Gadget

7 Alasan Mengapa MediaTek Tak Begitu Populer Dibandingkan Snapdragon

JagoTips – Hallo sobat JagoTips, pada kesempatan kali ini siJago akan membahas mengapa processor dari MediaTek tak begitu populer jika dibandingakn dengan processor Qualcomm Snapdragon.

MediaTek dengan Snapdragon merupakan kompetitor yang bersaing dalam sebuah produk, yakni processor. Kedua manufaktur ini sebenarnya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Namun apabila dibandingkan, jelas MediaTek masih tertinggal dibelakang Qualcomm Snapdragon.

Nah mau tahu alasan mengapa MediaTek masih berada dibelakang Qualcomm Snapdragon? Mari simak ulasan ini dengan seksama.

Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : 6 Alasan Mengapa Smartphone Panas Saat Bermain Game

Alasan MediaTek Tak Begitu Populer Dibandingkan Snapdragon

1.Pemasaran yang Kurang Baik

mediatek tak begitu populer dibandingkan snapdragon

Alasan pertama yang menyebabkan MediaTek tak sepopuler Qualcomm Snapdragon ialah sisi pemasaran dari Mediatek yang kurang baik, khususnya di Indonesia. Meskipun sebenarnya produk yang dihasilkan oleh MediaTek sudah cocok dengan segmen pasar Indonesia, tetapi pemasarannyanya lah yang kurang menunjang.

Tak seperti kompetitornya Qualcomm Snapdragon yang lebih unggul terutama soal sosialisasi terhadap pasar mereka.

2.Kecepatan Processor yang Lebih Lambat

lebih populer mana mediatek atau snapdragon?

Alasan selanjutnya ialah kecepatan yang lebih lambat jika dibandingkan dengan processor Qualcomm Snapdragon.

Sebenarnya MediaTek pernah membuat sebuah processor deca core terutama untuk varian Helio X. Tetapi tetap saja kecepatan tiap corenya masih kalah dibandingkan dengan Snapdragon.

3.Processor Tidak begitu Stabil

MediaTek memiliki hal yang tidak mengenakan akan masalah ini. Sebab hal ini akan bedampak pada berbagai masalah di perangkat smartphone. Misalnya saja aplikasi yang tertutup secara tiba – tiba pada saat running program. Hal ini disebabkan karena kurang baiknya pengendalian processor akan ROM smartphone.

4.GPU Dari MediaTek Kalah Bersaing

populer

Hal yang perlu menjadi perhatian pada processor ialah GPU-nya. Salah satu kesalahan MediaTek guna mampu menekan harga dengan menggunakan GPU yang bisa dikatakan kurang baik. Terlihat pada saat proses rendering gambar yang cukup lambat.

Selain itu, hal ini akan berdampak pada kinerja processor saat sedang menjalankan program khususnya game yang berat. Ponsel yang menggunakan processor MediaTek akan terlihat lebih patah – patah apabila dibandingkan dengan ponsel yang menggunakan Qualcomm Snapdragon.

5.Efisiensi Pemakaian Baterai yang Buruk

mediatek atap snapdragon yang lebih populer?

Setiap pengguna pasti menginginkan ponsel yang memiliki daya tahan baterai awet. Tetapi apabila kamu menggunakan processor MediaTek, kamu akan mengalami hal sebaliknya. Sebab dalam beberapa kasus ada beberapa ponsel yang tidak cocok menggunakan processor dari MediaTek ini, sehingga menyebabkan borosnya penggunaan daya baterai.

6.Masalah Dalam Multitasking

Selanjutnya ialah pengendalian processor terhadap aktivitas multitasking. Pada era saat ini, seharusnya ponsel dapat mengendalikan multitasking dengan lancar. Tetapi terkadang processor MediaTek mengalami masalah pada saat memproses aplikasi secara multitasking. Hal ini akan dirasakan apabila kamu berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya yang seakan menjadi lebih lambat.

7.Helio SoC Merupakan Produk Baru

Hal terakhir yang membuat MediaTek tidak terlalu populer di Indonesia ialah jam terbang processor MediaTek Helio SoC yang kurang lama. System on chip atau yang lebih dikenal dengan SoC merupakan satu paket perangkat di dalam sebuah chip.

Qualcomm Snapdragon Soc mulai meluncurkan seri pertamanya pada medio 2007, sedangkan MediaTek baru meluncurkan processor SoC-nya pada medio 2009. Hal inilah yang menjadi penyebab Mediatek kalah bersaing oleh Qualcomm Snapdragon.

Baca Juga : 6 Hal yang Bisa Membuat Ponsel Cepat Rusak | Nomor 4 Sering Kamu Lakukan

Akhir Kata

Nah itulah beberapa alasan mengapa processor dari MediaTek tak sepopuler processor Qualcomm Snapdragon. Tetapi diluar itu semua, ponsel yang menggunakan processor ini tetap memiliki keunggulan dari segi harga yang terbilang sangat murah dibandingkan dengan ponsel yang menggunakan processor Qualcomm Snapdragon. Bagaimana menurutmu, apakah processor ini tetap layak untuk digunakan?

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top