Tech Info

6 Tips Agar Anak Aman Saat Mengakses Internet

JagoTips – Hallo sobat Jagotips, di artikel kali ini siJago akan memberikan tips menarik agar anak tetap aman saat mengakses internet.

Dengan berkembangnya teknologi seperti saat ini, maka tak heran jika sedari dini sudah banyak yang mulai mengakses apa yang namanya internet.

Internet ini tentunya memiliki dampak positif dan juga negatif kepada perkembangan sang anak. Dampak positifnya dari internet ini bagi sang anak ialah sebagai sarana media pembelajaran baru. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa internet pun memiliki dampak negatif yang cukup mengerikan.

Bagi para orang tua tentunya ingin sang anak mengenal teknologi, tetapi tentunya dengan keamanan yang terjamin. Nah siJago punya beberapa tips agar anak aman saat menyelam di dunia internet. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut ulasannya!

Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : 8 Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Anak – Anak | Nomor 6 Parah

Tips Agar Anak Aman Saat Mengakses Internet

Tips Agar Anak Aman Saat Mengakses Internet
family, children, technology, money and home concept – smiling family and two little girls with tablet pc computers at home

6. Blokir Situs Dewasa di Google Search

Langkah pertama yang perlu orang tua lakukan ialah memblokir situs atau konten dewasa pada Google Search dengan menggunakan filter SafeSearch. SafeSearch ini dirancang guna memblokir setiap gambar, video, serta situs atau konten dewasa dari hasil penelusuran Google Search. Hal ini tentunya agar pengguna dapat menghindari setiap konten yang berbau pornografi maupun kekerasan.

Namun, SafeSearch memiliki beberapa kekurangan, dan mungkin saja masih menampilkan beberapa hasil penelusuran yang tidak mendidik. Dan apabila kita menemukan hal demikian, segerakan untuk memberikan laporan serta masukan agar SafeSearch lebih sempurna dan tentunya lebih berguna bagi yang membutuhkan filter tersebut di kedepannya.

5. Beri Pemahaman Sejak Dini

Dengan kemajuan teknologi yang seperti saat ini, orang tua harus memperkenalkan tenologi kepada anak sejak dini. Hal ini perlu dilakukan agar tumbuh kembang anak semakin baik di eranya. Namun memperkenalkan saja tidaklah cukup, setiap orang tua pun harus mampu memberikan pemahaman kepada sang anak tentang cara penggunaan internet yang baik.

4. Gunakanlah Youtube Kids Untuk Anak

Selanjutnya hal yang perlu orang tua lakukan ialah menginstall aplikasi Youtube Kids untuk si buah hati. Dengan adanya Youtube Kids ini diyakini dapat menjadi ruang yang sangat cocok bagi anak – anak guna mengeksplorasi segala minat dan bakatnya melalui konten video.

3. Periksa Setiap Aplikasi atau Game di Google Play Store

Guna dapat membantu menentukan konten yang cocok bagi anak, cobalah untuk selalu membaca setiap ulasan serta mencari ikon bintang keluarga di setiap aplikasi atau game. Dengan adanya ikon bintang tersebut berarti aplikasi atau game tersebut dikhususkan atau diperuntukan bagi anak – anak.

2. Temukan Aktifitas Dengan Menggunakan Asisten google

Perlu diketahui bersama bahwa Asisten Google memiliki beberapa manfaat, seperti salah satunya ialah dapat memberikan saran permainan yang cocok dimainkan bersama keluarga. Selain itu, setiap aktifitas ini telah ditinjau serta disetujui oleh tim trust and safety, dengan begitu para orang tua tidak akan merasa khawatir lagi.

1. Menetapkan Aturan Digital Dengan Family Link

Terakhir yang bisa para orang tua lakukan agar anak tetap aman saat berselancar di dunia digital ialah menetapkan aturan digital dengan family link. Family link tentunya dapat membantu memahami lebih baik perilaku sang anak saat berselancar di dunia digital. Selain itu, family Link dapat membantu dalam mengelola akun dengan perangkat yang kompatible.

Baca Juga : 12 Dampak Buruk Gadget Bagi Kesehatan | Nomor 10 Bahaya Banget

Akhir Kata

Nah itulah beberapa tips menarik untuk para orang tua agar anak tersayang selalu aman saat mengakses internet. Semoga dengan terbitnya artikel ini dapat membantu setiap orang tua dalam mengawasi sang buah hati ketika menjelajah di dunia digital.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Facebook Comments

To Top