Handphone

Tips Cerdas! Mengatasi Sesaknya Kapasitas Memori di Smartphone Berkapasitas 16 Gb

JagoTips – Hallo sobat, pada artikel kali ini siJago akan memberitahukan cara untuk menghemat kapasitas memori atau storage di smartphone yang berkapasitas 16 Gb.

Storage atau media penyimpanan merupakan salah satu aspek yang sangat penting di dalam perangkat smartphone. Dengan semakin banyak media penyimpanan atau storage, maka akan semakin leluasa pengguna menyimpan berbagai hal seperti foto, video, musik, aplikasi, dan lain sebagainya.

Tapi bagaimana apabila media penyimpanan yang ada di ponsel hanya berkapasitas 16 Gb? Hal ini tentunya membuat pengguna sering merasa kesal, karena media penyimpanan selalu cepat habis.

Nah dari pada kalian berkeluh kesah, lebih baik ikuti tips berikut agar media penyimpanan yang kecil tidak terasa sesak. Mau tahu caranya? Mari baca artikel ini sampai selesai!

Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : 4 Cara Ampuh Mengatasi Kamera Ponsel yang Tidak Jernih dan Buram

Cara Mengatasi kapasitas Memori di Smartphone

1.Hapus Foto atau Video yang Dirasa Tidak Penting

memori ponsel cepat penuh

Hal pertama untuk mengatasi sesaknya memori di smartphone adalah dengan cara menghapus beberapa foto atau video yang dirasa tidak penting dalam galery. Dengan begitu kamu akan mendapatkan ruang memori yang lebih luas.

2.Gunakan Google Drive

google drive untuk mengatasi memori penuh

Masih seputar foto dan video. Bagi kamu yang gemar foto, sebaiknya gunakan media penyimpanan tambahan seperti layanan Google Drive. Dengan begitu memori internal kamu tidak akan cepat penuh dengan koleksi foto atau video kamu.

3.Minimalisir Aplikasi yang di Install

memori smartphone cepat penuh

Aplikasi merupakan program yang cukup besar memakan memori penyimpanan. Maka dari itu untuk lebih bijak dalam menginstall aplikasi. Misalnya untuk aplikasi transportasi online, cukup gunakan satu aplikasi saja yang menurut keyakinan kamu terbaik (tidak menginstall keduanya).

4.Gunakan Micro SD

gunakan micro sd apabila memori telepon penuh

Untuk meningkatkan ruang penyimpanan yang ada di dalam smartphone, kamu bisa menggunakan media fisik seperti Micro SD.

Dengan Micro SD tentunya kamu akan mendapatkan ruang yang lebih besar untuk menyimpan data – data yang kamu anggap penting, seperti halnya foto, video, dokumen pekerjaan, atau hal lainnya.

Baca Juga : Daftar Micro SD Terbaik, Awas Jangan Salah Beli!

5.Sering Periksa Cache dan Data Aplikasi

hapus chace dan data agar memori tidak sesak

Cache dan data yang mengendap dalam sebuah aplikasi nyatanya bisa membuat memori penyimpanan atau storage kamu cepat penuh. Maka dari itu JagoTips sarankan untuk sering – sering menghapusnya agar penyimpanan kamu tidak terlalu sesak.

6.Install Game Sepertlunya

game dapat menyebabkan memori cepat penuh

Seandainya kamu gemar dalam bermain game, sebaiknya untuk memilih game yang benar – benar kamu sukai. Jangan berlebih dalam menginstall game, sebab nyatanya game merupakan aplikasi yang memakan ruang penyimpanan sangat besar. Bahkan satu aplikasi game saja bisa memakan storage sebesar 500 Mb hingga 1 Gb.

7.Dianjurkan Streaming Dibandingkan Download

memori smartphone

Walau cara ini dirasa akan membuang banyak kuota, tetapi dengan media penyimpanan kamu yang kecil dirasa akan lebih baik untuk menggunakan aplikasi streaming musik. Sebab, dengan bantuan aplikasi tersebut kamu bisa mendengarkan banyak lagu tanpa harus mendownload. Karena dengan mendownlaod tentunya akan menyebabkan storage kamu cepat penuh.

8.Pindahkan Data ke Flashdisk atau Hardisk Eksternal

memori ponsel

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan agar memori atau storage kamu tidak cepat sesak ialah dengan menggunakan Flashdisk atau Hardisk Eksternal.

Dengan kedua alat tersebut kamu bisa dengan leluasa memindahkan apa beragam data kamu yang ada di ponsel.

Baca Juga : Cara Menambah Kapasitas Google Drive Yang Kalian Miliki

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi kapasitas memori atau storage smartphone agar tidak cepat penuh. Dengan tips ini diharapkan kamu tidak lagi mengeluh karena media penyimpanan kamu cepat sesak ya, guys!

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top