Tech Info

6 Hal Ini Akan Terjadi Apabila Menggunakan Windows Bajakan

JagoTips – Hallo sobat, pada kesempatan kali ini siJago akan membahas tentang dampak yang terjadi apabila menggunakan windows bajakan.

Windows merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna komputer di dunia. Memiliki user interface yang sangat mudah menjadikan daya tarik sendiri bagi penggunanya.

Tetapi perlu kamu ketahui, bahwa banyak sekali pengguna yang menggunakan windows on-original alias bajakan sebagai sistem operasinya. Hal ini dilakukan karena untuk mengkikis pengeluaran, karena yang sudah diketahui windows original memiliki bandrol yang sangat mahal.

Namun, penggunaan windows bajakan ini memiliki beberapa dampak bagi sipenggunanya. Mau tahu apa saja dampak yang bisa terjadi akibat menggunakan windows bajakan? Mari ikuti artikel ini sampai habis ya, guys!

Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : Tips dan Trik Untuk Meningkatkan Performa Windows 10

Dampak Menggunakan Windows Bajakan

dampak menggunakan windows bajakan

6. Tidak Dapat Melakukan Update OS

Dampak pertama akibat menggunakan windows bajakan ialah tidak dapat dilakukan update OS. Walaupun sepertinya terlihat tidak ada perbedaan antara windows asli (original) dengan bajakan, namun kenyataannya windows bajakan tidak dapat melakukan update seperti halnya windows original guna mendapatkan pembaharuan secara berkala.

Hal ini tentunya cukup merugikan, sebab pengguna windows bajakan tidak akan mendapatkan fitur baru yang ditawarkan oleh OS itu sendiri.

5. Kerap Kali Muncul Pesan yang Mengganggu

Selanjutnya apabila kamu menggunakan windows non-original alias bajakan adalah munculnya pesan secara berkala yang cukup mengganggu pengguna.

Apabila perangkat kamu menggunakan windows bajakan, maka kamu akan sering mendapatkan pesan atau notifikasi yang akan mengganggu pada saat penggunaan perangkat tersebut. Pesan ini berisikan sebuah peringatan bahwa windows kamu telah habis masa uji cobanya (expired), dan kamu diminta untuk mengaktifkan windows dengan cara membeli software yang original.

4. Beresiko Terjangkit Virus

Dampak selanjutnya apabila menggunakan windows bajakan ialah adanya resiko terjangkit virus. Mengapa bisa demikian? Sebab pada dasarnya windows bajakan tidak mampu melindungi perangkat dari serangan malware dan virus.

Hal ini tentunya akan berdampak pada hilangnya data – data penting yang kamu simpan akibat serangan virus dan malware.

Baca Juga : 10 Recommend Antivirus Terbaik Untuk PC dan Laptop

3. Mempengaruhi Kinerja Perangkat

Bukan hanya terjangkit virus dan malware, tetapi penggunaan windows bajakan tentunya akan mempengaruhi kinerja perangkat. Serangan virus dan malware tadi selain dapat melumpuhkan data – data penting, ternyata dapat membut kinerja perangkat menjadi kurang optimal, atau dengan kata lain menjadi lambat. Bahkan bukan tidak mungkin kalo nantinya akan berpengaruh kepada hardware kamu, lho.

2. Tidak Dapat Mengakses Semua Fitur

Perlu kamu ketahui bahwa windows memiliki banyak aplikasi dan layanan. Tetapi bagi pengguna windows bajakan, hal ini tentunya tidak dapat dinikmati. Bukan hanya itu saja, pengguna windows bajakan pun tidak dapat melakukan pembelian apapun dari windows store. Mengapa bisa demikian? Karena akun kamu akan langsung dibekukan oleh Microsoft akibat terdeteksi menggunakan sistem non-original.

1. Tidak Tersedia Layanan Technical Support

Apa kamu tahu bahwa Microsoft menyediakan akses layanan bantuan untuk mengatasi segala masalah yang dihadapi pelanggannya? Tetapi itu hanya untuk pengguna windows original.

Berbeda dengan pengguna windows bajakan, mereka (pengguna windows bajakan) tidak akan mendapatkan layanan apapun dari microsoft apabila terindikasi mengalami masalah pada sistem operasinya.

Baca Juga : Tips Dalam Membeli Komputer Agar Sesuai Dengan Kebutuhan

Akhir Kata

Nah itulah beberapa hal yang dapat terjadi apabila menggunakan windows bajakan atau bukan original. Maka dari itu agar semua berjalan dengan lancar JagoTips menyarankan untuk selalu menggunakan windows yang original. Walaupun harganya cukup mahal, tetapi pastinya aman digunakan dan semua fitur dapat berjalan dengan baik.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top