Tech Info

Pengertian, Sejarah, dan Karakteristik Startup

JagoTips – Apabila mendengar kata startup, pastinya hal pertama yang akan muncul dalam benak kita ialah Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Deretan perusahaan tadi memang merupakan startup besutan anak dalam negeri.

Sekarang ini, dengan berkembangnya teknologi yang sangat cepat dan juga pesat, startup merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Namun untuk mendirikan dan mengembangkan startup ini bukan hanya modal yang dibutuhkan, tetapi juga pencipta bisnis harus memiliki inovasi dan juga kreatifitas yang tanpa batas.

Jika berbicara kata startup pastinya banyak yang bertanya – tanya tentang apa arti dari kata ini. Bagi yang beranggapan bahwa ini merupakan suatu bisnis yang baru saja berdiri dan mulai berkembang, jawaban anda tepat sekali.

Startup merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yaitu start-up, yang memiliki pengertian sebagai sebuah perusahaan yang belum lama beroperasi atau masih dalam proses perintisan. Perusahaan ini biasanya baru saja didirikan dan masih dalam fase pengembangan serta penelitian untuk mencari target pasar yang tepat.

Sejarah Singkat Startup

startup

Kata startup ini memang sering dikaitkan dengan perusahaan baru yang bergerak dalam bidang teknologi dan informasi. Hal ini tentunya bukanlah tanpa alasan, sebab pada tahun 1998 hingga tahun 2000 atau lebih tepatnya pada saat bubble dot-com (.com) startup menjadi begitu populer secara internasional.

Banyak perusahaan yang didirikan secara bersamaan dalam periode tersebut, karena pada saat itu sedang boomingnya perusahaan perintis yang membuka website pribadi demi memulai bisnisnya.

Hal ini tentunya berdampak pada pertumbuhan pengguna yang mengenal internet sebagai sumber baru guna memulai bisnisnya. Dan pada saat itulah startup lahir dan mulai berkembang, sehingga kata startup mengalami pergeseran arti dan juga makna, menjadi bisnis yang identik dengan dunia digital, aplikasi, dan teknologi informasi.

Karakteristik Startup

startup

Walaupun mengalai pergeseran makna dan arti, startup pada intinya bukanlah hal yang identik dengan dunia digital. Seperti yang JagoTips jelaskan di awal, startup adalah perusahaan yang baru saja didirikan dan masih dalam fase pengembangan.

Berikut akan JagoTips uraikan tentang karakteristik sebuah peruhaan yang bisa dikatakan sebuah startup

1.Usia Perusahaan

Perusahaan dapat dikatakan sebagai sebuah startup apabila perusahaan tersebut belum beroperasi lebih dari 3 tahun.

2.Jumlah Karyawan

Perusahaan startup pada dasarnya hanya memiliki karyawan dengan jumlah yang minimalis, atau kurang lebih 30 karyawan.

3.Sumber Daya Manusia (SDM) Multitasking

Walaupun memiliki jumlah pegawai yang terbilang sedikit, tetapi para karyawan tersebut memiliki talenta terbaik, dan juga diyakini memiliki skill yang sangat baik dalam bidangnya masing – masing.

4.Semangat Kerja Tinggi

Pada dasarnya karyawan yang bekerja di startup ini adalah kaum milenial yang memiliki rentan usia kisaran 20 hingga 35 tahun. Mengapa memilih karyawan muda? Sebab mereka akan lebih paham akan teknologi dan juga dalam rentan usia tersebut akan lebih memiliki semangat yang bergejolak untuk meraih sesuatu yang dimimpikan.

5.Umumnya Bergerak Dalam bidang Teknologi

Walaupun pengertian aslinya tidak harus bidang teknologi, namun pada kenyataannya banyak startup yang kita jumpai bergerak dalam bidang teknologi.

6.Website merupakan Sarana Utama

Perusahaan startup tentunya memiliki sebuah website guna menjalankan segala aktifitasnya, misalnya untuk menawarkan atau mempromosikan produk yang mereka jual.

Bisnis yang mereka lakukan ini meliputi jasa online yang dalam pengoperasiannya akan menggunakan sebuah aplikasi guna selalu terhubung kedalam website perusahaan itu sendiri.

7.Konsumen Startup Merupakan Prioritas

Tujuan utama didirikannya startup ini ialah untuk mendapatkan konsumen sebanyak – banyaknya. Maka dari itu agar tidak kehilangan para konsumennya atau beralih ke perusahaan lain, startup akan selalu menghadirkan suatu inovasi baru guna mampu memanjakan semua konsumen yang telah diraihnya.

Gencar Mencari Investor

startup

Pada umumnya startup seringkali mendapatkan masalah dalam aspek financial atau keuangan. Maka dari itu agar startup mampu untuk terus berjalan dan berkembang biasanya mereka gencar mencari investor. Ada beberapa pendanaan yang bisa diraih oleh sebuah startup, misalnya Bootstraping, Seed Funding, Seri-A/B/etc Funding.

Baca Juga : Tips dan Trik Untuk Meningkatkan Performa Windows 10

Akhir Kata

Itulah pengertian, sejarah, dan juga karakteristik dari startup. Semoga artikel ini dapat menambah informasi kalian ya guys!

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Facebook Comments

To Top