Gadget

9 Cara Menjaga Mata Dari Kerusakan Akibat Memakai Gadget Terlalu Lama

JagoTips – Menatap layar gadget terlalu lama tentunya akan beresiko terhadap kesehatan mata. Maka dari itu usahakan untuk selalu memperhatikan mata pada saat beraktivitas menggunakan gadget, baik itu pada saat bekerja, bermain game, atau hal lainnya yang mengharuskan kamu menggunakan gadget.

Nah, pada kesempatan kali ini siJago memiliki tips dan cara untuk menjaga mata dari kerusakan akibat memakai gadget terlalu lama. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : 9 Bahaya yang Mengancam Ketika Tidur Menggunakan Headset

Cara Menjaga mata Dari Kerusakan Akibat Memakai Gadget

9. Sering Berkedip

menjaga mata dari kerusakan

Hal pertama untuk menjaga mata dari kerusakan akibat memakai gadget ialah dengan cara sering berkedip. Biasanya setiap orang lupa berkedip ketika fokus terhadap sesuatu hal yang ditampilkan pada layar gadget. Tentunya hal ini dapat menyebabkan mata kering serta memerah karena kelembapan di sekitar mata berkurang. Oleh sebab itu selalu usahakan untuk berkedip secara teratur saat menggunakan gadget, meskipun sedang menyaksikan sesuatu yang sangat penting sekalipun.

8. Perhatikan Jarak Pandang Mata

Langkat selanjutnya agar mata tidak rusak akibat menggunakan gadget terlalu lama ialah dengan cara memperhatikan jarak pandang mata terhadap gadget. Usahakan selalu untuk menatap layar gadget dengan jarak sekitar 30 hingga 40 cm dari mata.

7. Perbesar Ukuran Teks

Melihat ukuran teks yang terlalu kecil secara otomatis dapat membuat wajah mendekati layar gadget. Sehingga nantinya akan menyebabkan mata cepat lelah. Untuk meminimalisir akan hal ini, kamu dapat memperbesar ukuran teks agar nantinya lebih mudah dibaca dan mata kamu tidak cepat lelah tentunya.

6. Atur Tingkat Kecerahan

menjaga mata dari kerusakan akibat memakai gadget

Kadar kecerahan pada gadget pun turut mempengaruhi kesehatan matamu. Tingkat kecerahan dan kontras yang terlalu tinggi atau terlalu rendah disinyalir dapat membahayakan kesehatan mata. Usahakan untuk selalu mengatur tingkat kecerahan layar gadgetmu agar matimu merasa nyaman saat menatap layar. Atau kamupun dapat menambahkan pelindung layar anti silau yang mampu mengurangi jumlah cahaya yang masuk kedalam mata.

5. Sesuaikan Pencahayaan Dalam Ruangan

Pencahayaan dalam ruangan juga perlu kamu sesuaikan dengan kondisi pencahayaan pada layar gadget. Ruangan yang memiliki cahaya redup atau juga terlalu terang tentunya akan membuat mata menjadi tidak nyaman.

4. Gunakan Rumus 20-20-20

Perlu kamu ketahui bahwa mata manusia memiliki otot yang dapat membantunya bergerak serta fokus terhadap objek yang berbeda, tetapi tidak diciptakan untuk menatap layar gadget selama berjam – jam dalam satu waktu. Apabila demikian tentunya akan membuat otot – otot mata menjadi kaku.

Maka dari itu, setiap pengguna gadget sebaiknya menerapkan aturan 20-20-20, yang artinya setiap 20 menit menatap layar pada gadget, cobalah untuk meluangkan waktu selama 20 detik guna melihat objek yang memiliki jarak sekitar 20 kali atau 6 meter.

3. Selalu Jaga Kebersihan Layar Gadget

Disarankan untuk secara rutin membersihkan layar gadget dengan menggunakan kain yang memiliki tekstur lembut. Hal ini perlu kamu lakukan agar layar terhindar dari segala noda, debu, kotoran, serta sidik jari yang mengganggu penglihatan.

2. Istirahatkan Mata Secara Berkala

menjaga mata dari kerusakan akibat memakai gadget terlalu lama

Cobalah untuk selalu mengistirahatkan mata setelah menggunakan gadget dalam jangka waktu yang cukup lama. Kamu bisa mencoba meluangkan waktu sejenak dengan memejamkan mata atau dengan memijat area disekitar mata agar aliran darah pada titik tersebut menjadi lancar, dan tentunya mata akan menjadi segar kembali.

1. Imbangi Dengan Pola Makan Sehat

Mengimbangi dengan pola makan yang sehat merupakan langkah terakhir untuk menjaga mata dari kerusakan akibat memakai gadget terlalu lama.

Sebaiknya selalu makan makanan yang mengandung vitamin C, A, serta Omega 3 agar kesehatan mata tetap terjaga.

Baca Juga : 6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Mematikan Ponsel Ketika Hendak Tidur

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara agar mata kamu terhindar dari kerusakan akibat memakai gadget terlalu lama. Share artikel ini kepada kerabatmu sehingga dapat bermanfaat bagi semuanya.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top