh dari daerah kalian.

Hal tersebut tentunya menjadi pengganggu komunikasi yang  sedang berjalan. Tapi tenang sobat Jagotips, kami memliki beberapa tips ampuh yang dapat kalian gunakan pada saat sinyal ponsel melemah atau hilang.Mau tahu bagaimana caranya memperkuat sinyal kalian,

Berikut Trik Memperkuat Signal :

1. Atur, sesuaikan dan kunci jaringan smartphone

Memperkuat Sinyal
Memperkuat Sinyal – JagoTips

Untuk pengguna android, kalian dapat mengunci jaringan yang ingin kalian gunakan. Cara ini bermaksud guna mengantisipasi sinyal yang hilang karena pengaturan jaringan yang tidak tepat, atau jaringan yang kerap bergonta – ganti.

Selain itu pengaturan ini berfungsi untuk menyesuaikan ketersediaan jaringan di lokasi anda berada. Misalnya lokasi tempat anda berada hanya tersedia jaringan tertentu (3G atau 4G). Cara untuk mengunci jaringan kalian hanya tinggal masuk ke pengaturan atau setting, lalu pilih SIM Card & jaringan seluler atau mobile networks, dan tinggal klik nama provider kalian. Setelah masuk kedalam setingan SIM Card, pilihlah tipe jaringan prioritas.

2. Pergi keruangan terbuka

Ini adalah cara yang paling mudah dilakukan kalian guna mendapatnya sinya yang baik untuk smartphone. Ketika kalian kedapatan mengalami sinyal lemah, mungkin salah satu faktornya adalah tempat atau ruangan kita yang menyebabkan smartphone kita tidak dapat menangkap sinyal dengan baik.

Demi mengatasi masalah tersebut, kalian dianjurkan untuk pergi ke ruangan terbuka demi mendapatkan sinyal yang lebih baik.

3. Cek baterai Ponsel

Memperkuat Sinyal
Memperkuat Sinyal – JagoTips

Jika kalian mengalami delay pada saat mengirim atau menerima pesan, cobalah untuk mengecek baterai ponsel. Mengapa demikian, karena smartphone biasanya menerapkan mode penghematan daya saat daya baterai melemah.

Mode ini berakibat memutus sementara koneksi ke suatu jaringan, karena untuk memindahkan suatu koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain memang membutuhkan banyak daya.

4. Membuka jendela

Memperkuat Sinyal
Memperkuat Sinyal – JagoTips

Membuka jendela pada saat sinyal melemah merupakan cara yang wajib anda coba. Mengapa demikian,karena dengan cara ini sinyal yang di pancarkan dari luar akan bisa ditangkap dengan mudah oleh ponsel tanpa harus menembus suatu penghalang (kaca)

Hal ini dapat kalian lakukan pada saat dirumah ataupun pada saat berkendara menggunakan mobil.

5. Trik Airplane Mode

Memperkuat Sinyal
Memperkuat Sinyal – JagoTips

Salah satu trik untuk memperkuat sinyal smartphone adalah dengan cara mengaktifkan airplane mode. Dengan mengaktifkan airplane mode selama beberapa detik diyakini dapat merefresh sinyal di smartphone milik kalian.

Mengapa demikian, sebab dengan mengaktifkan airplane mode, maka koneksi ke jaringan operator seluler akan terefresh, dan mencari sinyal kembali dengan menghubungkan ke pemancar sinyal terdekat saat data kembali aktif.

Kalian dapat menggunakan trik ini ketika sinyal pada smartphone sedang kurang baik, atau sebelum melakukan panggilan.

6. Trik untuk Wi-fi

Salah satu penyebab sinyal kurang baik bisa jadi karena router Wi-Fi. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mematikan dan menyalakan kembali (restart) router tersebut.

7. Gunakan aplikasi tambahan

Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memperkuat sinyal smartphone, misalnya seperti Connetion Stabilizer Booster, Signal Guard Free, Network Signal Speed Booser.

Aplikasi – aplikasi tersebut berperan untuk mengembalikan jaringan yang lemah, selain itu kalian pun dapat memantau status sinyal smartphone dengan sangat mudah.

8. Dekati pemancar sinyal

Memperkuat Sinyal
Memperkuat Sinyal – JagoTips

Untuk melakukan cara ini, kalian harus mengunduh dan menginstal aplikasi Open Signal. Aplikasi ini dapat digunakan guna membantu kalian mengetahui ada berapa menara pemancar sinyal di sekitarmu.

Setelah mengetahui pemancar terdekat, kalian bisa berjalan mendekat kea rah pemancar guna mendapatkan sinyal yang lebih baik. Itulah beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk memperkuat sinyal terbaik pada saat momen hari raya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua, dan kalian dapat mengaplikasikannya.

Comments

Banyak Dibaca

To Top