Tech Tips

Cara Print Bolak Balik

cara print bolak balik

JagoTips ─ Ketika mengerjakan tugas baik tugas kantor, kuliah atau sekolah kadang kita memerlukan kertas yang lebih hemat. Itu artinya pekerjaan yang kita buat lebih efisien dan tidak boros kertas. Oleh karena itulah perlu menyiasati dengan print bolak balik. Selain menghemat kertas juga menghemat ruang. Artinya tugas tidak terlalu tebal.

Cara paling efektif dan efisien dalam print bolak balik yaitu dapat melakukan dengan mecetak di dua sisi selembar kertas. Sehingga dengan begini bisa meminimalisir terjadinya pemborosan kertas. Mungkin ketika mencetak selembar dua lembar tidak akan terasa. Tetapi jika sudah mencetak hingga puluhan hingga ratusan halaman akan terasa sekali. Dan bayangkan saja jika di print secara pisah. Entah berapa ring kertas yang dibutuhkan.  

Mencetak atau print secara bolak balik rupanya bukan hanya bisa dilakukan dalam bentuk MS. Word saja loh, tetapi juga dalam bentuk PDF dan Excel bisa. Beberapa printer yang dipercaya bisa melakukan hal tersebut yaitu Epson, HP, Canon, Fuji, dan lain-lain. Kalian tinggal pilih saja mana yang kalian minati. Sayangnya masih banyak sekali orang yang belum tahu cara print bolak balik.

Caca print bolak balik di Word kalian bisa menggunakan dua cara. Di antaranya yaitu secara otomatis dan manual. Cara yang bisa dilakukan untuk mencetak dokumen pada bagian depan dan belakang secara otomatis, kalian tentu perlu mesin printer khusus yang mendukung duplex printing.

Duplex printing ini sendiri merupakan sebuah fitur pada printer yang dapat mencetak selembar kertas pada kedua sisi secara otomatis. Jika printer yang kalian miliki tidak mendukung duplex, maka kalian bisa mencetak bolak-balik secara manual. Masih bungung bagaimana caranya, kalian bisa menyimak uraian berikut ini.

Berikut cara print bolak balik lengkapnya:

secara Otomatis

Pertama kalian harus bisa pastikan bila printer yang kalian miliki telah mengusung percetakan duplex. Dengan begitu kalian bisa mencetaknya secara bolak balik. Nah, berikutnya yang perlu kalian tahu beberapa tipe printer bahkan sudah menyediakan fitur pengaturan otomatis yang bisa mencetak dokumen duplex tanpa mengatur secara manual.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, kalian perlu memberi tanda centang pada menu “Double-Sided Printing” pada bagian bawah pengaturan printer. Sehingga ketika ingin melakukan print banyak dokumen kalian tidak perlu lagi menggulanginya. Tinggal print saja. Namun, jika printer yang kalian miliki tidak menyediakan fitur otomatis, maka kalian perlu mengatur secara manual. Caranya yaitu dengan mengubah pengaturan default menjadi duplex printing. Begitulah secara otomatis yang membantu panduan kalian cara print bolak balik.

secara Manual

Berikutnya cara print bolak balik secara manual. Cara ini biasanya dilakukan ketika printer yang kalian punya tidak mendukung pencetakan duplex. Sehingga kalian perlu melakukannya secara manual. Saat mencetak duplex secara manual, Microsoft Word nantinya akan mencetak di kedua sisi lembar kertas secara bergantian. Berikut panduannya:

  1. Masuk pada kotak dialog print yang ada di bawah aplikasi printer.
  2. Kemudian, pilih pada menu “Print On Both Side”, dan pilih “Yes Flip Over”.
  3. Setelah itu scroll ke bawah dan pilih “Manual Duplex”, lalu simpan pengaturan tersebut.
  4. Lalu kembali ke dokumen Word. Print dokumen dan Word akan meminta Anda untuk memasukkan ke halaman untuk dicetak pada bagian sisi kertas berikutnya.

Selain cara di atas, kalian juga bisa menggunakan cara lain sebagai berikut:

Cara berikut ini akan lebih efektif digunakan untuk cetak skripsi, jurnal, makalah, dan lain-lain. Mengingat dikarenakan adanya tambahan halaman di bawah atau di atas. Perhatikan cara berikut ini:

  1. Silakan buka dokumen word.
  2. Klik menu “Print”.
  3. Kemudian pilih opsi “Print Odd Numbered Pages” 
  4. Berikutnya cetak halaman dengan klik “OK”.
  5. Setelah itu masukkan kertas ke dalam printer.
  6. Kembali ke dokumen word. Kemudian pilih tulisan “Print Event Numbered Pages” dan klik “OK

Yang harus kalian ketahui jika percetakan duplex secara manual ini mengharuskan kalian untuk paham fungsi pengumpan kertas. Jadi cobalah untuk memasukkan beberapa kertas terlebih dahulu, hal itu untuk memastikan umpan printer sebelum mencetak pada halaman ganjil.

Berikutnya ada tips tambahan untuk cara print bolak balik yang perlu kalian tahu dan pelajari. Jika kalian ingin melakukan percetakan duplex dengan cara manual, pastinya hal itu akan memakan banyak waktu. Dan pastinya itulah kelemahan dari cara manual. Bisa dibilang kurang efektif jika kalian ingin print atau cetak dokumen dalam jumlah banyak.

Buat kalian yang belum tahu apakah printer kalian sudah secara otomatis untuk print bolak balik pastinya kalian perlu mencobanya. Caranya yaitu dengan mengujinya melalui Microsoft Word. Pertama, buka dokumen yang ingin dicetak. Kemudian klik “Print”, setelah itu cari apakah ada opsi “Double-Sided” atau tidak. Jika ada, maka artinya printer kalian bisa digunakan untuk print bolak balik secara otomatis.

Bagaimana mudah bukan?

Sebenarnya cara print bolak balik bisa kalian pelajari dengan mudah apabila jenis printer yang ada di rumah kalian memang bisa dilakukan secara bolak balik. Tetapi beda cerita jika bukan. Pasalnya kalian harus telaten untuk melakukan secara manual. Apalagi jika jumlah halamannya ada banyak. Maka di situ butuh kesabaran.

Tetapi bukankah panduan di atas cukup mudah untuk di pelajari. Yaitu cara print bolak balik yang bisa kalian coba di rumah dan sekaligus memastikan jenis printer kalian jenis mana. Bila masih menggunakan yang manual, mungkin kalian bisa mencari refrensi printer terbaru yang sudah menyajikan print bolak balik secara otomatis. Semangat menabung.

Facebook Comments

Banyak Dibaca

To Top