Gadget

Cara Mengetahui Penyebab computer Tidak Mau Menyala

Jagotips – Hallo sobat Jagotips, pernah mengalami masalah komputer yang tidak ingin menyala sama sekali? Pasti kalian merasa bingung akan hal ini, dan hal paling sering dilakukan hanya mengira-ngira komponen yang rusak.

Guna mengatasi komputer yang tidak mau menyala sama sekali kalian harus mengecek beberapa komponen atau jalur yang penting guna memastikan komponen apa yang bermasalah, atau harus diganti.

Berikut cara mengetahuinya :
1. Arus Listrik / Kabel

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengecek kabel yang terhubung kedalam CPU atau Power Supply. Ketahui apakah kabel masih bagus atau sudah tidak bisa mengalirkan arus ke CPU atau Power Supply. Kalian bisa gunakan kabel lainnya dengan tipe sama.

2. Power Supply

Jika langkah pertama sudah kalian lakukan, dan ternyata kabel kalian tidak ada masalah, cobalah untuk mengecek Power supply.

Cara mengeceknya apakah Power Supply anda baik-baik saja atau tidak dengan melihat kipas dibelakang power supply berputar atau tidak. Jika tidak berputar kemungkinan power supply anda bermasalah.

3. Motherboard

Jika dua item yang telah kalian cek terdeteksi normal, kalian harus melakukan pengecekan terhadap motherboard atau Mainboard.

Cara mengeceknya dengan melihat komponen pada motherboard atau mainboard ada yang melembung atau tidak.

Kalian harus memeriksa dengan eliti ELCO yang terdapat pada komponen mainboard.

Jika memang terdapat ELCO yang menggembung atau melepuh, kalian bisa mencoba menggantinya (tapi tidak disarankan bagi yang awam) , atau dengan membawanya ke tempat service agar aman.

4. Proccessor

Sebenarnya komponen ini jarang sekali rusak, namun pada beberapa kejadian hal ini bisa terjadi pada processor.

Untuk memastikannya kalian bisa membongkar processor dan membersihkannya terlebih dahulu, atau mengecek penempatan processor apa sudah benar atau belum.

5. Tombol Power Casing

Untuk memsatikan tombol power anda aman atau tidak, kalian bisa mencopot kabel power dan restart pada mainboard kalian. Setelah itu kalian gunakan obeng untuk mencoba menyalakan computer kalian. Caranya dengan menyatukan sisi ke sisi panel lainnya untuk power.

Semoga artikel ini bermanfaaat bagi kalian, selamat mencoba dirumah guys!

Facebook Comments

Cara Mengetahui Penyebab computer Tidak Mau Menyala
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banyak Dibaca

To Top