Gadget

6 Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Tertinggi Tahun 2019

JagoTips Sekarang ini, dalam kegiatan sehari – hari hidup kita dibantu oleh sebuah perangkat yaitu smartphone. Dengan bantuan perangkat ini tentunya kita dapat melakukan aktivitas seperti halnya menelepon orang, chatting, browsing, mendengarkan musik, ataupun menonton video. Dapat dikatakan smartphone merupakan bagian yang tak bisa lepas bagi aktivitas atau kegiatan manusia masa kini.

Tetapi perlu kalian ketahui dan tentunya haruslah berhati – hati, sebab beberapa smartphone memiliki kadar radiasi yang cukup tinggi, lho! Yang sering menjadi perbincangan, seberapa bahaya tingkat radiasi smartphone bagi manusia? Sebelum kita bahas lebih jauh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Mengenal lebih jauh apa yang dimaksud dengan SAR (Specific Absorption Rate)

Berbicara tentang radiasi pada smartphone tentunya tak akan lepas dengan nama ‘Specific Absorption Rate atau SAR’.

SAR ini merupakan laju dimana terkenal dengan frekuensi radio elektromagnetik. SAR atau Specific Absorption Rate ini tak hanya didapat dari smartphone, tetapi terdapat juga dari MRI Scanner ataupun USG.

Saat mengukur SAR dalam smartphone, perangkat akan diletakan di kepala manusia seperti dalam posisi sedang melakukan panggilan (menelepon). Lalu, nilai SAR atau Specific Absorption Rate ini diukur di lokasi yang memiliki tingkat penyeratan tinggi pada kepala. Biasanya, batas SAR yang terdapat pada smartphone ialah 2W/kg, sementara itu federal communication commission (FCC) memberikan syarat SAR harus berada di bawah 1.6W/kg.

Baca Juga : 6 Smartwatch Murah yang Buat Kamu Tampil Kece!

Berikut Daftar Smartphone yang Memiliki Tingkat Radiasi Tinggi

6.Xiaomi Mi Mix 3 [1,45W/kg

Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

Laman statista telah merilis daftar perangkat handphone yang memiliki tingkat radiasi tertinggi, dan hasilnya beberapa smartphone besutan pabrikan China, yaitu Xiaomi termasuk di dalamnya!

Salah satunya ialah Xiaomi Mi Mix 3 , yang dinyatakan memiliki kadar SAR sebesar 1,45W/kg. Padahal, smartphone ini memiliki fitur yang unggul, misalnya RAM 10 GB, konektivitas yang mendukung hingga jaringan 5G, desain slide yang unik, serta memiliki 4 kamera pendukung [dua di belakang dan dua di depan].

5.HTC U12 Life [1,48W/kg]

Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

Di atas Xiaomi, ada HTC U12 Life yang memiliki kadar SAR sebesar 1,48 W/kg . Dalam list yang telah diliris statista, hanya ada dua handphone HTC yang termasuk dalam daftar. Padahal, HTC U12 Life ini diperkuat dengan memori internet berkapasitas 64 GB, RAM sebesar 4 GB, dan dual kamera 16 MP (belakang) serta 5 MP (depan). Hati – hati bila ini merupakan smartphone yang kamu gunakan!

4.OnePlus 6T [1,55 W/kg]

Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

Ponsel yang terkenal dengan OS (Sistem Operasi) Android Pie 9.1 dan layar Corning Gorilla Glass 6 ini pun tidak luput dari persoalan radiasi. Laman statisa menyebutkan bahwa OnePlus 6T ini memiliki tingkat kadar SAR hingga 1,55 W/kg. Yang cukup menjadi perhatian ialah adanya empat seri smartphone keluaran OnePlus dalam daftar yang memiliki tingkat radiasi tinggi!

3.Xiaomi Mi Max 3 [1,58 W/kg]

Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

Lagi lagi Xiaomi berada dalam daftar smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi. Tercatat tingkat kadar SAR pada Xiaomi Mi Mix 3 ini sebesar 1,58 W/kg . Padahal, smartphone ini terkenal cukup tangguh untuk gaming. Fitur – fitur yang ada didalamnya pun cukup mengagumkan, yakni diperkuat dengan android 8.1 [Oreo], RAM hingga 6GB, serta 128 GB memori internal.

2.OnePlus 5T [1,68 W/kg]

Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

Dengan tingkat SAR sebesar 1.68 W/kg, membuat OnePlus 5T ini berada di atas batas syarat yang direkomendasikan oleh Federal Communications Commission atau FCC. Laman Statista menyebutkan bahwa OnePlus 5T ini berada pada peringkat kedua smartphone yang memiliki tingkat radiasi tertinggi saat ini. Tentunya bagi kamu yang ingin membeli smartphone OnePlus 5T, harus lebih mempertimbangkan akan tingkat radiasi yang dimiliki smartphone ini.

1.Xiaomi Mi A1 [1,75 W/kg]

Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

Sampailah kita pada urutan pertama smartphone yang memiliki tingkat radiasi tertinggi! Ya, Xiaomi Mi A1 merupakan “juaranya”. Smartphone ini memiliki tingkat kadar SAR sebesar 1,75 W/kg, jauh lebih tinggi dari yang dianjurkan oleh Federal Communication Commission yaitu 1,6 W/kg. Tingkat radiasi yang cukup tinggi ini, dikhawatirkan akan memengaruhi kesehatan dan keamanan bagi penggunanya.

Akhir kata

Itulah beberapa informasi tentang smartphone yang memiliki tingkat radiasi tertinggi tahun 2019. Dihimbau untuk selalu memperhatikan hal ini pada saat hendak membeli smartphone. Karena hal ini akan mempengaruhi kesehatan dan keamanan kalian selama menggunakannya dalam aktivitasmu sehari – hari.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a nice day !

Facebook Comments

Banyak Dibaca

To Top