Laptop

Tips Membersihkan Bagian Luar dan Dalam Laptop | Dijamin Kinclong!

JagoTips – Hallo sobat JagoTips, bagaimana libur weekend-nya? Semoga menyenangkan ya, guys! Pada kesempatan kali ini siJago akan membahas tentang cara membersihkan laptop bagian luar dan dalam nih.

Laptop merupakan suatu perangkat yang wajib dimiliki pada saat ini. Mulai dari pelajar atau mahasiswa, pegawai kantoran, bahkan ibu rumah tangga sudah banyak yang menggunakan perangkat ini untuk menunjang aktifitasnya.

Tetapi semakin seringnya laptop digunakan, tentu akan menyebabkan kotor atau berdebu. Sebagai contoh, layar yang harusnya bersih mengkilap, karena jarang dibersihkan menjadi penuh debu dan kusam. Hal ini tentunya akan membuat pengguna tidak nyaman saat mengoperasikannya.

Sesuai janjinya, JagoTips akan memberikan tips – tips menarik bagaimana cara membersihkan laptop bagian luar dan dalam. Mau tahu bagaimana caranya? Mari kita bahas lebih dalam.

Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari JagoTips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Check it out!

Baca Juga : 5 Komponen Pada Laptop yang Wajib Kamu Jaga

Membersihkan Laptop Bagian Luar dan Dalam

Bagian Luar Laptop

1.Layar Monitor Laptop

membersihkan laptop

Komponen pertama yang wajib kamu bersihkan agar laptop tetap kinclong ialah panel layar monitor. Layar monitor pada laptop sering sekali kotor akibat debu – debu yang secara tidak disadari menempel. Apabila debu ini tidak dibersihkan, maka lama – kelamaan layar akan terlihat kusam dan tidak tajam lagi.

Cara membersihkan layar monitor cukuplah mudah. Kamu cukup menggunakan kain yang halus, atau bisa juga menggunakan kain microfiber. Hal ini bertujuan agar layar monitor tidak mengalami lecet atau baret ketika dilakukan pembersihan.

Usaplah layar monitor dengan kain tadi dari ujung ke ujung, hingga layar terlihat bersih. Apabila terdapat noda pada panel layar, cobalah untuk menggunakan cairan pembersih monitor.

2.Touchpad Laptop

membersihkan bagian dalam dan luar laptop

Touchpad pada perangkat laptop rentan sekali kotor. Hal ini tentu disebabkan oleh kotoran atau keringat yang ada di tangan kita atau jari kita.

Cara memberihkan touchpad laptop kamu dapat menggunakan kain bersih, tissue, atau semacamnya guna menghilangkan kotoran yang tertinggal pada touchpad laptop.

Kamu pun bisa menggunakan sedikit cairan pembersih agar lebih bersih. Tetapi perlu diingat, lakukan pengeringan yang benar dan sampai ada cairan yang menempel pada touchpad. Sebab hal ini dapat menyebabkan malfungsi pada perangkat tersebut.

3.Keyboard Laptop

membersihkan keyboard laptop

Selanjutnya cobalah untuk membersihkan bagian keyboard. Perangkat ini merupakan bagian yang lumaya sulit untuk dibersihkan apabila tidak memiliki komponen pendukung seperti mini vacum, sikat dengan bulu yang lembut atau alat pembersih lainnya.

Apabila kamu memiliki perangkat pembersih, cobalah untuk membersihkan debu – debu yang terdapat pada keyboard terutama pada sela – sela huruf.

Bagian Dalam Laptop

1.Disk Cleanup

disk cleanup laptop

Setelah selesai membersihkan bagian luar laptop. Cobalah untuk membersihkan bagian dalam. Bagian dalam disini bukan berarti kamu harus membongkar laptop ya, guys. Melainkan kamu membersihkan hardisk dari sampah file yang menyebabkan kinerja laptop melambat.

Untuk membersihkan bagian ini, kamu dapat menggunakan pembersih yang disediakan oleh pengembang perangkat atau menggunakan software pihak ketiga seperti halnya CC Cleaner.

Bagi pengguna Windows, kamu bisa mengetikan “disk cleanup” pada menu search bar, lalu pilih partisi mana yang hendak kamu bersihkan dan ikuti proses hingga selesai.

Dan untuk pengguna MacBook khususnya versi high sierra, kamu dapat mengklik ikon Apple, dan klik “About This Mac”. Setelah itu, kamu klik tab storage dan klik tombok manage. Dari situ kamu akan dapat melihat aplikasi mana saja yang tidak kamu gunakan, dan file – file yang tidak kamu perlukan.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa MacBook Sangat Laris Dipasaran

Akhir Kata

Nah, itulah cara membersihkan bagian dalam dan luar laptop agar tetap terlihat kinclong. Siapa dari kalian yang jarang membersihkan perangkat laptop? Cobalah cara diatas agar laptopmu tetap bersih dan terawat.

Sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a Nice Day!

Facebook Comments

To Top