Laptop

Tips dan Trik Untuk Meningkatkan Performa Windows 10

Jagotips pernah gak sih anda merasakan komputer atau laptop memiliki performa yang lambat setelah menggunakan Windows 10? Dan tentunya hal ini akan membuat kalian gemas, jengkel, dan kesal ya.

Tapi tenang dulu sobat, sebenarnya kamu dapat mengoptimalkan performa komputer atau laptop saat menggunakan Windows 10 lho. Tapi sebelum itu kalian harus mengetahui apa saja sih Minimum Requirements pada Windows 10.

Minimum Requirements Windows 10 :

Processsor1 gigahertz (GHz) or faster compatible processor or System on a Chip (SoC)
RAM1 gigabyte (GB) for 32 – bit or 2 gigabyte (GB) for 64 – bit
Hardisk Space16 gigabyte (GB) for 32 – bit OS or 20 gigabyte (GB) for 64 – bit OS
Graphics CardDirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
Display800 x 600

Nah jika spesifikasi komputer atau laptop kalian sudah masuk kriteria diatas, kalian dapat menggunakan tips & trik untuk mengoptimalkan performa Windows 10 yang kalian gunakan.

Mau tahu bagaimana cara mengoptimalkan perangkat yang menggunakan Windows 10?

Berikut tips & trik guna mengoptimalkan performa pada Windows 10 :

1.Mempercepat processor

Windows 10 memiliki tiga pengaturan standart untuk pengaturan daya processor yang dapat memaksimalkan kinerja pada Windows 10 kalian. Tiga pengaturan tersebut ialah power saver, Balanced, dan High Performance.

Meningkatkan Performa Windows 10

Jika pengaturan kalian menggunakan power saver, hal ini justru akan memperlambat kinerja komputer, dan disarankan bagi kalian untuk mengubah settingan dari Power Saver menjadi High Performance atau Ballance. Karena dengan menggunakan settingan menjadi High Performance atau Ballance akan membuat kinerja komputer kalian lebih cepat atau meningkat.

Untuk dapat menggunakannya, kalian hanya masuk ke dalam Control Panel, lalu pilik Hardware and Sound, kemudian pilih Power Option. Setelah itu kalian akan melihat dua pilihan, yaitu Power Saver dan Ballance (recommended). Untuk melihat setiing High Performance, kalian klik tanda panah Show Additional Plans.

2.Matikan program yang tidak penting

Salah satu alasan mengapa komputer kalian terasa lambat saat menggunakan Windows 10 yaitu terlalu banyak program yang berjalan pada background. Biasanya, program – program tersebut jarang kalian gunakan atau bahkan sama sekali tidak pernah kalian gunakan.

Maka dari itu disarankan bagi pengguna Windows 10 untuk mematikan program tersebut dengan menggunakan Task Manager.

Untuk mematikan program yang berjalan pada background dengan cara tekan “Ctrl + Shift + Del”. Setelah masuk kedalam Task Manager, kalian matikan program yang tidak kalian gunakan dengan cara klik kanan lalu End Task.

Setelah itu kalian pun harus mematikan program yang berjalan pada saat Startup. Hal ini karena terlalu banyak program yang berjalan pada tab Startup akan menyebabkan komputer kalian lamban pada saat proses booting. Cara mematikannya pun cukup mudah, kalian masuk menu Task Manager (lalukan sama seperti cara diatas) lalu kemudian klik tab Startup, setelah itu Disable program yang sekiranya tidak terlalu penting.

3.Matikan shadow, animasi, dan efek khusus

Tak dapat dipungkiri, Windows 10 memiliki tampilan yang sangat baik dibandingkan dengan seri Windows sebelumnya. Namun hal ini justru dapat memperlambat kinerja pada komputer kalian, karena dengan semakin banyaknya visual efek dapat mempengaruhi kinerja sistem komputer, terutama bagi kaian yang menggunakan komputer dengan spesifikasi yang biasa – biasa saja.

Meningkatkan Performa Windows 10

Maka dari itu, disarankan bagi kalian untuk meminimalisir penggunaan dengan cara klik menu find atau menu pencarian Windows 10, lalu ketikan sysdm.cpl. setelah itu akan muncul kotak dialog System Properties, lalu klik tab Advance dan klik Setting di bagian performance, dan kalian akan menemukan pilihan seperti Let Windows choose what’s best for my computer, adjust for best appearance, adjust for best performance, dan custom.

Disarankan bagi kalian yang menggunakan spesifikasi komputer yang biasa – biasa saja untuk memilih pilihan adjust for best performance. Hal ini akan mempercepat kinerja komputer kalian karena efek shadow, animasi, dan efek khusus pada Windows 10 telah di non aktifkan.

4.Mematikan search index

Pada Windows 10 kalian akan mendapati fitur pencarian atau lebih dikenal dengan search index. Fitur ini akan membantu kalian untuk mengakses aplikasi, file, ataupun yang lainnya dengan cepat tanpa harus menuju sumber folder.

Namun hal ini justru dapat memperlambat proses loading pada komputer kalian. Disarankanbagi kalian untuk mematikan search index sepenuhnya jika ingin mendapatkan manfaat maksimal dari Windows 10.

Untuk mematikan search index, kalian masuk Task Manager dengan menekan tombol “Ctrl + Shift + Del” setelah masuk kedalam Task manager kalian klik tab Services. Pada menu Services kalian klik kanan pada program apa saja dan pilih Open Services. Setelah masuk pada program service, kalian tinggal cari Windows Search dan setelah itu klik kanan pilih Properties dan pada menu Startup type dan pilih Disable.

5.Berantas bloatware

Terkadang faktor terbesar yang membuat performa Windows kalian melambat bukanlah komputer kalian, melainkan bloatware atau adware yang terinstal dalam komputer. Selain membuat performa komputer menjadi lambat, hal ini dapat menyebabkan pula hardisk menjadi penuh karena banyaknya aplikasi yang tidak diinginkan tersimpan.

Meningkatkan Performa Windows 10

Kalian dapat memberantas bloatware atau adware dengan dua cara, yakni dengan cara manual melalui control panel, atau dengan cara menggunakan tools anti malware seperti Nortrom Security atau McAfee atau dengan memakai aplikasi anti-malware bawaan Windows 10 sendiri yang terbukti sangat ampuh dalam memberantas bloatware ataupun adware.

Itulah sobat Jagotips tips & trik untuk mengoptimalkan performa dari Windows 10. Silahkan mencobanya ya.

Jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari Jagotips.com agar mendapatkan informasi, tips, serta berita terbaik lainnya seputar dunia teknologi. Have a nice day !

Facebook Comments

To Top