Tech Tips

4 Cara Ampuh Mengatasi Kamera Ponsel yang Tidak Jernih dan Buram

JagoTips – Hallo sobat, kali ini SiJago akan memberikan tips dan trik bagaimana cara mengatasi kamera ponsel yang tidak jernih dan kunjung buram.

Kamera ponsel merupakan fitur yang sangat penting bagi yang senang mengabadikan momen yang dianggap spesial. Karena dengan kamera ponsel yang saat ini sudah bisa dikatakan sangat canggih, kamu dapat mengabadikan momen – momen penting bersama keluarga, teman, ataupun kekasih kapan pun dan dimana pun.

Tapi bagaimana jadinya apabila hasil jepretan kamera ponsel kamu tidak jernih dan kunjung buram? Pastinya hal ini akan membuat kamu agak kecewa dengan hasil jepretan-nya.

Kalau kamu mengalami masalah tersebut, kalian sangat beruntung sekali. Sebab, JagoTips akan memberitahu solusi mengatasi hal ini.

Mau tahu bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai habis ya!

Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : 7 Tips Merawat headset Agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama

Cara Mengatasi Kamera Ponsel Buram & Tidak Jernih

1.Membersihkan Kamera

kamera ponsel buram

Langkah pertama untuk mengatasi masalah kamera yang buram dan tidak jernih ialah dengan cara membersihkan kamera pada perangkat.

Kamera yang buram ddan tidak jernih biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ialah debu yang tidak kamu sadari melekat pada kamera.

Untuk membersihkannya cukuplah mudah, karena kamu hanya perlu menyiapkan kapas atau tissue dan kayu putih. Setelah itu, matikan perangkat ponsel agar lebih aman dan lakukan penggosokan kamera hingga bersih. Tapi perlu kamu ingat, lakukan penggosokan secara perlahan ya.

Setelah langkah tersebut dilakukan, coba nyalakan kembali ponsel dan lihat perubahan hasil dari jepretan kamera yang telah kamu bersihkan tadi.

Tadaaa.. hasilnya jepretannya pasti lebih kinclong deh!

2.Menggunakan Hair Dryer

kamera ponsel tidak jernih

Kamera ponsel yang buram bisa juga disebabkan oleh embun yang menempel pada lensa. Faktor ini biasanya terjadi akibat ponsel kehujanan secara tidak sengaja.

Walaupun embun yang mengganggu kamera ini dapat hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa kasus yang meninggalkan bekas pada kamera.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan hair dryer sebagai media pembersih. Caranya pun cukup mudah, pertama matikan terlebih perangkat, lalu lepas baterai yang melekat (apabila baterai ponsel dapat dilepas).

Setelah itu nyalakan pengering rambut yang sudah kamu siapkan, dan atur tekanan ke tingkat yang paling rendah. Lalu arahkan hair dryer ke ponsel untuk membersihkan embun yang melekat pada kamera. Tapi usahakan untuk tidak terlalu dekat pada saat pengerjaan. Karena tekanan yang dihasilkan hair dryer dapat berpengaruh pada komponen lainnya.

3.Bersihkan Casing Ponsel

cara mengatasi kamera ponsel buram

Kamera ponsel yang buram bisa juga disebabkan oleh casing yang melekat pada perangkat. Hal ini biasanya terjadi pada casing yang memiliki pelindung terhadap kamera juga.

Apabila kamu menggunakan casing pelindung yang demikian, maka sebaiknya lepaskan dahulu dan lakukan pembersihan dengan bantuan pasta gigi (odol) atau minyak kayu putih.

Untuk pengerjaannya bisa kamu lakukan seperti yang ada pada poin nomor 1. Apabila kamu menggunakan media odol sebagai pembersih, taruhlah odol pada casing, khususnya bagian pelindung kamera dan gosok perlahan hingga odol atau pasta gigi sudah tidak nampak lagi pada casing.

4.Pengaturan Kamera

cara mengatasi kamera ponsel tidak jernih

Hal terakhir yang bisa mempengaruhi hasil jepretan kamu ialah pengaturan yang salah pada kamera.

Apabila ada kesalahan pada mode pengaturan kamera, maka akan berdampak pada hasil foto yang kamu peroleh.

Maka dari itu, cobalah untuk mengatur ke mode default atau mode bawaan pabrik.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu setting atau pengaturan. Lalu masuk ke aplikasi kamera dan lakukan penghapusan data.

Baca Juga : 3 Cara Menjaga Layar iPhone Agar Tidak Mudah Retak Atau Pecah

Akhir Kata

Nah, itulah bagaimana cara mengatasi kamera ponsel yang tidak jernih dan kunjung buram. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang mengalami masalah tersebut.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Happy WeekEnd!

Facebook Comments

To Top