Lifestyle

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Hasilnya Pasti

cara menghilangkan ketombe

JagoTips – Ketombe merupakan satu masalah rambut dan kulit kepala yang dialami oleh banyak orang. Permasalahan ketombe dapat berujung kepada krisis kepercayaan diri yang besar. Apalagi ketika berada di lingkungan banyak orang.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi perkembangan ketombe di kulit kepala. Mulai dari sebab fisik, hormonal, hingga yang berbasis kejiwaan. Yang pasti, sebab paling utama adalah karena kurangnya kebersihan. Kebersihan rambut dan kulit kepala harus dijaga dengan teratur agar ketombe tetap terkontrol.

Artikel ini akan menyajikan cara menghilangkan ketombe secara alami dengan hasil pasti. Simak baik-baik, ya.

1. Lidah Buaya

Keandalan lidah buaya telah dipercaya sejak lama untuk menutrisi tambut dan kulit kepala. Hampir setiap produk kecantikan dan perawatan rambut menggunakn ekstrak lidah buaya sebagai bahan utama.

Ada 2 efek lidah buaya yang membuatnya dapat mengendalikan ketombe.

  1. Memberikan nutrisi yang menguatkan sel-sel rambut dan kulit kepala.
  2. Membersihkan dan mengangkat debu dan sel kulit mati yang merupakan bahan dasar ketombe.

Dengan demikian, ekstrak aloe vera ini menjadi cara menghilangkan ketombe secara alami yang paling baik.

Cara menggunakan aloe vera ini sangatlah mudah. Ambil 1 batang lidah buaya dan patahkan di tengah. Keluarkan gel yang berada di dalamnya, lalu  oleskan secara merata ke rambut dan kulit kepala. Diamkan gel lidah biaya tersebut selama 10 – 15 menit, kemudian bias dengan air.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu ramuan turun-temurun warisan nusantara yang sangat baik merawat kesehatan rambut. Kandungan vitamin E pada minyak kelapa memberikan nutrisi yang bagus bagi akar rambut.

Selain itu, minyak kelapa mencegah kelembaban yang berlebihan, yang menjadi sebab tumbuhnya jamur. Jamur ini termasuk penghasil ketombe yang paling produktif dalam menghancurkan kulit kepala.

Cara menggunakan minyak kelapa juga tidaklah sulit. Sediakan sekitar 1 sendok makan minyak kelapa dan balurkan ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Sebelumnya, pastikan rambut dak kulit kepala dalam keadaan kering agar minyak keapa dapat meresap dengan baik.

Diamkan minyak kelapa selama 30 – 40 menit, lalu bilas dengan air dan shampoo.

3. Minyak Kemiri

Minyak kemiri dengan minyak kelapa biasanya digunakan sebagai pelengkap satu sama lain. Minyak kemiri sebagai penumbuh dan minyak kelapa sebagai perawatan rambut.

Ternyata, minyak kemiri juga dapat digunakan untuk perawatan rambut berketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kemiri seperti ketika menggunakan minyak kelapa. Balur seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, lalu cuci rambut dengan air dan shampoo.

Penggunaan minyak kemiri hendaknya ketika rambut masih pendek. Sehingga rambut dapat tumbuh dengan cepat dan bebas ketombe. Setelah rambut cukup panjang, perawatan dapat beralih menggunakan minyak kelapa agar rambut tetap sehat, berkilau, dan bebas ketombe.

4. Cuka Apel

Cuka apel dikenal sebagai supplemen untuk segala kebaikan tubuh. Jika dikonsumsi secara teratur, ia dapat meningkatkan ketahanan tubuh secara keseluruhan dengan kandungan antioksidan yang tinggi.

Cuka apel ternya dapat digunakan juga untuk menghilangkan ketombe. Kandungan asam dan antioksidannya dapat mengurangi jamur dan bakteri penghasil ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel cukup mudah. Masukkan seperempat gelas cuka apel ke dalam botol. Tambahkan sekitar 500 ml air dan kocok agar cuka apel dan airnya tercampur dengan baik.

Masukkan campuran tersebut ke dalam botol spray dan semprotkan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut dan kulit kepala dengan handuk, diamkan selama 30 – 60 menit. Kemudian basuh rambut dan kulit kepala dengan air (tanpa shampoo) hingga bersih.

5. Baking Soda

Baking soda lebih dikenal sebagai bahan masakan untuk membuat roti, kue, dan semacamnya. Siapa sangka bahwa baking soda juga memiliki potensi untuk digunakan sebagai bahan perawatan rambut dan kulit kepala.

Manfaat ini kemungkinan timbul dari efek hidrofobik dan absorpsinya yang kuat. Sehingga mampu membersihkan kulit kepala dan rambut dari debu dan sel kulit mati penyebab ketombe.

Caranya dengan mencampur baking soda dengan air hingga terbentuk emulsi. Balurkan emulsi tersebut ke permukaan rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan hingga beberapa waktu, lalu bilas dengan air (tanpa shampoo) sampai bersih.

6. Lemon dan Jeruk Nipis

Tak jauh berbeda dengan cuka apel, lemon dan jeruk nipis juga dapat menjadi cara menghilangkan ketombe yang alami. Sifat asam dari lemon dan jeruk nipis memberikan efek yang sama dengan cuka apel.

Penggunaan lemon dan jeruk nipis untuk perawatan dilakukan dengan membelah kedua buah tersebut. Kemudian, oleskan secara merata ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa waktu, lalu bilas dengan air sampai  bersih.

Hati-hati dalam menggunakan kedua bahan ini agar tidak sampai mengenai mata. Karena selain berbahaya, efeknya juga sangat menyakitkan.

Hati-Hati dalam Perawatan

Menggunakan bahan alami memang relatif lebih baik daripada bahan kimia. Meskipun begitu, jika tidak dilakukan dengan hati-hati, dapat memberikan efek samping yang tidak baik.

Contoh, penggunaan bahan berdasar asam seperti cuka apel, lemon, dan jeruk nipis dapat berbahaya jika mengenai selaput mata. Begitu juga penggunaan soda kue yang berlebihan, dapat justru merusak lapisan keratin rambut. Oleh karena itu, selalu berhati-hati dalam melakukan apapun akan sangat bagus.Demkian tadi 6 cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami dan hasil pasti. Silakan dicoba dan jangan lupa berbagi.

Facebook Comments

Banyak Dibaca

To Top