Uncategorized

3 Cara Mudah Mengubah MP4 ke MP3

mp4 to mp3

JagoTips – Saat berselancar di internet, mungkin ada yang pernah beberapa kali menemukan video dengan backsound yang bagus. Biasanya akan timbul keinginan untuk mendengarkan soundtrack tersebut tanpa harus memutar video. Untuk itu, ada cara mudah mengubah mp4 ke mp3.

Untuk mengubah mp4 ke mp3 akan membutuhkan bantuan sebuah perangkat lunak yang disebut converter. Perangkat lunak ini bisa didapatkan secara gratis ataupun berbayar.

Ada 3 cara untuk memanfaatkan converter ini, yaitu: secara online, melalui smartphone, atau komputer PC/Laptop.

1. Converter Online

Converter online dapat mengubah mp4 ke mp3 secara online, alias membutuhkan koneksi internet. Untuk mendapatkan hasilnya, kita perlu mendownloadnya dari link hasil konversi yang disedakan.

Keunggulan converter online adalah kita dapat langsung memberikan link video yang ingin dikonversi. Converter ini kemudian akan melakukan konversi video langsung dari  link tersebut dan memberikan link audio hasil konversi.

Dengan cara ini, kita tak perlu menghabiskan waktu atau kuota untuk mendownload videonya terlebih dahulu.

Catatan: link video haruslah berupa direct link ke video tersebut. Link yang berupa link perantara seperti dari mediashare, dan semacamnya tidak dapat digunakan. Jadi, dapatkan dulu direct link ke video tersebut.

Contoh converter online sebagai berikut.

Online Audio Converter

Online Audio Converter merupakan converter online video-audio terlengkap dan termudah yang pernah ada. Penggunaannya sangat mudah sehingga begitu sampai di situsnya, tak perlu merasa kebingungan. Hanya perlu 3 kali klik untuk mengubah mp4 ke mp3

Tidak hanya mengubah mp4 ke mp3, Online Audio Converter ini mendukung lebih dari 300 jenis file. Jadi tak perlu khawatir video yang ingin kita konversi tak didukung. Bagusnya lagi, situs ini sudah dirilis dalam bahasa Indonesia. Jadi, dijamin tidak akan kesusahan

Penasaran? Langsung saja ke situsnya langsung di https://www.online-audio-converter.com

10 Daftar Online Converter

Ada banyak situs setipe dengan Online Audio Converter. Jika mau, kita bisa mencoba di daftar situs converter berikut.

Kelemahan utama dari converter online adalah kita perlu terkoneksi ke internet. Jika file video yang ingin kita ubah ada di laptop atau  PC, kita terpaksa harus mengunggahnya terlebih dahulu. Ini tentu memakan waktu dan kuota.

Oleh karena itu, perangkat lunak converter online lebih baik digunakan untuk file yang memang sudah berada di internet.

2. Converter Offline

Converter Offline merupakan solusi bagi yang ingin mengubah mp4 ke mp3 tanpa harus terhubung ke internet. Misalnya, file video yang ingin diubah sudah ada di hardisk, berarti tak perlu mengunggahnya lagi. Cukup menggunakan software converter offline.

Ada 2 tipe software converter offline yang dapat digunakan. Pertama yang berupa video editor, kedua yang memang murni converter  saja.

Sofware Video Editor

Software ini tidak secara spesifik ditujukan untuk mengubah video menjadi mp3. Fitur video ke mp3 ini hanya merupakan fitur pendukung dari video editor ini. Karena itu, untuk mengubah video menjadi suara/musik harus melalui fasilitas “Save As” dari menu  file.

Baca Juga : 5 Aplikasi Editor Video Terbaik Yang Hobi Upload di Medsos

Daftar software video editor yang dapat digunakan sebagai berikut.

  1. AVS Video Editor
  2. Sony Vegas Pro 13
  3. Virtual Dub
  4. VideoPad Video Editor
  5. Corel Video Studio
  6. Adobe Premiere Pro
  7. Camtasia Studio
  8. Pinnacle Studio
  9. VSDC
  10.  CineFX Jashaka

Software Converter Video

Software ini biasanya memang sengaja dibuat untuk tujuan konversi video saja. Converter Video tidak dapat digunakan untuk mengedit video.

Kelebihan dari software tipe ini adalah kemudahannya dalam mengonversi video. Fiturnya beda dengan video editor yang menuntut file video harus dikonversi satu per satu. Software ini bisa mengkonversi banyak video sekaligus. Konversi pun dapat dilakukan dengan cepat karena hanya membutuhkan 3 kali klik saja.

Daftar software converter video yang dapat digunakan sebagai berikut.

  1. Any Video Converter
  2. Format Factory
  3. Freemake Video Converter
  4. Total Video Converter
  5. Free Video Converter
  6. Full Video Converter
  7. Prism Video File Converter
  8. XMedia Record
  9. Free Video to MP3 Converter
  10.  Convertilla

3. Converter Android Apps

Aplikasi ini digunakan untuk mengubah mp4 ke mp3 pada smartphone Android. Ini menjadi solusi  bagi  mereka yang sudah menyimpan file video di smarpthone. Sehingga tidak harus memindahkan file tersebut ke PC terlebih dahulu, atau menghabiskan kuota internet untuk menggunakan vonverter online.

Berikut daftar aplikasi converter video ke mp3 yang bisa didownload di playstore.

  1. Inshot Video to MP3 Converter
  2. Springwalk MP3 Video Converter
  3. Accountlab Video to MP3 Converter
  4. Pix Team MP3 Video Converter
  5. Rimal Capital
  6. TMN Convert Video to MP3
  7. Donna Danley Video to MP3
  8. Video to MP3
  9.  SimDev Video Converter

Kesimpulan dan Penutup

Mengubah mp4 ke mp3 sangat mudah dengan menggunakan video converter. Ada 3 macam video converter yang dapat digunakan: online, offline for PC, dan Android Apps. Tinggal pilih mana yang paling sesuai kebutuhan.

Facebook Comments

Banyak Dibaca

To Top