Tech Info

Cara Mengakses Deep Web

cara mengakses deepweb

JagoTips ─ Sebelumnya sudahkah kalian mendengar  istilah deep web? Jika belum, maka kalian perlu menyimak artikel ini dengan baik. Bila perlu baca sampai tuntas, pasalnya di sini akan dikupas mengenai deep web. Mungkin yang kalian ketahui tentang internet sebatas permukaannya saja. Bila ditelusuri jauh lagi, maka nantinya kalian akan menemukan deep web dan dark web.

Apa sih sebenarnya deep web itu?

Secara harfiah, deep web umumnya memuat konten rahasia yang tidak bisa diakses oleh semua orang. Jadi deep web itu semacam isi dari internet itu sendiri. Kegiatan yang bisa kalian nikmati seperti streaming video, mengecek email kerja, belanja online, browsing internet, sosial media seperti Facebook, Twitter, instagram dan aktivitas lain masih termasuk pada bagian ini.

Istilahnya semua aktivitas tersebut masih terbuka secara umum dan bisa diakses melalui mesin pencari (search engine) melalui Google dan Bing. Tindakan itu masih termasuk dalam surface web. Ada beberapa langkah mudah untuk bisa masuk ke deep web dengan aman.

Berikut ini ialah cara untuk mengakses deep web :

Menggunakan Deep Web Directory

Sebelum berselancar ke deep web, kalian perlu memastikan untuk masuk ke situs yang mana. Jika masih bingung kalian bisa mencarinya lewat web directory. Salah satu web directory paling populer yaitu lewat  Hidden Wiki. Di sini kalian bisa menemukan banyak alamat website deep web yang bisa dikunjungi lengkap dengan kontennya. Tenang saja, karena nantinya kalian akan dipandu.

Mengunakan Tor Browser

Kemudian cara mengakses deep web selanjutnya kalian juga bisa melalui Tor Browser. Cara ini juga bisa dibilang paling populer bagi para penikmat deep web. Pastikan jika kalian mengunakan Tor Browser yang memiliki sistem keamanan yang tangguh. Tor Browser nantinya akan secara otomatis menyembunyikan identitas dan privasi kalian.

Umumnya situs-situs deep web yang menggunakan domain tidak bisa diakses dengan browser biasa. Misalnya seperti Google Chrome, kemudian Firefox bahkan Safari.

Aplikasi Keamanan Lain

Kalau menggunakan Tor browser kalian masih merasa belum bisa masuk lebih dalam lagi sepertinya kalian perlu mencoba dengan VPN. Ya tentunya bukan sembarangan VPN. Tahukah kalian kalau ada satu VPN yang selama ini sering sekali digunakan untuk mengakses deep web. Namanya Alphabay.

Cara mengakses deeb web lain dengan menggunakan sistem operasi Tails. Sistem ini dipasang di komputer kalian untuk memberikan fungsi yang mirip dengan VPN itu sendiri. Berikutnya bisa juga dengan Pretty Good Privacy (PGP) yang dengan sistem enkripsi online yang cukup rumit.

Lantas apa saja sih yang bisa ditemukan ketika mengakses deep web, mari lihat rangkuman berikut ini:

Pasar Gelap Ilegal

Pertama kalian bisa menemukan Pada pasar gelap. Dan sesuai dengan namanya artinya terdapat berbagai barang ilegal dan berbahaya yang bisa kalian temukan di dark web. Mulai barang-barang palsu, narkoba dan obat-obatan terlarang. Bahkan ada pula senjata api, software bajakan, carding, organ tubuh manusia, dan pastinya ada banyak sekali layanan ilegal lainnya. Mengerikan memang.

Mata Uang Digital

Berikutnya kalian akan menemukan mata uang digital alias cryptocurrency misalnya seperti bitcoin yang memang sedang melambung belakangan ini. Jenis mata uang ini dijadikan sebagai sarana transfer uang secara anonim dalam berbagai transaksi. Dan pada umumnya biasa dimanfaatkan untuk melakukan pencucian uang dan transaksi ilegal lain.

Grup Hacker

Nah, yang lebih seru bila kalian bisa mengakses deep web di sana kalian akan bertemu dengan kelompok hacker profesional sering berkumpul. Mereka  melakukan perbincangan secara online di deep web. Baik itu dilakukan untuk saling berkomunikasi atau menjual kemampuannya kepada orang-orang yang membutuhkan jasa para hacker profesional. Kedengarannya sangat menarik ya.

Komunitas Rahasia

Begitu berselancar di deep web kalian akan menemukan banyak hal. Bisa saja kalian menemui sebuah komunitas rahasia yaitu di mana ada banyak orang yang berkumpul untuk saling berkomunikasi di jaringan deep web. Untuk apa? Jawabannya begitu simpel. Salah satu keunggulan berkomunikasi lewat deep web yaitu tidak ada lagi masalah privasi dan pengambilan data yang dilakukan. Seperti mengakses jaringan seperti Facebook, Twitter, dan bahkan Google sekalipun.

Selain itu ada cara mengakses deep web melalui PC. Simak cara sebagai berikut:

Pertama dimulai dari pencurian data hingga perangkat komputer terinfeksi virus. Hati-hati ya karena cara ini cukup berbahaya. Langkah awal: kalian harus menggunakan perangkat PC yang sudah menggunakan sistem operasi OS Tails atau The Amnesic Incognito Live System. OS ini merupakan pengembangan dari OS Linux dan tentunya dengan tingkat keamanan dan kerahasiaan tinggi.

Langkah kedua: install TOR Browser. TOR Browser sendiri merupakan software browser khusus yang memang didesain untuk mengakses deep web. Langkah ketiga: kalian bisa menggunakan jaringan VPN (Virtual Private Network) untuk me-masking data pribadi kalian agar tidak tersebar di internet.

Langkah keempat : pastikan kalian buat perencanaan sebelum menjelajah ke deep web. Mengapa? Karena nantinya kalian kalian akan tahu jika hal ini sangat berpotensi tinggi menjadi sasaran serangan hacker atau virus. Terakhir, kalian tinggal membuka TOR Browser di perangkat komputer yang bisa kalian gunakan untuk beberapa situs untuk menelusuri deep web.Itulah cara mengakses deep web yang pastinya menyimpan banyak sekali rahasia. Oleh karena itu akan sangat menyenangkan sekali bila kalian bisa menjelajah di sana dan bertemu dengan kelompok rahasia seperti hacker misalnya.

Facebook Comments

Banyak Dibaca

To Top