Gadget

4 Perbedaan Dual Core Dengan Quad Core Pada Processor Intel

JagoTips – Hai sobat JagoTips, di kesempatan kali ini SiJago akan membahas seputar perbedaan dual core dengan quad core pada processor Intel.

Bagi setiap pengguna processor pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya processor. Karena setiap komputer pasti memiliki processor guna mendukung operasi dari keseluruhan perangkatnya.

Bisa dikatakan processor merupakan komponen vital yang ada pada komputer. Maka dari itu sebagian orang menyebut processor dengan istilah otak komputer.

Tetapi dalam dunia processor terdapat istilah dual core dengan quad core. Apa sih sebenarnya perbedaan dari kedua nama ini? karena pertanyaan ini memang kerap kali terdapat di kepala ketika hendak membeli sebuah perangkat komputer atau laptop baru.

Bagi kamu yang belum tahu perdedaan dari kedua nama tersebut, mari kita bahas lebih dalam lagi.

Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : Pilih RAM Single Chanel atau Dual Chanel?

Perbedaan Dual Core Dengan Quad Core

1. Jumlah Inti

perbedaan dual core dengan quad core

Hal pertama yang menjadi perbedaan dual core dengan quad core ialah jumlah inti. Sudah dijelaskan diatas bahwa processor merupakan otak dari sebuah perangkat komputer atau laptop. Maka dari itu, processor memiliki tugas untuk memproses semua sistem pada suatu perangkat.

Walaupun begitu, Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja processor dalam memproses sistem ialah jumlah core yang ada di dalamnya.

Jumlah inti core inilah yang menjadi pembeda antara dual core dengan quad core. Sesuai dengan namanya, jika dual core hanya memiliki dua core dalam satu chip. Sedangkan processor quad core memiliki empat core dalam satu chip.

2. Kemampuan Multitasking

perbedaan processor dual core dengan processor quad core

Selanjutnya yang menjadi perbedaan dual core dengan quad core ialah kemampuan multitasking. Kemampuan multitasking ini dipengaruhi oleh jumlah core yang ada di processor. Maka dari itu semakin banyaknya core yang dimiliki, maka akan semakin cepat pula sebuah program atau aplikasi untuk diproses atau dijalankan.

Dengan begitu, perangkat komputer atau laptop yang memiliki processor dengan empat core inti akan melakukan tugas intensif dalam satu waktu secara responsif, atau dengan kata lain melebihi kemampuan kerja processor dual core.

Sebagai ilustrasi dual core dengan quad core agar lebih mudah dipahami. Coba kamu bayangkan jalan raya dengan dua jalur (dual core), dan empat jalur (quad core). Sedangkan aplikasi dan program yang kamu jalankan bisa kamu ibaratkan sebagai kendaraan yang sedang melintas. Maka jalan yang memiliki empat jalur akan lebih lancar untuk dilintasi karena tidak akan menemui kepadatan. Berbeda dengan jalan yang hanya memiliki dua jalur, disana mungkin kamu akan menemui kepadatan berkendara. Nah kira – kira seperti itulah perbedaan dual core dengan quad core pada saat melakukan proses data.

3. Konsumsi Daya

perbedaan antara dual core dengan quad core

Selain multitasking dan jumlah inti core, ternyata yang menjadi perbedaan dual core dengan quad core ialah konsumsi daya. Secara teori, semakin banyak jumlah suatu core maka akan semakin tinggi konsumsi daya yang dibutuhkan.

Processor dengan processor dual core cendrung mengkonsumsi daya lebih minim dibandingkan processor quad core. Meskipun begitu, seiring dengan kemajuan jaman, processor quad core terbaru saat ini telah dirancang sedemikian rupa agar lebih hemat daya, dan bahkan nantinya bisa lebih hemat dibandingkan processor dual core.

4. Suhu Processor

perbedaan antara processor dual core dengan processor quad core

Terakhir yang menjadi perbedaan antara dual core dengan quad core ialah suhu panas. Perlu diketahui, processor dengan jumlah core atau inti lebih banyak akan lebih panas dibandingkan dengan processor yang memiliki core lebih sedikit. Sebab panas ini akan disebabkan oleh beratnya kerja processor dalam menangani suatu proses sistem.

Baca Juga : 7 Tips Meningkatkan kinerja Komputer Agar Tidak Lemot

Akhir Kata

Nah itulah yang menjadi perbedaan antara processor dual core dengan processor quad core. Namun perlu diketahui bahwa kedua jenis processor ini memiliki kelemahan dan kelebihan masing – masing. Walaupun untuk sistematis kerja perangkat akan lebih unggul processor dengan jumlah inti core lebih banyak.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

To Top