Gadget

Ponsel Rusak, Perbaiki Atau Ganti Baru?

JagoTips Hallo Sobat JagoTips, pada kesempatan kali ini SiJago akan membahas tentang perbaiki atau ganti baru apabila ponsel mengalami kerusakan. Tapi sebelum itu, SiJago mau tanya nih, apa kamu pernah mengalami situasi yang tidak menguntungkan, ketika mendapati smartphone kesayanganmu tiba – tiba saja rusak atau tidak dapat di gunakan? padahal ponsel tersebut sangat dibutuhkan guna mendukung segala aktifitas harian kamu.

Dalam kondisi seperti ini, tentu saja sobat Jagotips membutuhkan pertimbangan guna mengambil langkah atau keputusan untuk memperbaiki ponsel atau bahkan membeli ponsel yang baru.

Seandainya hanya mengalami kerusakan ringan sih tentunya kamu tidak akan terlalu khawatir, sebab kamu hanya tinggal service ponselmu. Tetapi bila kenyataannya ponsel kamu mengalami kerusakan parah? Walaupun dapat diservice tetapi biayanya pasti cukup tinggi, dan lagi jika memutuskan mengganti dengan ponsel baru pun tidak kalah besar biayanya.

Tapi tidak perlu khawatir sobat, sebab JagoTips akan memberikan beberapa pertimbangan atau saran apabila ponsel kamu mengalami kerusakan. Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Perbaiki Atau Ganti Baru, Apabila Ponsel Rusak :

4.Periksa Bagian Kerusakan Pada Perangkat

Ponsel Rusak

Apabila ponsel mengalami kerusakan, tentu saja pasti ada penyebabnya. Jika kerusakannya secara fisik, tentunya dapat terlihat atau dirasakan olehmu sendiri. Misalnya kerusakan pada baterai ponsel yang mulai kembung sehingga menyebabkan baterai tidak dapat menyimpan daya saat di isi ulang. Atau kerusakan fisik seperti layar LCD atau Touch Panel yang tidak berfungsi dengan baik.

Tetapi apabila kerusakannya terdapat pada hardware internal misalnya eMMC atau modul power, maka langkah yang harus kamu lakukan ialah berkonsultasi kepada yang orang yang mengerti jelas tentang perangkat ponsel, misalnya counter atau toko handphone. Hal ini tentu harus kamu lakukan agar ponselmu mendapatkan pengecekan lebih lanjut tentang seberapa parah kerusakan yang dialami.

Dengan memeriksa bagian kerusakan pada perangkat ponselmu, kamu akan dengan mudah mengambil sebuah keputusan antara service ponsel atau menggantinya dengan ponsel yang baru.

3.Pertimbangkan Biaya Perbaikan Ponsel

Ponsel Rusak

Setelah kamu mengetahui kerusakan yang terdapat pada ponselmu, tentunya kamu akan dapat dengan mudah mengambil sebuah keputusan antara memperbaiki atau membeli ponsel baru. Jika kerusakannya hanya berupa konektor charge, interface audio, speaker, atau microphone saja, tentu memperbaikinya adalah langkah yang sangat tepat. Namun apabila yang rusak adalah LCD atau eMMC, sementara harga ponselmu hanya berkisar 1 jutaan atau dibawah itu, mungkin menangguhkan perbaikan merupakan pilihan yang sangat bijak dan tepat.

Baca Juga : Review Infinix Smart 3 Plus : Smartphone Sadis Dengan Harga 1,2 Juta-an

2.Waktu Perbaikan Ponsel

Ponsel Rusak

Sebelum melakukan service, alangkah baiknya untuk menanyakan dulu lama waktu perbaikan. Jika kenyataannya perbaikan memakan waktu yang cukup lama, sedangkan aktifitasmu sangat membutuhkan ponsel, membeli ponsel baru merupakan pilihan yang bijak. Namun jika aktifitasmu tidak terlalu membutuhkan ponsel, mungkin service adalah pilihan yang tepat.

Tetapi, semua kembali lagi kepada kamu tentang hal ini, karena setiap individu memiliki aktifitas yang berbeda tentunya.

1.Pertimbangkan data yang Ada di dalam Ponsel

Ponsel Rusak

Baik Android ataupun iOS, keduanya telah menyediakan layanan cloud gratis bagi para penggunanya, walaupun hanya dengan kapasitas terbatas. Sehingga kamu hanya tinggal mengunduh saja data – data penting yang telah kamu simpan di layanan tersebut.

Namun lain halnya jika data kamu tersimpan di dalam ponsel, dan kamu sangat membutuhkan data tersebut. Maka memperbaiki ponsel merupakan langkah yang sangat tepat.

Tetapi perlu diyakini sebelumnya tentang seberapa penting data – data yang tersimpan di dalam ponsel yang harus kamu selamatkan. Hal ini tentunya bertujuan agar kamu tidak salah mengambil sebuah keputusan atau tindakan.

Akhir Kata

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa kamu gunakan guna mengambil keputusan pada saat ponsel mengalami kerusakan. Semoga artikel ini bermanfaat ya, guys! Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a nice day !

Facebook Comments

To Top