Gadget

Pilih RAM Single Chanel atau Dual Chanel?

Hallo sobat jago tips, saat ini saya akan membahas tentang RAMSingle Chanel dan RAM Dual Chanel. Namun sebelum itu saya akan jelaskan terlebih dahulu tentang apa itu RAM.

Pengertian :

RAM atau Random Access Memory merupakan suatu memori tempat penyimpanan data sementara ketika computer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random).

RAM memiliki fungsi guna mempercepat proses data pada PC atau computer, dengan asumsi semakin besar memori RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat pula proses kerja suatu computer.

Lebih Baik Single Chanel atau Dual Chanel :

Jika ditanya mana yang lebih baik antara RAM single chanel atau dual Chanel, tentu jawabannya adalah dual chanel.

Mengapa dual chanel lebih baik? Karena kecepatan dalam pemrosesan data, dimana dual chanel memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan single chanel.

Mengapa bisa terjadi hal demikian? Oke, kita ambil contoh misalkan RAM 8GB single chanel dengan RAM 8GB dual chanel (2 x 4GB).

Pada RAM 8GB dual chanel (2 x 4GB) memiliki pemisahan fungsi dimana dual chanel berarti ada 2 RAM yang bisa di alokasikan untuk menangani proses yang berbeda, sehingga RAM tidak memiliki beban dalam proses data.

Sedangkan pada single chanel 8GB (1 x 8GB) tidak adanya pemisahan fungsi, sehingga RAM tersebut melakukan semua proses data yang terjadi pada computer secara sendiri atau dengan kata lain kerja RAM sedikit terbebani.

Itulah pembahasan mengenai RAM single chanel dan dual chanel sobat Jagotips. Jika kalian berniat membeli RAM baru, diusahakan membeli RAM dengan sistem dual chanel, agar kerja computer kalian lebih oke. Tapi hal yang perlu di perhitungkan adalah membeli dua keping ram dengan spesifikasi identik, misalnya besaran kapasita, nilai clock dan bandwidth (berbeda merk tidak masalah asalkan memiliki kesamaan kapasitas, clock, dan bandwidth).

*note untuk penggunaan motherboard tipe lama kalian harus mengecek terlebih dahulu teknologi motherboard kalian apakah sudah support dual chanel atau belum.

Comments

Banyak Dibaca

To Top