Laptop

Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengatasi Laptop Lemot

JagoTips – Laptop yang memiliki performa lambat atau lemot pastinya akan membuat kesal para penggunanya. Sebab hal ini tentunya akan menghambat pekerjaan mereka.

Dan pada kesempatan kali ini siJago akan memberikan tips atau cara untuk mengatasi laptop lemot. Mau tahu bagaimana caranya? Simak ulasan ini sampai habis ya, guys!

Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : Tips Membersihkan Bagian Luar dan Dalam Laptop | Dijamin Kinclong!

Cara Untuk Mengatasi Laptop Lemot

6. Hapus Program yang Berjalan Saat Startup

mengatasi laptop lemot

Hal pertama untuk mengatasi laptop lemot ialah dengan menghapus program yang berjalan saat startup. Bisa dipastikan bahwa salah satu hal yang dapat mengakibatkan performa laptop melambat karena banyak aplikasi yang berjalan pada backgroud secara otomatis.

Perlu kamu ketahui bahwa semakin banyak aplikasi atau program yang berjalan pada saat startup, maka akan membuat booting menjadi lebih lama, serta akan memperlambat kinerja atau performa perangkat laptop.

5. Hard Drive Jangan Sampai Penuh

cara mengatasi laptop lemot

Perlu kamu ketahui bahwa menyimpan banyak data pada laptop dapat mengakibatkan kecepatan atau performa laptop menurun. Terutama apabila kamu menyimpan data hingga kapasitas hard drive penuh.

Maka dari itu agar laptop tetap aman dan lancar, bersihkanlah laptop dari file, program, atau aplikasi yang dirasa tidak kamu butuhkan atau jarang kamu gunakan.

Dan pastikan juga jika hard drive kamu tidak mengalami sesak akibat penuhnya data file, program, atau aplikasi.

4. Matikan Laptop Setelah Digunakan

cara mengatasi laptop yang lemot

Selanjutnya hal yang menyebabkan kinerja laptop menurun ialah kebiasaan dari penggunanya yang jarang mematikan laptop setelah tidak digunakan. Pasalnya banyak dari pengguna yang membiarkan laptop tetap menyala dalam mode hibernate atau sleep setelah tidak digunakan. Dan apabila hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka dapat mengakibatkan kinerja laptop melambat.

Maka dari itu siJago himbau untuk selalu mematikan laptop ketika selesai digunakan. Hal ini tentunya agar laptop kamu tidak mengalami performa dikemudian hari.

Baca Juga : 7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

3. Bersihkan Browser add-ons yang Tidak Perlu

bagaimana cara mengatasi laptop lemot

Membersihkan program ekstensi atau add-ons pada browser memang dapat meningkatkan performa pada saat melakukan browsing. Sebab, apabila kamu terlalu banyak memasang ekstensi atau add-ons terlalu banyak tentunya dapat memberatkan kinerja perangkat sehingga nantinya akan membuat kerja laptop melambat.

Maka dari itu, siJagi sarankan untuk mematikan atau menghapus program ekstensi yang dirasa tidak kamu perlukan. Agar nantinya laptop kamu tidak terlalu lambat dalam memproses sesuatu, terutama saat melakukan browsing.

2. Upgrade RAM

langkah - langkah untuk mengatasi laptop lemot

Ram merupakan salah satu perangkat yang dapat membuat kinerja laptop menjadi lebih baik. Maka dari itu untuk mengatasi laptop yang lemot atau mengalami penurunan performa, sebaiknya pengguna menambahkan kapasitas RAM.

Apabila laptop kamu menggunakan RAM 2 GB, sebaiknya kamu tambahkan lagi dengan RAM 2 GB. Dan apabila laptop kamu menggunakan RAM 4 GB, kamu bisa menambahkannya dengan 4 GB pula.

Tetapi perlu kamu ketahui, sebaiknya untuk melakukan upgrade dengan ram yang memiliki spesifikasi sama.

1. Upgrade Hard Drive

bagaimana mengatasi laptop lemot

Hal terakhir yang menyebabkan laptop lemot ialah komponen hard drive yang ada di laptop itu sendiri. Maka dari itu banyak pengguna yang melakukan upgrade dari hard drive standard ke SSD. Hal ini dipercaya dapat mengangkat performa laptop secara drastis.

Tetapi untuk hal ini pastikan bahwa laptop kamu memiliki slot SSD sebelum melakukan upgrade.

Baca Juga : Tips Agar Laptop Kalian Awet Dipakai dan Tahan Lama

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop lemot. Apabila kamu mengalami hal demikian, segeralah lakukan hal – hal diatas agar laptop kamu kembali ke performa terbaiknya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang mengalami masalah demikian ya, guys!

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

To Top